Kisah Persahabatan Shalahuddin Al Ayyubi dan Raja Richard di Tengah Panasnya Perang Salib

 Kisah Persahabatan Shalahuddin Al Ayyubi dan Raja Richard di Tengah Panasnya Perang Salib

Kisah persahabatan Shalahudin Al Ayyubi dan Raja Richard dari Inggris cukup menghebohkan di tengah perang Salib II berkecamuk. Foto ilustrasi/youtube
Shalahuddin Al Ayyubi biasa dikenal bangsa Barat sebagai Saladin. Ia merupakan salah seorang panglima perang Islam yang cukup terkenal di eranya.

Pada statusnya sebagai jenderal pasukan Muslim, ia sudah banyak tampil dalam berbagai pertempuran. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah ketika perannya dalam melawan tentara Salib.

Terlepas dari statusnya sebagai panglima perang yang dikenal garang di medan tempur, Shalahudin memiliki sikap sopan dan berpikiran adil. Hal ini yang membuat reputasinya cukup tersohor dan dihormati berbagai kalangan.

Saat mengikuti Perang Salib III, Shalahuddin Al Ayyubi menghadapi musuh yang sangat kuat. Salah satunya adalah Raja Richard ‘Lionheart’ dari Inggris.

Kisah Persahabatan Shalahuddin Al Ayyubi dan Raja Richard

Kendati bermusuhan dalam Perang Salib, ternyata Shalahuddin Al Ayyubi dan Richard ‘Lionheart’ memiliki kisah menarik seputar persahabatannya.

Bukan seperti hubungan antar teman pada umumnya, persahabatan ini lebih ke arah sikap keduanya yang saling menghormati dan berbagi kekaguman, khususnya pada status mereka sebagai musuh satu sama lain.

Mengutip laman Sky History, Senin (21/11/2023), Saladin belum pernah mengalahkan Richard di medan pertempuran. Kendati demikian, Richard sendiri mengakui dengan jujur bahwa Saladin dan pasukannya adalah sosok yang sulit ditaklukan.

Saat perang berkecamuk, Shalahuddin dikatakan pernah mengirimkan sebuah hadiah untuk Raja Richard. Saladin mengirim sebuah anggur dan pir dari Damaskus untuk meringankan kesulitan yang dialami Richard ketika berada di kamp.

Selain itu, masih ada banyak kisah menarik yang banyak tersebar antara hubungan Salahuddin dan Richard. Misalnya saat kuda perang Richard terbunuh di medan tempur oleh pasukan Saladin.

Mendengar kabar kuda Richard terbunuh, Shalahuddin mengirimkan seekor kuda baru untuk nantinya digunakan. Bagi sebagian orang, tindakan ini tentu sulit dimengerti karena status mereka waktu itu sedang saling bertempur. Tak hanya itu, Shalahuddin juga diduga pernah memanggil dokter untuk merawat luka-luka dari Raja Inggris tersebut.

Demikian ulasan mengenai kisah persahabatan antara Shalahuddin Al Ayyubi dengan Raja Richard ‘Lionheart’ dari Inggris.

(wid)
Lutfan Faizi

No comments: