Penjahat dan Jin tak Berkutik dengan Doa Ini

BELAKANGAN ini, berita aksi begal masih cukup marak dan membuat masyarakat resah. Selain mengajarkan bagaimana jika bertemu begal atau pelaku kriminal sejenisnya, Islam juga mengajarkan doa agar selamat dan dilindungi Allah ketika bepergian. Baik dari kejahatan fisik seperti begal maupun gangguan setan dari golongan jin.
Dari Anas bin Malik ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Barang siapa yang ketika keluar dari rumahnya membaca doa Bismillahi tawakkaltu alallah laa haula wa laa quwwata illaa billah (Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan upaya kecuali dari Allah), maka dikatakan kepadanya: kamu telah tercukup dan terlindungi, dan setan pun akan menjauh darinya.” (HR. Tirmidzi; hasan shahih. Hadits senada diriwayatkan juga oleh Abu Daud)
Ustaz Hasan Bishri dalam buku Dahsyatnya Kekuatan Basmalah menjelaskan bahwa doa ini merupakan perisai diri yang ampuh dari berbagai macam kejahatan yang ada. Insya Allah (dengan membaca doa yang diajarkan Rasulullah ini) kita akan aman dari segala macam gangguan yang ada di luar rumah, terangnya.
Jika doa tersebut dibawa sewaktu keluar rumah baik ketika hendak pergi kerja atau safar, maka khusus untuk safar yang jauh dan bukan rutinitas, Syaikh Said bin Ali Wafd Al-Qathani menghimpun doa-doa lain dalam Hisnul Muslim sebagai berikut:
Ketika menaiki kendaraan hendak pergi safar, membaca doa:
Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Mahasuci Zat yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami. Ya Allah sesungguhnya kami memohon kepadaMu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau ridai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah segala urusan dalam perjalanan kami ini, pendekkanlah jarak dari jauhnya bepergian dan pengganti bagi keluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah Engkau adalah teman dalam perjalanan dan wakil dalam keluarga. Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari kesulitan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan jeleknya kembali baik bagi harta maupun keluarga kami.” (HR. Muslim)
Ketika memasuki suatu wilayah, pulau atau negeri hendaklah berdoa:
Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para setan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepadaMu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.” (HR. Hakim, Ibnu Hikam dan Baihaqi; shahih)

Dan ketika singgah di sebuah tempat atau daerah tertentu hendaklah berdoa:

Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhlukNya (HR. Muslim)

Dalam Syarah Hisnul Muslim, Syaikh Majdi Abdul Wahhab Al Ahmad menjelaskan bahwa sebagaimana hadis Rasulullah, keutamaan doa ini adalah pembacanya mendapatkan perlindungan dari Allah sehingga ia tidak diganggu bahaya apapun hingga meninggalkan tempat tersebut. Wallahu alam bish shawab.

inilah

No comments: