Wujud Malaikat Pemikul 'Arsy, Pundak dan Telinganya Berjarak 700 Tahun Perjalanan Burung Amien

Wujud Malaikat Pemikul Arsy, Pundak dan Telinganya Berjarak 700 Tahun Perjalanan Burung
Dari banyaknya jumlah Malaikat, ada yang memiliki wujud sangat besar dan sangat tinggi yaitu Malaikat Pemikul Arsy. Foto/ilustrasi
Allah menciptakan Malaikat dari Nur (cahaya), namun rupa dan sifat mereka beraneka ragam. Jumlah mereka sangat banyak dan memiliki tugas bermacam-macam pula.

Dari banyaknya jumlah Malaikat, ada yang memiliki wujud sangat besar dan tinggi yaitu Malaikat Pemikul 'Arsy. Dalam Hadis yang diriwayatkan Imam Al-Muzani diterangkan:

عَالٍ عَلَى عَرْشِهِ بَائِنٌ مِنْ خَلْقِهِ مَوْجُوْدٌ وَلَيْسَ بِمَعْدُوْمٍ وَلاَ بِمَفْقُوْدٍ

Artinya: "Allah itu Maha Tinggi di atas 'Arsy-Nya, terpisah dari makhluk-Nya. Allah itu ada, bukan suatu yang tidak ada, bukan suatu yang hilang."

Wujud Malaikat Pemikul 'Arsy (Hamalat Al-'Arsy) termasuk tanda kebesaran dan keagungan Allah. Hadis dari Jabir bin Abdillah disebutkan bahwa Malaikat pembawa singgasana 'Arsy memiliki ukuran antara bahu dan telinganya berjarak 700 tahun perjalanan burung. Rasulullah SAW bersabda:

أذن لي أن أحدث عن ملك من حملة العرش، رجلاه في الأرض السفلى، وعلى قرنه العرش، وبين شحمة أذنيه وعاتقه خفقان الطير سبع مئة سنة، يقول الملك: سبحانك أين كنت.

Artinya: "Allah memberi saya izin untuk menjelaskan ciri-ciri 'Malaikat Pemikul Arsy' yakni kedua kaki paling rendah di tanah, tanduknya ada di atas 'Arsy. Jarak antara ujung telinga dan bahu adalah sekitar 700 tahun sejauh terbangnya burung. Mereka selalu bertasbih." (HR at-Thabrani)

Hadis lain menyebutkan bahwa sayap Malaikat pemikul 'Arsy ini jauh lebih besar dan lebih banyak dibanding sayap Malaikat Jibril dan Israfil. Malaikat Jibril mempunyai 600 sayap, apabila dibuka satu sayap maka gelaplah seluruh bumi ini.

Namun begitu, Malaikat Jibril mengatakan kepada Rasulullah SAW jangan memujinya karena masih ada Malaikat lain yang lebih hebat kejadiannya.

Malaikat Pemikul 'Arsy merupakan Malaikat terbesar yang memiliki 2.400 sayap. Satu sayapnya menyamai 1.200 sayap Israfil. Sedangkan Israfil mempunyai 1.200 sayap yang satu sayapnya menyamai 600 sayap Malaikat Jibril.

Dalam Kitab Qathrul Ghaits hal 4, Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Bantani mengatakan, mereka adalah tingkatan tertinggi dari para Malaikat dan Malaikat yang pertama kali diciptakan. Mereka, Malaikat Penyangga 'Arsy itu berjumlah empat, dan pada saat kiamat akan berjumlah delapan Malaikat.

Demikian sekelumit gambaran wujud Malaikat Pemikul 'Arsy yang begitu dahsyat. Keterangan hadis di atas setidaknya membawa kita berimajinasi tentang agungnya ciptaan Allah. Besarnya 'Arsy bisa dilihat dari besarnya Malaikat yang memikulnya. Semoga ini menjadi renungan betapa besarnya kuasa Allah. Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Kepunyaan-Nya lah kerajaan langit dan bumi.

Wallahu A'lam

(rhsNulloh Ibrohim

No comments: