Ust. Abdul Aziz Abdul Rauf, Lc: Renungan Ramadhan

Renungan Ramadhan
Interaksi dengan Quran itu harus meningkat sesuai standar. Bukan sesuai hawa nafsu.

Warzuqna tilawatahu. Ana allayli wa athro fannahar.
Berikanlah RIZQI kepada kami untuk dapat membacanya. Sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya


Mengapa pakai kata RIZQI ?
Biasanya rizqi itu identik dengan uang. Bahagia kalau dapat uang, dapat rizqi. Sama. AlQuran itu akan terasa seperti rizqi. Maka jika kita merasakan quran memberikan kebahagiaan yg sama atau bahkan melebihi uang, maka kita baru merasakan quran. Senang jika bersama quran, sebaliknya. Akan sedih jika jaih dari quran. Maka jika dititik ini, butuh motivasi untuk makin dekat dg quran.

“Barangsiapa yg amal2 shalihnya membuat bahagia maka dia beriman” (Hadist)
Bahagia saat tilawah nambah. Bahagia saat hafalan nambah.

Dan barangsiapa kejelekannya (maksiat atau meninggalkan amal shalih) tdk membuat dia bahagia, maka itu indikasi iman yg benar.
Maka tanda quran sbg rizki adalah bahagia saat dekat dg quran dan tidak bahagia jika jauh.

“Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya. Mereka akan memperoleh : (1) beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan (2) ampunan serta (3) rezeki (nikmat) yang mulia” (QS Al Anfal 4).
Pasti mau dong dapat 3 hadiah ini. Siapa yg sanggup nolak ? Tapi gimana ? Kriteria untuk mendapatkan 3 hal ini, salah satunya saat dibacakan quran maka hatinya bergetar dan imannya bertambah (QS Al Anfal 2)
Dibacakan (pasif, hanya mendengar) quran saja iman bs bertambah. Apalagi jika tilawah sendiri, dihafalkan, dipelajari tafsirnya dst.
Big question : apakah qt bahagia saat dekat quran dan sebaliknya ???
Salah satu indikasi keimanan adalah bahagia.
Ada doa yg sering dipanjatkan oleh Rasulullah dan biasanya selalu diawali dg tawassul (memperbanyak pujian kepada Allah terlebih dahulu) adalah doa ini :
أن تَجعلَ القرآنَ ربيعَ قَلبي ،
1. Ya Allah jadikan quran sbg musim semi bagi hati saya. Bayangkan musim semi. Cuaca nikmat, bunga mekar, begitulah hati yg bahagia bersama quran.
ونورَ صَدري ،

2. Ya Allah jadikan quran sbg cahaya dadaku.
Maka mereka yg sudah mendapat cahaya quran, akan selalu melihat kebenaran. Mana hitam, putih, merah. Begitulah org yg tercahayai oleh quran, jelas melihat mana yg baik dan mana yg buruk.

وجلاءَ حُزْني ،
3. Dan jadikan quran menghilangkan kesedihan yg SEDANG terjadi
وذَهابَ هَمِّي
4. Dan aku mohon padaMu, agar quran menghilangkan kesedihan2 yg BELUM terjadi.
Ini doa ma’tsur (dituntunkan oleh Nabi). Bayangkan jika dpt 4 hal ini. Kita akan jadi pribadi yg “sehat”. Rumah tangga kita sehat. Jika jadi anggot masyarakat maka kita jd anggota masy yg sehat. Sbg aktivis dakwah yg ga ada lelahnya. Dr muda sampai Allah panggil menghadap. Berbilang tahun. Tidak terpancing untuk mangkir dsb.
Kenapa bisa begitu ? Krn dlm dirinya ada alat netralisir lelah urusan dakwah yg bisa menghilangkan gundah gulana.

Di surat At Taubah akhir juz 10 diceritakan. Di zaman Rasulullah pernah terjadi perang tabuk thn 9H, saat itu Islam udah eksis banget. Nah di perang tabuk, semua harus mandiri keluar dari kantong pribadi. Sunduquna juyubuna 100%. Bagi yang tidak punya, suruh pulang dan mereka akhirnya pulang dlm keadaan meneteskan air mata sedih karena tidak bisa ikut berangkat jihad.
Kata Allah : mereka yg sedih, walaupun mereka ga ikut berangkat, sdh Allah catat niat mereka berjihad di jalan Allah. Sdh dpt pahala.
Coba perhatikan. Satunya bahagia bisa berangkat berjihad, satunya sedih gak bisa ikut berjihad. Gak perlu dikritisi golongan ke dua. Pinjam kek, nabung kek, persiapan dari dulu kek. No.
Interaksilah dg quran agar punya alat yg permanen untuk mempertahankan bahagia. Ga gampang dirayu, ga mudah capek ataupun bosan.
Jika kita gali dalam quran dan hadist, setidaknya butuh 10 macam interaksi dengan quran. Ini penting untuk diketahui. Minimal agar punya niat untuk mencapainya.
❤ 1-2. Yg paling ditekankan oleh Rasulullah adalah belajar (1) dan mengajarkan quran (2). Bukan sekedar tahsin, tp smua terkait al quran perlu dipelajari dan diajarkan. Bukan hanya cara baca, tp juga isi quran agar hidup dlm cahaya quran.
Ga sekedar tahsin tp halaqah. Ini dakwah yg utuh. Jangan parsial.

❤ 3. Tilawah.
Lakukan tiap hari.
HR. Bacalah quran selesai sebulan !!!
Kalau ramadhan : minimal 2x khatam.


❤ 4. Menghafal.
Kesadaran ingin membaca sebanyak2nya. Agar dirinya menjadi mulia disisi Allah. Kalau sekedar baca mungkin cuma lewat. Tapi lalau hafal ayat itu jd lekat di 2 bibir. Pencet , keluar. Disuruh ayatx, langsung bunyi.

3 nikmat yg harus akrab dg quran : 2 mata 1 lidah dan 2 bibir, dan bisa akrab kalau mau menghafal (baca sebanyak2nya). Meski ga pakai metode, asal banyak baca, pasti hafal. Sebaliknya. Mau pakai metode apa aja, kalau ndak banyak baca dan diulang, ya bakal ilang. Seperti al fatihah. Karena sering diulang, mangkanya hafal. Ga lihat umur, ga lihat dia makan bergizi atau gak, lingk kondusif atau ga. Yang penting banyak baca, sering ulang, insyaallah hafal.
Apalagi perempuan yang kata para ahli butuh mengeluarkan 20rb kata perhari. Coba deh arahkan untuk ngomong quran.

“Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras. Dan rencana jahat mereka akan hancur” (QS Fatir :10)
Orang yg lisannya selalu baca quran, semua kata2 baiknya akan naek keatas. Hingga derajatnya terus diangkat oleh Allah.
Hafal = baca sebanyak2nya
Dp menghafal : tahu nama surat

Rasulullah himbau agar doa tidur kita adalah Al Mulk. Jgn stagnan di bismilkallahu…
Salah satu fadhilah Al Mulk : penyelamat dr azab kubur. Azab kubur aja selamat, insyaallah apalagi urusan receh yg lain. Jadi kalau kepepet atau merasa dlm bahaya, baca aja Al Mulk.

Kalau mau tidur baca Al Mulk jangan di atas kasur biar ga bablas tidur sebelum selesai..
Di QS 2 : 257 : bahwa Allah jd wali, sedang di ayat 258 di beri contoh siapa sih yg Allab sudah jadi wali bagi dirinya yaitu Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim mengambil jalur politik dengan mendatangi namrud sang penguasa. Agar al haq tidak hilang saat ada kekuatan politik yg menghalangi.
Nabi musa juga menggunakan jalur politik yg sama untuk berdakwah. So, jangan alergi sama politik ya. Politik itu bs jadi alat untuk menciptakan kebaikan.

Baca quran yg banyak, maka pahala Insyaallah banyak dan mulia di sisi Allah.

❤ 5. TAFAHHUM
Sadar kalau dirinya ga paham dan dirinya ingin tahu. Misal dalam rangkaian ayat x, hanya 1 kata yg tahu artinya, yg kata lain ga tahu. Nah sadar ga tahu lalu ingin mencari tahu itu tafahhum dan itu setengah ilmu.

Manusia kalau ga sibuk dg quran, akan sibuk dg yg lain. Org yg biasa tafahhum akan tertarik ke interaksi berikutnya

❤ 6. TAFSIR
Jarang ada majelis ilmu yg bahas ini. Butuh konsentrasi lbh. Padahal luar biasa. Siapa yg bljr tafsir akan dpt fadilah tersendiri.

Kata Rasulullah : wahai sahabat, maukah kalian datang ke lembah burhan dan aqiq (tempat yg biasa dipakai untuk menggembala unta) untuk dapat unta gratis seharga sapi limusin yg nilainya ratusan juta ? Datanglah ke majelis tafsir. 1 ayat yg kamu kaji dpt pahala seperti 1 sapi limusin. 2 ayat 2 sapi limusin.
Ga paham bahasa suami aja ga enak. Apalagi g paham bahasa allah. Masak tenang2 aja ga mau belajar ?
❤7. TADABBUR
Akan terpahami pesan2 dibalik ayat ini. Misal al fiil kita hafal. Tapi apa pesannya ? ayat 1 pesannya siapapun yg menghancurkan islam dan kaum muslimin akan ditindak sendiri oleh Allah. Ayat 2. Pasti gagal usaha mereka.

Gajah terbesar punya abrahah yg paling kuat namanya mahmud. saat sampai lembah muhaisyir , dia langsung mogok. Menolak keras kalau diajak menghancurkan kabah dan melawan Allah. Didorong dan dipukul ttp ga mau.
Jaga diri jgn sampai berpihak apalagi msk barisan yg memusuhi Islam. Meskipun tuannya baik selama ini kasih makan. Mending disiksa daripada berpihak dan masuk barisan mereka.
Al fiil menggambarkan musuh islam atas nama negara. Beda dengan ayat al lahab yg menggambarkan musuh islam dalam konteks keluarga.

❤8. TAZKIYAH
Membersihkan jiwa kita. Baca al insan di quran mesti artinya negatif. Klo sdh tazkiyah, bisa diperbaiki.
Misal “al insan dhoifaaa /lemah”, maka pasca tazkiyah ada semangat lebih. misal rugi klo ga ngafal quran. Tetap semangat meski ga apal2.


Baca al alaq, manusia itu sombong. Tazkiyah _ minta tolong sama allah.

Mns itu ga bersyukur _ tazkiyah : tiap dzikir alhamdulillah terbayang semua nikmat
Tiap kata hamdallah ada tadaburnya. Perberat timbangan. Hamdalah yg tdk ada tadabbur juga hambar.

Mns itu mata duitan. Tapi pasca tazkiyah, suruh infak ttp infak. Jika Allah yg minta bakal dksh.
Dg tazkiyah sifat2 negatif dibersihkan.
Mns terlalu PD. Ghorroka birabbikal kariim. Ga bangun tahajud. Knp? Allah baik kok. Maksiat euy? Gpp allah maha penhampun. Kog ga ngapal quran? Emang pahala cuma dr hafal quran.
Tazkiyah – semua amal shalih dikerjakan.
❤9. TAFDIQ – MENGAMALKAN
ada 2 jenis amal yg hrs ditarget untuk diamalkan. Ada ayat2 personal (ga butuh payung hukum, ga butuh negara ) : hrs sedikit tidur QS 51,
Terutama saat Ramadhan seperti ini. Sedikitkan tidur. Apalagi 10 malam terakhir. Apalagi malam ganjil.

Ijtihad ubay bin kaab malam lailatul qadar ada di malam 27. Kok bisa ?
Huruf lailatul qadr : 9, lailatul qadr disebut 3x.
9×3 = malam 27

Ayat Hiyya” hatta… Hiyya juga kata ke 27
Tapi jangan hanya jd pejuang malam ganjil. Genapnya tidur. tetep ikut spt yg dicontohkan Rasulullah. 10 hr tanpa putus.
❤10. ISTIMA’ = Mendengar
Rasulullah jg sering minta sahabat untuk dibacakan quran. Rasulullah dengar..
Walimah kenapa hanya baca 2 surat itu2 aja. padahal ayat keluarga di quran itu banyak banget. sekali2 baca taghabun 14

“Pasanganmu musuh”.
Jika makin turun ibadah pasca nikah. Makin dikit infaknya. Dst. Solusinya ada di ayat berikutnya. Sabar dan banyak memaafkan.

Pernah Rasulullah sedang dibacakan quran oleh sahabat dan saat di An nisa 41 : rasulullah bilang cukup dan minta dihentikan. beliau Nangis. Takut sama allah.
Pas sholat shubuh mgrb isya misalnya, coba cari tahu tadi imam baca surat apa dan taujih apa yg hendak disampaikan.
Setrika sambil setel murotal. Itu bukan dengar. Tp kedengaran. Trus gmn? Cari tahu ini surat apa. Bahas apa ya? Ini mendengar yg produktif.

🔎untuk pribadi
💡Agar allah memilih qt sbg ahlul quran , yg kelak saat kiamat akan dicari quran untuk ditolong.
“Amalan puasa dan membaca Al-Qur’an akan memberi syafa’at bagi seorang hamba di hari kiamat. Puasa berkata: Wahai Rabb, aku telah menahannya dari makan dan syahwat di siang hari, maka izinkanlah aku memberi syafa’at kepadanya. Dan Al-Qur’an berkata: Aku menahannya dari tidur di waktu malam, maka izinkanlah aku memberi syafa’at kepadanya, maka keduanya pun diizinkan memberi syafa’at.” [HR. Ahmad, Shahih At-Targhib: 1429]

💡Agar quran kasih kebarakahan.
Scr bahasa barakah logikanya gini : uang 1000 buat bisnis dijamin hasil 1jt. Begitulah quran. Baca, hafal, belajar tafsir dst, maka manusia akan dpt pahala yg melebihi usaha yg dia lakukan.


💡Bersama quran menghidarkan penyesalan saat hari kiamat. Qs maryam – kiamat disebut juga sbg yaumul hasroh (hari penyesalan).
🔎 Secara keumatan/sosial
🔊 agar quran yg dibaca dan dipelajari bs jd bekal untuk memperjuangkan agama allah. Spt mahmud td. Gmau diajak memerangi agama allah. Krn target perjuangan agama allah ada di quran.
إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ، وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا،
Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan. Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong.
Berbondong2 masuk agama allah bukan semata tentang berapa banyak jumlahnya. Tp berbondong2 dlm islam yg menyeluruh, semua lini. Dalam kehidupan berkeluarga, bernegara, dsb.

2 : 231 _ konsep hebatnya rumah tangga islam. Klo gbs dipertahankan silahkan cerai. Tp ga boleh menyakiti wanita. Klo sampe nyakiti maka itu melawan ayat allah. Sampai 3 halaman quran bahas perceraian.
Betul cerai itu jelek, tp kamu hrs ttp jd muslim yg baik. Ada ayatnya.


Rasulullah ga tega lihat istrinya kerja keras. Maka Rssulullah selalu terlibat dg aktivitas istrinya. Masak bersih2 dsb. Ini akhlaq.

* QS 40 : 47
Allah cerita ttg neraka. Nanti disana ada perdebatan antara klmpk grass root dg elit politik. GR marah2 gara2 kamu kami masuk neraka. Krn GR cenderung ikut2an. Maka dakwah yg berusaha menyelamatkan. Agar tdk ada gelombang GR yg mendukung kebatilan.

GR pendukung kebatilan akan ikut sama yg didukungnya. Neraka. Sebaliknya. Pendukung yg baik akan ikut ke yg baik.
Maka bagi mereka yang mau baca quran, mentadabburi dan mengamalkannya, akan merasa tidak cukup kalau sholeh sendirian. Mereka akan berusaha juga untuk mensholehkan orang lain.

No comments: