Kisah Sedih Amir Utsmani Terakhir di Makkah Sharif Ali Haydar Pasha

 Kisah Sedih Amir Utsmani Terakhir di Makkah Sharif Ali Haydar Pasha Dia adalah Sharif Ali Haydar Pasha. Keturunan Nabi Muhammad SAW ini adalah amir terakhir Daulah Utsmani di Makkah . Ia menjalani kehidupan yang penuh dengan jebakan materi. Pada mulanya hidup kaya raya, namun kisah akhirnya sangat menyedihkan.

Kedaulatan Ottoman atas Kota Makkah dimulai pada 1517 setelah penaklukan Kekaisaran Mamluk di bawah Sultan Selim I. Kala itu, Syarif Makkah tetap bertahan sebagai penguasa kota, melanjutkan dinasti yang telah ada sejak abad ke-10 pada masa pemerintahan Fatimiyah.

Syarif adalah anggota klan Bani Hasyim dan mengambil nama "Hasyhemites". Mereka keturunan Nabi Muhammad melalui cucunya Hassan.

Sebagai penguasa kota paling suci Islam memberi mereka posisi penting di istana Ottoman. Di "Sharifate", mereka membentuk sebuah institusi yang tetap ada sampai pemberontakan Arab melawan Ottoman selama Perang Dunia Pertama.

Orang terakhir yang memegang jabatan itu adalah Sharif Ali Haydar Pasha. Ia mengemban tugas memastikan kesetiaan Arab kepada kekaisaran dan mengakhiri pemberontakan yang dipimpin oleh anggota klannya Sharif Hussain, yang telah digulingkan oleh Turki.

Komitmennya sendiri kepada Turki harus dibayar mahal. Dalam beberapa tahun kekalahan Ottoman dalam perang, kekaisaran telah runtuh, dan pada tahun 1935 kehidupan Ali Haydar berakhir di pengasingan di Lebanon. Gelar dan otoritasnya dilucuti.

Tetapi untuk membatasi kehidupan Ali Haydar pada episode terakhirnya akan merugikan karir yang membuatnya menjadi tangan kanan khalifah Ottoman terakhir, Abdulmecid II, dan sebagai anggota parlemen aktif di badan legislatif Ottoman.

Hidup dalam Lingkaran Ottoman

Ali Haydar lahir di Istanbul di sebuah rumah kakeknya, Abdulmutallib, pada tahun 1866, dan secara teknis merupakan "sandera" Kekaisaran Ottoman untuk memastikan kesetiaan Sharifah kepada Turki.

Ali Haydar Pasha adalah satu-satunya siswa di sekolah kerajaan di Istana Yildiz yang bukan anggota keluarga kekaisaran.

Hasilnya adalah hubungan persaudaraan dengan keluarga kerajaan yang melihat dia melayani sebagai teman terdekat khalifah terakhir, Abdulmecid II. Ia juga dipersiapkan untuk peran yang lebih besar di kekaisaran oleh Sultan Abdulhamid II, penguasa Ottoman terakhir.

Abdulhamid memang sudah berencana mengangkat Ali Haydar sebagai emir ketika dia dianggap telah dewasa, sebuah rencana yang berakhir dengan penggulingan khalifah pada tahun 1909 setelah Revolusi Turki Muda.

Utsmaniyah telah lama menyukai klan Ali Haydar di dalam dinasti Sharif, dengan Ali Haydar dari cabang Zawi Zayd, dan Sharif Hussain, yang kemudian memimpin pemberontakan Arab, dari cabang Awn.

Selama berabad-abad, cabang Zayd yang menguasai Makkah, tetapi pada tahun 1830-an mantan bawahan Ottoman dan penguasa Mesir, Muhammad Ali Pasha, berperang melawan Sultan, mengangkat Sharif pilihannya dari cabang Awn.

Sejak itu, Awn telah menjadi simbol pemberontakan melawan otoritas Ottoman. Di sisi lain, Istanbul sangat ingin mengembalikan keunggulan cabang favoritnya, klan Zayd.

Ottoman mengangkat anggota klan Zayd. Ali Haydar pun sebagai penerima manfaat utama. Ia mengambil posisi sebagai menteri kabinet di Kementerian Wakaf, dan kemudian bergabung dengan parlemen setelah penggulingan Abdulhamid pada tahun 1908.

Diberkati dengan kekayaan ganda yang datang dengan menjadi pelayan Ottoman dan keturunan Nabi Muhammad, Ali Haydar menjalani kehidupan yang penuh dengan jebakan materi.

Dia memiliki dua rumah besar, satu di setiap sisi Istanbul, pelayan, sopir, dan guru privat untuk anak-anaknya.

Pertarungan Melawan Nasionalis Arab

Hanya saja, kehidupan prestise ini akan berakhir sebelum waktunya, ketika Perang Dunia I pecah.

Konflik tersebut memberikan momentum yang dibutuhkan gerakan separatis Arab yang sedang berkembang untuk akhirnya melepaskan diri dari Ottoman, yang membuat Ali Haydar kecewa.

Menulis tentang kaum nasionalis Arab dalam buku hariannya di awal tahun 1914, dia mengatakan: "Kebanggaan dan pemujaan diri mereka membuat seolah-olah seluruh dunia Islam akan runtuh, tanpa seorang pun yang cukup kuat untuk menyelamatkannya."

Ketika perang dimulai, dengan Utsmaniyah di pihak poros Jerman melawan sekutu Barat, prioritas utama Ali Haydar adalah menjaga persatuan antara Arab dan Turki di Kesultanan Utsmaniyah.

Bangsawan itu menentang penindasan Istanbul atas perjuangan nasionalis Arab, termasuk hukuman gantung para pemimpin separatis di Damaskus pada 1916.

Dia bahkan melangkah lebih jauh dengan melobi Ottoman untuk memberikan konsesi kepada rakyat Arab, seperti menyerahkan administrasi kepada penduduk setempat di wilayah mayoritas Arab, menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa pendidikan dasar dan meningkatkan perwakilan Arab di parlemen dan birokrasi Ottoman.

Meskipun permintaan ini diterima dengan baik oleh Ottoman, kerusakan telah terjadi, dengan kekaisaran berada di belakang kaki melintasi wilayah Arab, yang berarti reformasi semacam itu tidak dapat dilaksanakan.

Mereka semakin terhalang oleh masalah yang lebih mendesak dari Pemberontakan Arab, yang dimulai pada tahun 1916 ketika Sharif Hussain bersekutu dengan Inggris.
Hussain ditawari pengakuan sebagai raja Hijaz, selama dia membantu mengusir Ottoman dari tanah Arab. Itu menggerakkan Ali Haydar untuk bertindak, karena dia yakin masa depan orang Arab berada di bawah kekuasaan Ottoman.

"Kemakmuran Arab hanya dapat dijamin jika negara itu tetap berada di orbit Kekaisaran Ottoman yang tercerahkan," tulisnya, menambahkan bahwa hal terakhir yang dia inginkan adalah "melihat Arab terputus dari hubungan Turki sebagai akibat peperangan".

Dalam sebuah pernyataan yang ditujukan kepada suku-suku Arab, yang mendukung pemberontakan, Ali Haydar berkata: "Jangan mencoba melepaskan diri dari Kesultanan Utsmaniyah ketika kondisi dunia secara umum sedang dalam pergolakan."

Dia lebih lanjut bertanya: "Mengapa kita harus menumpahkan begitu banyak darah Muslim di kedua sisi?"

Pada bulan Juni 1916, Sharif Hussain diberhentikan dari posisinya sebagai Sharif dari Makkah dan Ali Haydar menggantikannya.

Setelah upacara sederhana, dia berangkat ke Hijaz untuk membantu tentara Ottoman mengatasi pemberontakan.

Ketika dia tiba di Madinah, 15.000 orang Arab bersenjata telah menunggunya, siap menghadapi pemberontakan yang didukung Inggris.

Pada bulan-bulan berikutnya, dia bergegas dari satu front ke front lain, mencoba meyakinkan suku-suku Arab untuk tidak bergabung dalam pemberontakan dan tetap setia kepada Turki.

Itu adalah upaya yang terbukti sia-sia dengan kekalahan Utsmaniyah dan pendudukan selanjutnya atas tanah Arab utara oleh pasukan Inggris dan Prancis.
Keadaan berjalan sedikit lebih baik bagi Sharif Hussain, yang kerajaannya di Hijaz ditaklukkan oleh pasukan Saudi pada pertengahan 1920-an, membuka jalan bagi pembentukan negara Saudi.

Republik Turki, Pengasingan dan Kematian

Pada tahun 1918, Ali Haydar Pasha kembali ke Istanbul, yang berada di bawah pendudukan Inggris setelah kekalahan Ottoman.

Menyurvei kota saat bepergian dengan feri menuju rumahnya di distrik Camlica Hill Istanbul, Pasha menulis: "Saya memohon kepada Tuhan untuk membiarkan negara yang indah ini tetap berada di tangan umat Islam."

Keinginannya akan terpenuhi tetapi tidak seperti yang diinginkan oleh loyalis Ottoman yang setia itu.

Pasukan Turki di bawah Mustafa Kemal, kemudian Ataturk, melancarkan "perjuangan nasional" mereka untuk membebaskan daratan Turki dari pendudukan Eropa, dan pada tahun 1923 sebagian besar visi tersebut telah tercapai, termasuk pembebasan Istanbul.

Ali Haydar mengirim kabel ke Ataturk untuk memberi selamat kepadanya atas keberhasilan militernya di Anatolia, tetapi kegembiraan itu akan diwarnai dengan kesedihan atas apa yang akan terjadi.

Pada tahun 1922, Kekaisaran Ottoman tidak ada lagi dan pada tahun 1924 kekhalifahan juga dihapuskan.

Sebagai seorang Muslim yang taat, Ali Haydar menentang adopsi kode budaya barat apa pun, tetapi republik yang baru dibentuk itu bergerak untuk membatasi peran Islam dalam kehidupan publik. Itu termasuk adopsi pakaian gaya barat, serta penutupan sekolah Islam dan pondok sufi.

Anggota keluarga kerajaan diasingkan, termasuk putra Ali Haydar sendiri, Abdulmecid, yang menikah dengan cucu Sultan Murad V, Rukiye Sultan.

Menolak untuk memakai topi gaya barat seperti yang ditetapkan oleh pemerintah Republik, Ali Haydar lebih memilih untuk tetap berada di dalam rumah, dan, dengan berakhirnya gajinya, terpaksa ia menjual kuda, mobil, dan kemewahan lainnya.

"Dengan perasaan campur aduk saya mengucapkan selamat tinggal ke rumah saya untuk terakhir kalinya," tulisnya dalam buku hariannya setelah akhirnya memutuskan untuk meninggalkan tempat kelahirannya di Turki.

"Ketika kami berlayar, saya tidak tahan melihat Istanbul terakhir yang saya cintai, tetapi saya menatap ke arah bukit Uskudar dan memikirkan keluarga saya di Camlica," lanjutnya.

Emir Makkah terakhir, Ali Haydar Pasha meninggal pada tahun 1935 di Beirut dalam kemiskinan ekstrim tanpa penghasilan, tanpa otoritas dan sedikit penghargaan.

Segalanya bernasib lebih baik untuk anak-anaknya, dengan Abdulmecid kemudian menjabat sebagai duta besar Yordania untuk Turki, dan yang lainnya menjadi pengusaha, seniman, dan novelis.

Buku harian Ali Haydar Pasha berbahasa Turki tetapi diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh istri keduanya, Fatma, sebelumnya Isabel Dunn, putri seorang perwira Inggris yang bertugas di Istanbul.

Teks itu dikirim ke George Stitt, seorang tentara Inggris yang menjadi teman Ali Haydar selama pendudukan Istanbul. Dia menerbitkan buku harian itu pada tahun 1948 di London dengan judul A Prince of Arabia: The Emir Shereef Ali Haider.

===
Dinukil dari Middle East Eye (MEE) dari judul asli "Ali Haydar Pasha: The last Ottoman Emir of Mecca".

(mhy)Miftah H. Yusufpati

No comments: