Fakta-fakta Menarik tentang Nabi Muhammad

RASULULLAH ﷺ merupakan panutan terbaik untuk seorang Muslim. Tingkah lakunya bisa menjadi cerminan, sebab apa yang dilakukan oleh beliau merupakan jalan menuju arah keselamatan.

Berikut beberapa hal-hal menarik tentang Nabi Muhammad ﷺ. Apa sajakah itu?

1. Nama “Muhammad” menjadi nama yang paling populer di seluruh dunia (walaupun sedikit berbeda tergantung lokasinya seperti mahomed, mohammed, dan lain-lain). Dan menempati urutan nomor dua di negara Inggris untuk nama bayi laki-laki (urutan pertama ditempati oleh nama ‘Jack’).

2. Nabi Muhammad ﷺ melaksanakan ibadah haji hanya 1 kali dalam hidupnya. Setelah Rasulullah ﷺ berhijrah ke Madinah turunlah ayat yang mewajibkan Haji. Beliau hanya sempat berhaji sebanyak satu kali yaitu Haji Wada’ pada tahun 10 H dan berumroh sebanyak empat kali. Sebelum hijrah beliau berhaji berkali-kali.

3. Islam menyebar ke Nusantara ketika Nabi Muhammad masih hidup. Hal ini diungkapkan oleh sebuah dokumen kuno asal Tiongkok yang menyebutkan bahwa penyebaran islam ke nusantara menjelang tahun 700 M, atau sekitar tahun 625 M—sekitar 15 tahun setelah Rasulullah menerima wahyu pertama.

4. Jasad Nabi Muhammad pernah menjadi target pencurian sebanyak 2 kali, namun kedua-duanya gagal.

5. Shalat pertama Rasulullah ﷺ yang menghadap Masjidil Haram adalah shalat Ashar bersama para sahabat, setelah sebelumnya berkiblat ke Masjidil Baitul Maqdis selama enam belas bulan.

6. Rasulullah menyebutkan ada 73 golongan dalam Islam, dan hanya 1 yang akan masuk jannah yaitu “Al Jama’ah” menggambarkan banyaknya kelompok-kelompok dalam agama Islam yang terbentuk sepeninggal beliau.

7. Semua anak laki-laki Nabi Muhammad, yakni, Al-Qasim, Abdullah dan Ibrahim, meninggal kurang lebih pada usia 2 tahun. Salah satu hikmahnya agar kaum muslimin tidak mengangkat mereka menjadi rasul yang baru.

8. Kata-kata terakhir Nabi Muhammad sebelum wafat adalah “Ummatii… ummatii… ummatii…” yang mengungkapkan betapa besar cintanya kepada umatnya.

9. Selama 23 kali perang semasa Rasulullah memimpin, hanya sekali kekalahan yang di derita kaum muslimin, yakni, perang uhud.

10. Nabi Muhammad tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis, namun ingatannya sangat kuat dan sangat cerdas.

Itulah 10 fakta menarik tentang Nabi Muhammad ﷺ. Wallahu a’lam.

No comments: