Surat Yusuf Ayat 79: Respons Nabi Yusuf Menjawab Tawaran Saudara-saudaranya

Surat Yusuf Ayat 79: Respons Nabi Yusuf Menjawab Tawaran Saudara-saudaranya
Siasat Nabi Yusuf untuk menahan saudara kandungnya, Bunyamin merupakan taktik luar biasa yang diajarkan Allah untuk menguji saudara-saudaranya. Foto/tangkapan layar Film Nabi Yusuf
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Tadabur Surat Yusuf masih bercerita tentang siasat Nabi Yusuf 'alaihissalam yang menguji saudara-saudaranya (putra Nabi Ya'kub). Setelah barang milik kerajaan ditemukan di karung Bunyamin (saudara kandung Yusuf), para saudaranya meminta agar Bunyamin tidak ditahan.

Mereka memelas kepada Nabi Yusuf agar Bunyamin diganti saja dengan saudara mereka yang lain. Berikut respons Nabi Yusuf atas permohonan saudara-saudaranya. Allah berfirman:

قَالَ مَعَاذَ اللّٰهِ اَنْ نَّأْخُذَ اِلَّا مَنْ وَّجَدْنَا مَتَاعَنَا عِنْدَهٗٓ ۙاِنَّآ اِذًا لَّظٰلِمُوْنَ ࣖ

Artinya: "Berkata Yusuf: 'Aku memohon perlindungan kepada Allah daripada menahan seorang, kecuali orang yang kami temukan harta benda kami padanya. Jika kami berbuat demikian, maka benar-benarlah kami orang-orang yang zalim." (QS Yusuf ayat 79)

Pesan dan Hikmah
1. Dengan tenang dan mantap Nabi Yusuf menjawab tawaran mereka untuk menahan salah satu di antara mereka asalkan bukan Bunyamin, "Aku takut murka Allah, bagaimana bisa aku menghukum orang yang bukan pelakunya, sungguh yang demikian ini perbuatan yang benar-benar zalim."

2. Di sini kita diajarkan bagaimana hukum itu harus adil ditegakkan. Jangan yang benar disalahkan dan yang salah dibenarkan.

3. Urgensi mengingat Allah, khususnya saat sedang berkuasa agar tidak menjadi penguasa yang tirani atau zalim, seperti Nabi Yusuf yang berdoa memohon perlindungan kepada Allah dari berbuat zalim.
Wallahu A'lam
(rhs)

No comments: