Sejarah Sumatra Pulau Emas: Kerajaan Dharmasraya

sejarah) Sumatra Pulau Emas >Kerajaan DharmasrayaKekayaan Suvarnadvipa yang juga disebut Suvarna¬bhumi (bumi emas) tercermin ketika 600.000 biji emas yang disumbangkan maha-raja Palembang demi pembangunan kuil Tao di Kanton pada tahun 1079 (Wolters, 1970:15).
ahli geologi Belanda mencatat ada¬nya 42 tambang emas di sekitar Kerinci yang di¬ker-jakan secara tradisional dan men¬capai ke¬da-laman sampai 60 meter (Miksic, 1985:452). Ta¬nah Datar di Sumatra Barat juga dikenal se-ba¬gai daerah penghasil emas, semen¬¬tara sum-ber emas di Rejang-Lebong di zaman dahulu tidak ditambang melainkan didu¬lang (Prodolliet dan Znoj, 1992:58).Adityawarman menyebut dirinya Kanakamedinindra – “Penguasa Tanah Emas”, dan malahan seluruh Sumatra dikenal di India sebagai Suvarna¬dvipa (pulau emas). Sumber emas di Sumatra terdapat di se¬panjang Bukit Barisan, dan ter¬utama di Minangkabau, Kerinci, serta di Lebong.

Kerinci sudah lama dikenal sebagai daerah peng¬hasil emas sehingga Valentijn menyebut Kerinci di 1726 sebagai penghasil emas ter-utama di Sumatra

Panji Trisula

No comments: