Nama Tertua yang Terekam Sejarah, Dua Ada di Mesir dan Irak

Huruf hieroglif Mesir kuno menunjukkan adanya pesawat jet dan helikopter
Huruf hieroglif Mesir kuno menunjukkan adanya pesawat jet dan helikopter
Pencatatan tersebut dilakukan menggunakan media-media yang sangat sederhana.

Aksi pendokumentasian yang dilakukan oleh nenek moyang kita dalam sejarah peradaban manusia ternyata cukup tua. Sebagiannya dicatat menggunakan media-media yang sangat sederhana. Di antarany memakai batu, pelepah, atau kulit binatang. 


Mengutip Huffingtonpost, aksi pendokumentasian itu di antaranya mencatat nama-nama. Berikut ini sejumlah nama pertama yang berhasil didokumentasikan dan sampai di tangan generasi sekarang:  




Mesir  


Nama Iry-Hor (The Mouth of Horus) akan menjadi nama paling awal yang  berasal dari sekitar 3200 sebelum Masehi (SM). Sedikit yang diketahui tentang Raja Iry-Hor selain namanya yang ditemukan pada pecahan tembikar di salah satu makam tertua di Abydos, meskipun berdasarkan pemakamannya ia adalah Raja pra-dinasti Mesir Hulu. 


Raja Ka dari sekitar waktu yang sama adalah orang pertama yang memasukkan namanya ke dalam sebuah serekh berbentuk kotak sebagai indikator kedudukan raja.


Ada juga nama dengan simbol hieroglif Raja Buaya dan Raja Kalajengking diikuti dengan nama firaun pertama, Narmer (Raja Lele), yang menyatukan Mesir Hulu dan Hilir serta bersama-sama dengan istrinya Neithhotep, hidup antara 3150 dan 3125 SM. Neithhotep adalah wanita tertua yang disebutkan namanya. Nama Neithhotep berarti Dewi Neith puas. 



Mesopotamia (Irak kini)


Nama yang terekam dalam dokumentasi pertama di kawasan Mesopotamia atau kawasan Irak kini adalah Anitta (tidak diketahui arti namanya).


Dia adalah raja dari kota Huss Kussara. Dia hidup sekitar tahun 1700 SM dan merupakan penguasa paling awal yang diketahui menyusun teks dalam bahasa Het, yang merupakan teks Indo-Eropa tertua.


Linear B adalah skrip suku kata yang mendahului alfabet Yunani beberapa abad. Tanggal penulisan tertua sekitar 1450 SM.


Beberapa tablet Knossos Linear B menyebutkan nama orang. Sejumlah nama Mycenaean memiliki padanan yang persis sama dalam Homer seperti Hektor, yang berarti "berpegang teguh".



Sumeria


Bangsa Sumeria dikenal pula memiliki peradaban yang cukup tua. Penelusuran tentang nama yang terekam dalam sejarah terdapat dalam tablet tanah liat yang berasal dari periode Jemdet Nasr di Sumeria antara 3200 dan 3101 SM. 


Tablet bukanlah risalah yang mendalam tentang pemikiran manusia, melainkan buku besar akuntansi untuk menghitung barang dan harta benda! Beberapa nama pertama adalah nama pemilik budak Gal-Sal dan dua budaknya Enpap-x dan Sukkalgir (3200-3100 SM). 


Nama lain adalah Turgunu Sanga (3100 SM) yang tampaknya menjadi akuntan untuk keluarga Turgunu. Ada banyak nama lagi dari periode ini tetapi tidak ada yang muncul jauh sebelum 3200 SM.

No comments: