Dakwah Islam Melalui Perdagangan

 

Dakwah dan dagang merupakan dua aktivitas yang berjalan beriringan para ulama dan pendakwah Islam sejak dulu

 SEBELUM kedatangan Islam, Makkah dan Yatsrib (Madinah) sudah menjadi stasiun perdagangan besar. Para pedagang dari luar, terutama dari Yaman memilih kedua kota ini sebagai tempat transaksi setelah tempat perdagangan mereka di Persia tidak aman lagi.

Karena itu, orang-orang Yaman kemudian mengalihkan perdagangannya ke Hijaz, khususnya ke kota Makkah dan Yatsrib. Konsentrasi perdagangan lalu beralih ke kota tersebut, sehingga penduduk setempat, terutama suku Quraisy, ikut ambil bagian dalam nerdagangan bersama orang-orang Yaman.

Tidak lama kemudian Makkah menjadi pusat perdagangan yang sangat besar di Jazirah Arab. Bahkan menjadi jantung kehidupan Romawi dalam banyak hal.

Memasuki abad ke-6, secara bertahap kendali perdagangan mulai berpindah dari orang- orang Yaman ke suku Quraisy, sebagai kabilah Makkah yang disegani. Kecenderungan suku Quraisy memilih menjadi pedagang karena selain Makkah sebagai salah satu pusat perdagangan, juga karena kondisi alam memaksa mere ka melakukan hal itu.

Maklum, alam di wilayah tersebut sangat tandus dan sulit ditanami. Ini berbeda dengan Yaman yang dikenal subur atau Yatsrib yang masih banyak memiliki lahan yang bisa ditanami.

Oleh karena itu, tak heran jika suku ini sangat menggandrungi dunia perdagangan sehingga sering pergi ke berbagai wilayah di muka bumi. Mereka juga mengenal banyak kota di Syam seperti Bushra, Gazat, Aylah, dan Masyarif, sebelum masa Islam.

Demikian juga halnya dengan kota-kota di Iraq, Yaman, sampai ke Mesir. Kabilah ini kemudian mulai memonopoli perdagangan di kawasan Jazirah Arab.

Perkembangan berikutnya, perdagangan di wilayah Jazirah Arab begitu dinamis karena masing-masing wilayah memiliki karakter yang8 berbeda antara satu dengan lainnya. Setiap wilayah memiliki produk unggulan.

Yaman dikenal dengan produk pisaunya. Hijaz terkenal dengan parfum, kain, dan anggur.

Sebagian ahli menyatakan bahwa parfum dari Hijaz yang dijual ke Romawi mencapai ratusan juta dirham. Sementara yang paling mengagumkan dari Makkah adalah produk kulitnya dan pasar budak paling besar saat itu.

Perbedaan inilah yang menjamin kelangsungan geliat perdagangan ke dalam dan ke luarjazirah Arab. Al-Hamdani, dalam kitab Al-Buldan mengatakan bahwa seandainya bukan karena kemurahan Allah yang memberikan kekhususan setiap wilayah sesuatu yang tidak dimiliki oleh wilayah lain, pastilah perda- gangan itu akan segera lenyap.

Hanya karena perbedaan itulah maka satu kelompok pergi ke tempat lain untuk membeli produk, dan kelompok lain pergi ke kelompok lainnya lagi untuk membeli produknya. Begitu seterusnya sehingga perdagangan ini terus berlangsung.

Dr Jawad Ali dalam bukunya Al-Mufasal fi Tarikh Arabi Qabla Islam mengatakan bahwa pedagang Arab juga telah melakukan perda- gangan lewat Laut Arab, Laut Merah dan Laut Hindia untuk membeli barang di India dan Afrika yang harganya murah, kemudian mereka jual di pasar yang mereka inginkan dengan harga yang tinggi.

Pedagang Arab masa Islam

Ketika Islam berkuasa, kegiatan perdagangan bangsa Arab tidak dibatasi, melainkan tetap berlanjut seperti biasa. Bahkan kebiasaan pada masa jahiliyah seperti menyiapkan karapan-karapan dagang ke atau dari negara lain tetap dilakukan.

Perdagangan bangsa Arab semakin pesat bersamaan dengan menyebarnya agama Islam Mereka yang berprofesi sebagai pedagang juga menjadi penyebar agama Islam. Dakwah dan dagang merupakan dua aktivitas yang berjalan beriringan.

Dengan demikian, dakwah Islam yang dilakukan oleh para pedagang Arab bukanlah pekerjaan sambil lalu, tanpa rencana, dan tanpa strategi. Mereka memilih profesi itu agar mempunyai kebebasan dalam berdakwah dan mengajarkan ilmunya.

Pada masa Dinasti Umawiyvah, Dinasti Abbasiyyah maupun dinasti-dinasti yang lain, pebisnis-pebisnis Muslim menjadi pemegang kendali perdagangan dunia. Mereka menguasai perdagangan di sekitar Laut Tengah, Laut Arab, Teluk Persia, Selat Bosporus dan Laut Merah.

Wilayah tersebut merupakan jalur perdagangan yang amat ramai. Kota-kota yang dikuasai Islam seperti Cordova dan Granada di Spanyol, Basrah dan Baghdad di Iraq serta banyak kota lain Islam yang membnbentang dari Afrika, Eropa, dan Asia, menjadi kota-kota perdagangan yang penuh gemerlap.

Bahkan Baghdad saat tu, seperti  dilukiskan banyak sejarawan, menjadi sebuah megapolitan yang kedudukannya sama dengan kota New York saat ini.

Para pedagang Arab tidak hanya memperdagangkan hasil-hasil negeri Arab, tetapi juga barang-barang yang didatangkan dari Afrika, India, dan sebagainya. Barang-barang tersebut misalnya gading gajah, wangi-wangian, rempah-rempah, batu-batu permata, emas, dan sebagainya.

Karena itu, mereka menjadi perantara antara Eropa dengan negeri-negeri di Timur Jauh. Menurut Louise Marie M. Cornillez dalam bukunya The History of the Spice Trade in India, dominasi pedagang Arab terhadap perdagangan rempah antara India dan Eropa yang menyebabkan Vasco da Gama dan Chistopher Columbus berusaha menemukan rute pelayaran baru ke India, dan mengawali zaman penjajahan Eropa.

Selain di wilayah teluk, para pedagang Arab juga melakukan perdagangan ke daerah timur jauh yaitu China. Catatan sejarah menyebutkan bahwa sudah terjadi hubungan dagang antara dunia Arab dan China sebelum era Islam.

Jalur perdagangannya lewat laut dan darat (jalur sutera). Beberapa pedagang Arab sudah ada yang menetap di beberapa kota bandar dagang di negeri China, seperti Kanton, Chang Chow, dan Chuan Chow. Para pedagang Arab tersebut kemudian banyak yang menikahi perempuan setempat.

Pada perkembangan berikutnya keturunan mereka bukan hanya menjadi pedagang, tapi juga ada yang terjun ke dunia militer dan politik. Pada masa Dinasti Tang (618-905) orang-orang Arab telah mendapat kedudukan yang terhormat.

Menemukan Benua Amerika

Selain ke China, pedagang Arab juga menjalankan bisnisnya sampai benua Amerika. Van Sertima dalam bukunya They Came Before Columbus menemukan fakta bahwa para pedagang Muslim dari Arab juga sangat aktif bernia ga dengan masyarakat yang tinggal di Amerika.

Bagi umat Islam, Amerika bukanlah ‘dunia yang baru’ seperti diungkapkan Christopher Columbus-penjelajah berkebangsaan Spanyol– yang mengklaim sebagai penemu pertama benua itu. Jauh sebelum Columbus menginjakkan kakinya pada 21 Oktober 1492, umat Islam telah tiba di Benua Amerika.

Menurut Fareed H. Numan dalam American Muslim History A Chronological Observation, jauh sebelum Columbus tiba umat Islam telah sampai di Amerika. Ia mengungkapkan, orang Islam pertama yang tiba di Benua Amerika adalah seorang pelaut dari China.

Pada 1178 M, berdasarkan sebuah dokumen Dinasti Sung, seorang pelaut Muslim telah menemukan sebuah benua yang disebut sebagai Mu-Lan-pi atau Amerika. Dinasti Sung memang dikenal memiliki angkatan laut yang sangat kuat.

Dua abad kemudian, papar Fareed, tepatnya 1310 M, Abu Bakri (Abu Bakar), seorang Kaisar dari Mali, Afrika Barat, telah melakukan serangkaian perjalanan menuju ‘Dunia Baru’, yakni Benua Amerika. Selain itu, pada 1312 M, Muslim dari Afrika Barat terutama Mali yang dikenal dengan istilah Mandinga telah sampai di Teluk Meksiko.

“Tak perlu diragukan lagi, secara historis kaum Muslimin telah memberi pengaruh dalam evolusi masyarakat Amerika beberapa abad sebelum Christopher Columbus menemukannya.”

Sejarawan Ivan Van Sertima dalam karyanya They Came Before Columbus membuktikan adanya kontak antara Muslim Af- rika dan orang Amerika asli. “Columbus juga tahu bahwa Muslim dari pantai Barat Afrika telah tinggal lebih dulu di Karibia, Amerika Tengah, Selatan, dan Utara,”  tulis Ivan.

Daerah yang juga menjadi tujuan ekspedisi perdagangan orang Arab adalah Malaka dan Nusantara. Kontak orang Arab dengan orang orang Nusantara bahkan terjadi sebelum masehi. Thomas W. Arnold dalam The Preaching of Islam mengemukakan bahwa pada abad ke-2 sebelum masehi, orang-orang Arab memegang peran penting dalam perdagangan dengan Ceylon (Srilangka).*/Bahrul Ulum

Rep: Admin Hidcom
Editor: -

No comments: