Sebuah Peti Mati dari Era Romawi Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Jalur Gaza Palestina

 
 Sebuah sarkofagus, atau peti mati, berasal dari era Romawi yang kemungkinan milik seorang tokoh penting ditemukan di Jalur Gaza, Palestina.

Penemuan sarkofagus masih berada di kompleks situs pemakaman Romawi berusia 2.000 tahun yang ditemukan pada tahun lalu, ungkap kementerian barang antik Gaza pada Sel asa (14/02/2023).

Sejauh ini 90 kuburan individu dan massal telah ditemukan di situs tersebut, yang diawasi oleh tim ahli Prancis dan ditemukan tahun lalu oleh pekerja konstruksi di proyek perumahan yang didanai Mesir.

Kementerian meyakini bahwa sarkofagus itu, yang terbuat dari timah, milik seorang tokoh terkenal pada zaman itu, tetapi menambahkan bahwa sarkofagus itu belum dibuka.

Kini sarkofagus tersebut telah dimasukkan ke dalam wadah kayu pelindung dan akan dipelajari lebih lanjut oleh tim ahli Palestina dan internasional.

Juru bicara kementerian Tareq Al-Af mengatakan pembukaan sarkofagus akan menunggu kedatangan ahli logam internasional. Dia mengatakan beberapa guci tanah liat dan barang-barang lain yang ditemukan di pemakaman itu menunjuk ke zaman Romawi, sekitar 2.000 tahun yang lalu.

No comments: