Istri dan Anak Abu Bakar ash-Shiddik RA

 Foto: www.un.org
ABU Bakar ash-Shiddik RA penah menikahi Qutailah binti Abd al-Uzza bin Abd bin As’ad pada masa Jahiliyyah dan dari pernikahan tersebut Abu Bakar ash-Shiddik RA diharuniai dua orang anak, yaitu Abdullah dan Asma’.
Abu Bakar ash-Shiddik RA juga menikahi Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir bin Zuhal bin Dahman dari Kinanah. Dari pernikahan Abu Bakar ash-Shiddik RA dengan Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir bin Zuhal bin Dahman dikaruniai Abdurrahman dan ‘Aisyah RAhu.
Abu Bakar ash-Shiddik RA juga menikahi Asma’ binti Umais bin Ma’add bin Taim al-Khats’amiyyah, dan sebelumnya Asma’ diperistri oleh Ja’far bin Abi Thalib.
Dari penikahan Abu Bakar ash-Shiddik RA dengan Asma’ lahirlah Muhammad bin Abu Bakar, dan kelahiran tersebut terjadi pada waktu haji Wada’ di Dzul Hulaifah.
Abu Bakar ash-Shiddik RA juga menikahi Habibah binti Kharijah bin Zaid bin abi Zuhair dari Bani al-Haris bin al-Khazaraj.
Abu Bakar ash-Shiddik RA pernah singgah di rumah Kharijah ketika beliau datang ke Madinah dan kemudian mempersunting peutrinya, dan Abu Bakar ash-Shiddik RA masih terus berdiam dengannya di suatu tempat yang disebut dengan as-Sunuh, hingga Rasulullah SAW wafat dan Abu Bakar ash-Shiddik RA kemudian diangkat menjadi khalifah sepeninggal Rasulullah SAW. Dari penikahannya dengan Habiba, Abu Bakar ash-Shiddik RA dikaruniai seorang putri yang bernama Ummu Kaltsum. Kelahiran Ummu Kaltsum ini setelah Rasulullah SAW wafat.
Referensi: Al-Bidayah Wan Nihayah Masa Khulafa’ur Rasyidin/Ibnu Katsir/Darul Haq/2002

No comments: