Tentara Ottoman Pernah Kalah Akibat Kentang, Kok Bisa?

Ilustrasi - Pasukan Ottoman, Turki.
Ilustrasi - Pasukan Ottoman, Turki.
Foto: Hurriyet
Kentang didatangkan dari Benua Amerika ke Benua Eropa pada 1577

Kehebatan tentara Ottoman di medan perang tak lagi diragukan. Torehan kemenangan demi kemenangan tercatat apik dalam sejarah. 


Kendati demikian, diakui memang mereka pernah menghadapi kekalahan sebab beberapa faktor. 



Namun, tahukah Anda jika salah satu penyebab kekalahan tentara Ottoman bukan karena sebab yang besar seperti kendala geografis, jumlah personel, atau lemah adu strategi, melainkan kekalahan sebab sepele, yaitu konsumsi kentang. 


Sebuah teori menarik disampaikan pakar sejarah Ottoman di Universitas Devonshire Inggris, Herberth Smith, bahwa kekelahan militer Ottoman pernah disebabkan kentang. 


Kentang didatangkan dari Benua Amerika ke Benua Eropa pada 1577 dan menyebar meluas di benua ini. Dan secara kebetulan, penyebaran kentang itu bersamaan dengan masa-masa mulai lemahnya Ottoman. 


Menurut kajiannya, kandungan yang terdapat dalam kentang menyebabkan lemahnya persendian mereka yang mengonsumsinya. Dalam beberapa ekspedisi militer, para personel Ottoman mendapat asupan kentang. Hal ini menyebabkan persendian para tentara lemah. 


Namun, setelah terungkap faktor penyebab kekalahan mereka adalah konsumsi kentang, akhirnya pada Perang Chankali, mereka memutushkan berhenti mengonsumi kentang dan digantikan dengan gandum serta ‘adas, semacam tanaman palawija.


“Berhenti konsumsi kentang akan mengantarkan pasukan Ottoman menduduki posisi kemenangan yang gemilang,” kata Smith.

No comments: