Sejarah Revolusi Amerika

    Revolusi Amerika

    Revolusi Amerika terjadi pada abad ke-18 tepatnya pada tahun 1776, sebab umum terjadinya revolusi amerika yaitu :

        Timbulnya paham kebebasan dalam bidang politik

        Timbulnya paham kebebasan dalam bidang perdagangan

        Pemungutan pajak yang tinggi

    Sebab khusus terjadinya revolusi Amerika yaitu :

    1. Peristiwa “The Boston Tea Party”Sebelum Colombus datang di benua Amerika terlebih dahulu benua Amerika diduduki oleh “VIKING (bajak laut)” yang berasal dari Norwegia yang di pimpin oleh Erik ericson. setelah itu dibuat perjanjian Tordesilas antara Spanyol dan Portugis.  Spanyol ke barat dan Portugis ke timur, pada abad ke-17 adanya perebutan kekuasaan antara Inggris, Prancis, Belanda, Spanyol, dan Portugis. negara-negara tersebut merebutkan benua Amerika yang terbagi menjadi dua yaitu Amerika Utara yang di perebutkan oleh Inggris, Prancis, dan Belanda. sedangkan Amerika selatan di perebutkan oleh Spanyol dan Portugis. berkat diturunkannya buku yang berjudul “COMMON SENSE” yang ditulis oleh Thomas pein yang berisi tentang penggugah semangat semua masyarakat Amerika untuk melawan negara-negara yang menjajah Amerika utara dan Amerika selatan.

setelah itu terjadilah perang kemerdekaan, dalam perang kemerdekaan dibagi menjadi dua yaitu perang fisik dan perang diplomasi. perang fisik di pimpin oleh George washington, sedangkan perang diplomasi dipimpin oleh Benjamin franklin. latar belakang terjadinya perang kemerdekaan yaitu:

    Liberal Politik

    Liberal Ekonomi

    Pajak tinggi

    The Boston Tea Party

sehingga pada tanggal 4 juli 1776 adanya penandatanganan surat (Declaration Of Independence) yang menyatakan bahwa Amerika Serikat merdeka yang di tanda tangani oleh 13 Negara (koloni) yang dihadiri oleh Thomas Jefferson, Benjamin Franklin, dan John Adam.  setelah ada pernyataan yang mrenyatakan bahwa AS merdeka bukan berarti di AS tidak ada lagi peperangan, tetap walaupun AS sudah dikatakan merdeka tetap ada perang yaitu perang saudara yang terjadi antara Blok utara dan Blok  selatan yang di latar belakangi oleh :

    Adanya perbedaan antara pihak utara dengan selatan, baik dalam bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya, maupun perbedaan dibidang lainnya.

    Meruncingnya masalah perbudakan setelah Beecher Stowe mengarang buku yang berjudul “Unde Tom’s Cabin” yang menggambarkan tentang penderitaan budak-budak belian yang dipekerjakan di daerah-daerah perkebunan di daerah selatan.

    Terpilihnya Abraham Lincoln sebagai presiden Amerika Serikat dari partai republik dan dikenal sebagai seorang yang sangat anti perbudakan.

    Amerika serikat bagian selatan ingin mem,isahkan diri dari Amerika Serikat dengan membentuk Confederate State Of America dengan Jefferson Davis sebagai presiden serta menetapkan kota Richmond sebagai ibukotanya.

Tapi dengan bergulirnya waktu perang saudara tersebut dimenangkan oleh Blok utara, karena blok utara menang otomatis blok utara yang berkuasa sehingga blok utara membuat keputusan yaitu dihapuskannya sistem perbudakan.

Yeny S A

No comments: