Osman Hamdi Bey: Artis, Arkeolog, dan Pelindung Warisan Ottoman

 Osman Hamdi Bey: Artis, Arkeolog, dan Pelindung Warisan Ottoman

Lukisan Osman Hamdi Bey tahun 1880 berjudul Gadis Membaca Al-Quran terjual US$7,7 juta atau setara dengan Rp114,730 miliar pada lelang tahun 2019. Foto/Ilustrasi: MEE
Osman Hamdi Bey namanya. Pelukis yang berprestasi ini, bukan sekadar seniman. Dia adalah seorang arkeolog sebagai pelindung warisan Ottoman . Hamdi Bey adalah tokoh kunci dalam mendefinisikan kembali seni Ottoman dan membangun banyak institusi budaya kekaisaran.

Putra İbrahim Edhem Pasha, seorang Vizier Agung Utsmaniyah (menjabat 1877–1878), ini lahir pada tahun 1842. Sebagai seorang seniman dan arkeolog, Hamdi Bey datang untuk mewujudkan penetrasi seni Barat ke dalam kehidupan elit Utsmaniyah sekaligus melindungi harta sejarahnya yang tak terhitung jumlahnya dari penjarahan oleh para petualang Barat.

Nama Hamdi Bey tidak begitu dikenal di kalangan elit di luar Turki . Kendati demikian, ia mencatatkan prestasi gemilang. Lukisannya terjual dengan harga paling mahal oleh seniman Turki.

Middle East Eye (MEE) mencatat lukisannya tahun 1880 berjudul "Gadis Membaca Al-Quran" terjual US$7,7 juta atau setara dengan Rp114,730 miliar pada lelang tahun 2019. Angka ini memecahkan rekor sebelumnya, yang juga dipegang oleh Hamdi Bey, untuk lukisan "In Front of the Mosque", yang terjual US$4,5 juta atau setara Rp67 miliar pada tahun 2016.

Lukisannya yang paling terkenal, "The Tortoise Trainer", terjual seharga US$3,5 juta atau setara Rp52,2 miliar pada tahun 2004.

Tetapi menganggap Hamdi Bey dan karya seninya sebagai produk eksklusif dari tanah Ottoman adalah sebuah kesalahan.

Seniman ini hidup di tengah sintesis budaya Eropa dan Islam yang muncul di kalangan elite Ottoman pada abad ke-19.

Seperti kebanyakan orang sezamannya, sang ayah mengirim Hamdi Bey ke Paris untuk pendidikannya. Dia awalnya belajar hukum sebelum memutuskan untuk menekuni seni.

Pengalaman di Eropa berdampak besar pada kehidupan pemuda Utsmani. Di Prancis, dia bertemu dengan istri pertamanya Marie dan belajar di bawah bimbingan seniman orientalis, seperti Jean-Leon Gerome dan Gustave Boulanger.

Yang pertama mungkin menghasilkan salah satu karya paling terkenal dalam tradisi orientalis.

Gerome's The Slave Market menggambarkan pria berjubah timur dan serban sedang memeriksa seorang wanita muda telanjang untuk dijual. Gambar tersebut memperkuat stereotip Muslim sebagai kejam dan didorong oleh kedagingan. Hal demikian itu diberi kesempatan hidup baru oleh partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman pada tahun 2019 dalam kampanye poster peringatan terhadap migrasi Muslim ke Eropa.

Pengaruh Orientalis pada karya-karya Hamdi Bey terlihat jelas. Dalam pilihan pakaian yang eksotis untuk sebagian besar subjeknya dan kecenderungannya untuk membuat pilihan gaya yang serupa dengan orang lain dalam tradisi. Namun demikian, artis Turki itu menampilkan adegannya dengan cara yang lebih simpatik daripada mentornya.

Subjek Hamdi Bey membaca Al-Quran, melatih kura-kura, bersosialisasi di luar masjid, dan tawar-menawar karpet Persia.

Sementara adegan-adegannya mungkin terjadi dalam kerangka artistik yang dibuat oleh para pendahulu Barat, subjek Hamdi Bey dalam beberapa kasus mengalihkan pandangan mereka kembali ke Barat.

Terkemuka dalam hal ini adalah "Persian Carpet Dealer on the Street", di mana seorang pria Muslim berjubah hijau menatap matanya dengan rasa ingin tahu terhadap seorang pengunjung Barat yang sibuk dalam tawar menawar.


Lukisan itu mungkin berfungsi sebagai ringkasan dari Hamdi Bey sendiri, seseorang yang tertarik dengan kemajuan ide-ide Barat tetapi masih betah di tanah air Muslimnya.

Melestarikan Warisan Ottoman

Tapi sama pentingnya dengan seni Hamdi Bey, lukisannya hanya menandai karir yang sebagian besar didedikasikan untuk penemuan dan pelestarian warisan tanah yang dikuasai Ottoman.

Intelektual Ottoman ini meninggalkan Eropa pada tahun 1869 dan menjadi direktur Departemen Luar Negeri Provinsi di Baghdad.

Di sinilah ia pertama kali mengartikulasikan niat dan motivasinya, yakni berperan dalam memajukan budaya dan peradaban umat Islam.

Dalam suratnya kepada ayahnya, yang ditulis dalam bahasa Prancis dan bukan Turki, dia mengeluh tentang keterbelakangan dunia Muslim dan menyerukan reformasi untuk mengejar ketertinggalan orang Eropa dalam bidang sains, administrasi, seni, dan bidang lainnya.

“Para pedagang itu sama sekali tidak jujur,” katanya tentang pengalamannya di Irak.

“Jika mereka berada di Prancis, mereka akan segera dihukum kerja paksa,” tambahnya, menjelaskan bahwa elit dalam kelas uang dan politik dengan sengaja membuat orang biasa dalam kemiskinan dan ketidaktahuan.

Hamdi Bey kembali ke Istanbul dari Bagdad pada tahun 1871, menjabat dalam sejumlah jabatan resmi, termasuk sebagai walikota distrik Beyoglu di Istanbul.

Tahun 1881 menandai titik balik dalam hidupnya ketika ia menjadi direktur Museum Kekaisaran (Muze-i Humayun), menggantikan orang Inggris Edward Goold dan orang Jerman Philipp Anton Dethier, dua direktur pertama museum.

Hamdi Bey adalah orang Turki pertama yang mengambil posisi itu. Hingga pengangkatannya, baik pejabat maupun warga Utsmani tidak begitu memperhatikan warisan kekayaan wilayah mereka.

Cara berpikir ini telah memungkinkan orang Eropa untuk mengobrak-abrik kekaisaran, membantu diri mereka sendiri untuk menemukan artefak yang pejabat lokal relatif kurang menghargai atau yang nilainya tidak mereka sadari.

Itu adalah pola pikir yang ingin diubah oleh Hamdi Bey dan dia mulai menerapkan cara-cara untuk mencatat harta arkeologi tanah airnya.

Dia mulai dengan mengklasifikasikan dan membuat katalog temuan baru, serta membuat inventarisasi koleksi museum yang ada dan memutuskan mana yang akan dipamerkan.

Seniman dan negarawan memberlakukan apa yang pada dasarnya merupakan nasionalisasi aktivitas arkeologi di kekaisaran Ottoman.

Yang paling menonjol adalah lobinya untuk undang-undang baru tentang pelestarian artefak bersejarah, yang mencegah gubernur Ottoman setempat dan bahkan sultan sendiri mengirim benda ke luar negeri sebagai hadiah.

Undang-undang ini sangat teliti dalam perinciannya sehingga tetap berlaku jauh di era Republik Turki dan tidak diganti dengan undang-undang yang diperbarui hingga tahun 1973.

Juga pada tahun 1881, sang seniman, bekerja sama dengan arsitek Alexander Vallaury, menugaskan pembangunan gedung utama kompleks Museum Arkeologi Istanbul, mengukuhkan statusnya sebagai kompleks museum utama Kesultanan Utsmaniyah pada pembukaannya pada tahun 1891. Bangunan utamanya diikuti dengan pembangunan dua bangunan lainnya pada tahun 1903 dan 1908.

Lembaga ini pertama kali didirikan oleh warga Ottoman dan sebanding dengan yang ditemukan di kota-kota Eropa lainnya.

Emir Son, seorang arkeolog di museum tersebut, mengatakan kepada Middle East Eye bahwa sebelum Hamdi Bey terlibat, para pendahulunya hanya mengumpulkan dan menumpuk benda-benda. “Yang pertama dalam sejarah Turki, Osman Hamdi Bey membuat katalog museum dengan foto-foto menakjubkan,” kata Son.

“Saat memperkenalkan objek, Anda perlu memiliki informasi tentangnya. Untuk tujuan ini, dia [Hamdi Bey] membuat perpustakaan besar di dalam museum, yang terdiri dari buku-buku tentang arkeologi dan seni.”

Hamdi Bey juga mendirikan Sekolah Seni Rupa (Sanayi-I Nefise Mektebi) di Istanbul pada tahun 1882, yang kemudian berganti nama menjadi Universitas Mimar Sinan, yang tetap menjadi lembaga tertinggi negara untuk studi seni hingga saat ini.

Sebelum kematiannya pada tahun 1910, Hamdi Bey pada dasarnya telah melahirkan kemapanan artistik Turki modern, memastikan bahwa orang Turki akan bertanggung jawab atas warisan mereka sendiri selama beberapa dekade mendatang.

Penggalian Sidon

Terlepas dari pendidikan elit dan posisi senior dalam birokrasi Ottoman, Hamdi Bey tidak takut mengotori tangannya.

Antara tahun 1883 dan 1895, dia memimpin serangkaian penggalian arkeologi di seluruh kekaisaran, tidak hanya di dalam perbatasan Turki kontemporer tetapi juga di negara-negara Arab saat ini, seperti Suriah dan Lebanon.

Ekspedisi tersebut menemukan reruntuhan dan harta karun artefak yang signifikan, termasuk sarkofagus, kolom, dan patung di situs termasuk Palmyra dan Kadesh di Suriah, dan di sekitar Pantai Aegean di Anatolia.

Penemuannya yang paling menonjol adalah di pedesaan Sidon di Lebanon pada tahun 1887, di mana seorang penduduk desa menemukan reruntuhan kuno saat membangun rumah baru.

Sejalan dengan undang-undang yang telah disiapkan Hamdi Bey, penduduk desa memberi tahu gubernur Ottoman setempat, yang memeriksa sendiri situs tersebut dan menyampaikan temuan tersebut kepada atasannya hingga berita tersebut sampai ke Istanbul.

Di sana, Sultan Ottoman Abdulhamid II menugaskan Hamdi Bey untuk memimpin penggalian dan membawa benda-benda itu kembali ke Istanbul, sebuah proyek yang akan berlangsung selama tiga bulan pada tahap awalnya.

Hamdi Bey memimpin tim peneliti yang menemukan pekuburan kerajaan yang penuh dengan sarkofagus, yang berusia setidaknya 2.400 tahun.

Yang paling penting di antara mereka adalah Sarkofagus Alexander abad keempat SM; artefak yang sangat terawetkan dengan berat 15 ton dan berdiri lebih dari tiga meter.

Sarkofagus itu dihiasi dengan detail relief yang menggambarkan Alexander Agung dalam adegan pertempuran bersejarah dan mitologis, termasuk kekalahannya atas Persia.

Analisis awal memupus harapan bahwa makam itu menampung penakluk besar itu sendiri, tetapi ternyata itu adalah milik Abdalonumus, yang diangkat menjadi Raja Sidon oleh Alexander pada tahun 332 SM.

Temuan lain yang terpelihara dengan baik dari penggalian adalah Sarkofagus Wanita Menangis, yang seperti Sarkofagus Alexander terus dipajang di Istanbul hingga hari ini.

'Kekhawatiran'

Penggalian Hamdi Bey tidak luput dari perhatian para arkeolog Barat yang prihatin dengan keberhasilan Ottoman, mungkin didorong oleh campuran persaingan profesional, prasangka budaya, dan hilangnya kesempatan untuk memperoleh artefak berharga untuk negara mereka sendiri.

Tidak lama setelah penggalian di Sidon dimulai, salah satu surat kabar Inggris mengungkapkan kekhawatiran bahwa Osman Hamdi Bey dan timnya, yang sebagian besar terdiri dari umat Islam, gagal melaksanakan proyek penting tersebut dengan baik.

Misionaris Inggris William Wright, yang bekerja di sekitar Damaskus pada akhir abad ke-19, mengirim surat ke surat kabar The Times, memohon British Museum untuk campur tangan dan mengklaim bahwa "perusak [Muslim] Turki akan menghancurkan, menghancurkan, atau menjual potongan-potongan itu."

Surat kabar itu mengubah nadanya ketika dihadapkan dengan bukti penggalian sukses Hamdi Bey dan kemudian menyebut Ottoman sebagai "yang mulia".

Bagi orang Turki, pembenaran Hamdi Bey adalah masalah kebanggaan nasional.

“Dia membangun pelabuhan baru di Sidon hanya untuk memuat [artefak],” kata Putra Emir Museum Arkeologi Istanbul, yang lebih jauh menggambarkan proyek tersebut sebagai “upaya luar biasa”.

“Ada 50 orang yang bekerja di museum ini,” lanjutnya. “Museum ini memiliki sekitar satu juta benda. Kami dengan bangga memamerkan Alexander Sarcophagus.

"Kami berutang semua ini kepada Osman Hamdi Bey."
(mhy)Miftah H. Yusufpati

No comments: