3 Oktober; Ratu Inayat Zakiatuddin Syah Mangkat

Lukisan Putri Raja Setia Sulthanah Inayat Zakiatuddin Syah. @Repro 59 Tahun Aceh Merdeka di Bawah Pemerintahan Ratu
Lukisan Putri Raja Setia Sulthanah Inayat Zakiatuddin Syah. 59 Tahun Aceh Merdeka di Bawah Pemerintahan Ratu Ia adalah salah satu dari empat ratu yang pernah berkuasa di Kerajaan Aceh Darussalam.

Banyak peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di Aceh pada tanggal 3 Oktober. Di antaranya adalah meninggalnya tokoh-tokoh Aceh hingga pengangkatan pejabat pemerintahan.

Berdasarkan penelusuran ATJEHPOST.co, Jumat, 3 Oktober 2014, salah satu peristiwa penting pada tanggal ini adalah meninggalnya Putri Raja Setia Sulthanah Inayat Zakiatuddin Syah pada 8 Zulhijjah 1098 Hijriyah atau 3 Oktober 1688 M. Ia adalah salah satu dari empat ratu yang pernah berkuasa di Kerajaan Aceh Darussalam.

Selama memerintah, Ratu Zakiatuddin telah berbuat banyak untuk mempertahankan sisa-sisa kebesaran Aceh, seperti dinukil Ali Hasjmy dalam bukunya 59 Tahun Aceh Merdeka di Bawah Pemerintahan Ratu. Meskipun ia tak sanggup mengembalikan Aceh kepada martabat seperti di zaman Iskandar Muda, namun Zakiatuddin telah dapat mempertahankan keadaan Aceh seperti waktu diwarisinya.

"Bahkan dalam beberapa hal telah dapat ditingkatkan kembali," tulis Ali Hasjmy.

Setelah memerintah sepuluh tahun Sulthanah Seri Ratu Zakiatuddin Inayat Syah berpulang ke Rahmatullah pada hari Ahad tanggal 8 Zulhijjah 1098 H atau 3 Oktober 1688 M.[]
 

No comments: