Kondisi Terkini Tempat Berkemah Nabi Muhammad SAW sebelum Melakukan Haji Wada

 Kondisi Terkini Tempat Berkemah Nabi Muhammad SAW sebelum Melakukan Haji Wada

Kini, Al-Abtah menjadi bagian dari Kota Makkah. Foto/Ilustrasi: islamic landmarks
Al-Abtah adalah sebuah lembah luas yang terbentang antara Makkah dan Mina. Nabi Muhammad SAW berkemah di daerah ini sebelum melakukan Haji Wada atau Haji Perpisahan.

Kini, Al-Abtah menjadi bagian dari Kota Makkah. Ada jalan panjang yang melewatinya yang disebut Jalan Al-Abtah. Ini adalah jalan yang lebar, penuh dengan bangunan dan pasar, dan merupakan jalur yang diambil jamaah dari Masjid Al-Haram ke Mina.

Laman Islamic Land Marks menyebut Al-Abtah juga dikenal sebagai Al-Muhassab. Kata ‘Abtah’ berasal dari akar kata ‘bat’h’, yang berarti sesuatu yang dibentangkan.


Abu Rafi', yang bertanggung jawab atas barang bawaan Nabi Muhammad SAW meriwayatkan, “Nabi tidak memerintahkan saya untuk berhenti di Al-Abtah, tetapi saya mendirikan tenda untuknya di sana, dan beliau datang dan tinggal di sana."

Aisyah ra berkata: "Nabi Muhammad SAW berhenti di sana karena lebih mudah baginya ketika dia ingin pergi, jadi siapa pun yang mau, bisa berhenti di sana. Dan bagaimanapun jika tidak mau, tidak mengapa.”
(mhy)Miftah H. Yusufpati

No comments: