Manusia Pertama yang Dibangkitkan pada Hari Kiamat

Inilah Manusia Pertama yang Dibangkitkan pada Hari Kiamat
Seluruh manusia mulai Nabi Adam alaihissalam sampai manusia terakhir akan dibangkitkan pada Hari Kiamat. Foto/ilustrasi
Hari Kiamat atau Yaumul Qiyamah adalah peristiwa dahsyat dimana alam semsta akan hancur dan tak satu pun makhluk yang tersisa. Hanya saja Allah merahasiakan waktunya.

Ketika Hari Kiamat datang, Malaikat Israfil akan meniup Sangkakala. Ada yang berpandangan dua kali, ada juga yang tiga kali. Ketika sangkakala Malaikat Israfil ditiup untuk pertama kalinya, seluruh makhluk akan panik. Kemudian tiupan kedua membuat semuanya binasa. Tiupan ketiga akan membangkitkan seluruh makhluk.

Ngerinya tiupan Sangkakala ini dijelaskan oleh Allah Ta'ala dalam Al-Qur'an.

وَيَوۡمَ يُنۡفَخُ فِىۡ الصُّوۡرِ فَفَزِعَ مَنۡ فِىۡ السَّمٰوٰتِ وَمَنۡ فِى الۡاَرۡضِ اِلَّا مَنۡ شَآءَ اللّٰهُ‌ؕ وَكُلٌّ اَتَوۡهُ دٰخِرِيۡنَ

Artinya: "Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Sangkakala ditiup, maka terkejutlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri." (QS. An-Naml Ayat 87)

Sebagian orang mungkin bertanya siapa manusia pertama yang dibangkitkan pada hari Kiamat. Untuk diketahui, hari dibangkitkan manusia dari alam kuburnya disebut Yaumul Ba'ats. Setelah dihidupkan dari alam kubur, manusia akan diarahkan menuju Padang Mahsyar.

Seluruh manusia mulai Nabi Adam 'alaihissalam sampai manusia terakhir akan dibangkitkan dari alam kuburnya. Lalu siapakah manusia pertama yan dibangkitkan.

Jawabannya adalah Nabi Muhammad sholallahu 'alaihi wasallam. Hal ini diterangkan dalam satu Hadits shahih.

Dari Abdullah bin Farukh, Abu Hurairah menceritakan kepadaku bahwa beliau berkata, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Aku adalah pemimpin anak Adam pada hari Kiamat kelak, aku adalah orang pertama yang bangkit dari kubur. Aku orang paling dahulu memberikan syafa'at dan aku orang paling dahulu diberikan syafa'at." (Hadits Riwayat Muslim)

Seperti diketahui, Nabi Muhammad tidak akan mau masuk surga sebelum umatnya masuk surga. Ketika Rasulullah SAW sampai di pintu neraka bertemu Malaikat Malik, Beliau berkata masihkah ada umatku di neraka?

Sampai akhirnya Malaikat Malik meminta izin kepada Allah untuk mencari umat Rasulullah SAW. Ketika dicek oleh Malaikat Malik ternyata ada 1 orang sedang disiksa oleh Allah dan kata Malaikat Malik. "Hai Fulan, kamu bebas. Itu terjadi karena syafa'at Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam."

Wallahu A'lam
(rhs)Lutfan Faizi

No comments: