Surat Yusuf Ayat 89: Akhirnya Nabi Yusuf Ungkap Kejahatan Saudaranya di Waktu Kecil

Surat Yusuf Ayat 89: Akhirnya Nabi Yusuf Ungkap Kejahatan Saudaranya di Waktu Kecil
Nabi Yusuf akhirnya menceritakan perbuatan buruk saudaranya pada masa kecil yang telah membuangnya ke dalam sumur. Foto ilustrasi/dok bacabaca
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Pada ayat ini Allah menceritakan dialog Nabi Yusuf 'alaihissalam yang membuat saudara-saudaranya (putra Nabi Yakub) kaget. Nabi Yusuf akhirnya mengungkap peristiwa kelam saat saudara-saudaranya berbuat buruk kepadanya di masa kecil.

Apa yang disampaikan Nabi Yusuf di hadapan saudara-saudaranya bermaksud untuk memberi pelajaran berharga. Berikut firman-Nya dalam lanjutan tadabur Surat Yusuf :

قَالَ هَلْ عَلِمْتُمْ مَّا فَعَلْتُمْ بِيُوْسُفَ وَاَخِيْهِ اِذْ اَنْتُمْ جٰهِلُوْنَ

Artinya: Yusuf berkata: "Apakah kamu mengetahui (kejelekan) apa yang telah kamu lakukan terhadap Yusuf dan saudaranya ketika kamu tidak mengetahui (akibat) perbuatanmu itu?" (Surat Yusuf ayat 89)

Pesan dan Hikmah
1. Nabi Yusuf sudah tidak mampu lagi menyembunyikan siapa dirinya saat melihat kesusahan yang dialami oleh para saudaranya. Selesailah sudah pelajaran yang diberikan Yusuf kepada saudara-saudaranya ini. Hingga dia memulainya dengan bertanya kepada mereka, "Apakah kamu mengetahui (kejelekan) apa yang telah kamu lakukan terhadap Yusuf dan saudaranya."

2. Pertanyaan yang membuat mereka terkaget-kaget dan menduga apakah penguasa Mesir dengan seragam kebesarannya ini adalah Yusuf yang dulu mereka buang ke dalam sumur.

Ayat ini merupakan realisasi dari apa yang telah Allah wahyukan kepada Nabi Yusuf ketika ia dilemparkan ke dalam sumur oleh saudara-saudaranya sebagaimana firman Allah: "Kami wahyukan kepadanya, "Engkau kelak pasti akan menceritakan perbuatan ini kepada mereka, sedang mereka tidak menyadari." (QS Yusuf ayat 15)

(Bersambung)!
(rhs)

No comments: