Nabi Musa Bertanya Apakah Tuhan Pernah Tidur? Berikut Kisahnya

Nabi Musa Bertanya Apakah Tuhan Pernah Tidur? Berikut Kisahnya
Nabi Musa dijuluki Kaliimullah atau orang yang diajak bicara langsung oleh Allah. Foto ilustrasi/ist
Nabi Musa 'alaihissalam merupakan Nabi yang namanya paling banyak disebut dalam Al-Qur'an yaitu 136 kali. Beliau dijuluki Kaliimullah atau orang yang diajak bicara langsung oleh Allah.

Beliau diutus untuk Bani Israel, umat yang sering bertanya hal yang aneh-aneh. Dikisahkan bahwa Nabi Musa pernah bertanya kepada para Malaikat: "Apakah Allah 'Azza wa Jalla pernah tidur?"

Riwayat lain menyebut bahwa yang bertanya itu adalah kaum Bani Israel, umatnya Nabi Musa. Berikut ceritanya.

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ أَبِي إِسْرَائِيلَ حَدَّثْنَا هِشَامُ بْنُ يُوسُفَ عَنْ أُمَيَّةَ بْنِ شِبْلٍ عَنِ الْحَكَمِ بْنِ أَبَانَ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَحْكِي عَنْ مُوسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ عَلَى الْمِنْبَرِ، قَالَ: "وَقَعَ فِي نَفْسِ مُوسَى: هَلْ يَنَامُ اللَّهُ؟ فَأَرْسَلَ اللَّهُ إِلَيْهِ مَلَكًا فَأَرَّقَهُ ثَلَاثًا ثُمَّ أَعْطَاهُ قَارُورَتَيْنِ فِي كُلِّ يَدٍ قَارُورَةٌ وَأَمَرَهُ أَنْ يَحْتَفِظَ بِهِمَا". قَالَ: "فَجَعَلَ يَنَامُ تَكَادُ يَدَاهُ تَلْتَقِيَانِ فَيَسْتَيْقِظُ فَيَحْبِسُ إِحْدَاهُمَا عَلَى الْأُخْرَى، حَتَّى نَامَ نَوْمَةً فَاصْطَفَقَتْ يَدَاهُ فَانْكَسَرَتِ الْقَارُورَتَانِ" قَالَ: "ضَرَبَ اللَّهُ لَهُ مَثَلًا عَزَّ وَجَلَّ: أَنَّ اللَّهَ لَوْ كَانَ يَنَامُ لَمْ تَسْتَمْسِكِ السَّمَاءُ وَالْأَرْضُ"

"Telah menceritakan kepada kami Ishaq ibnu Abu Israil, telah menceritakan kepada kami Hisyam ibnu Yusuf, dari Umayyah ibnu Syibl, dari Al-Hakam ibnu Aban, dari Ikrimah, dari Abu Hurairah yang menceritakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW yang ada di atas mimbarnya mengisahkan kejadian yang dialami oleh Musa: Timbul pertanyaan di dalam hati Nabi Musa, apakah Allah tidur?

Maka Allah mengutus Malaikat kepadanya dan Musa dibuatnya mengantuk selama tiga hari. Sebelumnya Malaikat itu memberikan dua buah botol kepadanya, pada masing-masing tangan satu botol; dan memerintahkan kepadanya agar kedua botol itu dijaga (jangan sampai pecah). Lalu Musa tertidur dan kedua tangannya hampir saja bertemu satu sama lainnya, tetapi ia keburu bangun, lalu ia menahan keduanya supaya jangan beradu dengan yang lainnya.

Akhirnya Musa tertidur sejenak dan kedua tangannya beradu hingga kedua botol itu pecah. Nabi bersabda: "Allah membuat suatu perumpamaan; seandainya Allah tidur, niscaya langit dan bumi tidak dapat dipegang-Nya."

Sementara keterangan dari Ibnu Abbas, orang-orang Bani Israil pernah bertanya: "Hai Musa, apakah Tuhanmu tidur?" Nabi Musa menjawab: "Bertakwalah kalian kepada Allah." Maka Tuhan berseru kepadanya: "Hai Musa, mereka menanyakan kepadamu, apakah Tuhanmu tidur? Maka ambillah dua buah botol, lalu peganglah pada kedua tanganmu dan janganlah kamu tidur pada malam harinya."

Nabi Musa melakukan hal itu. Ketika sepertiga malam hari lewat, Musa merasa mengantuk hingga ia jatuh terduduk. Tetapi ia terbangun, lalu dengan segera ia membetulkan letak kedua botol itu. Tetapi ketika malam hari berada pada pengujungnya, Nabi Musa mengantuk dan kedua botol itu jatuh, lalu pecah. Maka Allah berfirman: "Hai Musa, seandainya Aku mengantuk, niscaya terjatuhlah langit dan bumi dan hancur berantakan, sebagaimana kedua botol yang ada pada kedua tanganmu itu terjatuh." Kemudian Allah menurunkan Ayat Kursi (Surat Al-Baqarah Ayat 255) kepada Nabi shollallahu 'alaihi wasallam.

Dalam Hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah 'Azza wa Jalla tidak tidur dan tidak sepatutnya bagi-Nya untuk tidur."

Di dalam Ayat Kursi, Allah menegaskan bahwa Dia tidak pernah mengantuk dan tidak tidur. Berikut firman-Nya:

لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلا نَوْمٌ

Artinya: "Tidak mengantuk dan tidak tidur." (QS Al-Baqarah Ayat 255)

Di antara kesempurnaan sifat Qayyum-Nya ialah Dia tidak pernah mengantuk dan tidak pernah pula tidur. Semua amal perbuatan manusia dilaporkan kepada-Nya siang hari sebelum amal perbuatan malam hari, dan amal perbuatan malam hari sebelum amal perbuatan siang hari. Hijab (penghalang)-Nya adalah Nur atau api. Seandainya Dia membuka hijab-Nya, niscaya Kesucian Zat-Nya akan membakar semua makhluk sejauh pandangan-Nya.

(rhs) Rusman H Siregar

No comments: