Kala Kopi Digemari Kaum Sufi, Sempat Diharamkan di Era Ottoman

 Kala Kopi Digemari Kaum Sufi, Sempat Diharamkan di Era Ottoman

Kopi sempat diharamkan di era Ottoman. Foto/Ilustrasi: Daily Sabah
Kesultanan Ottoman memainkan peran penting dalam mempopulerkan kopi , mulai dari diperkenalkannya kopi di Istanbul pada pertengahan abad ke-16 hingga pendirian kedai kopi sebagai pusat interaksi sosial dan pertukaran intelektual.

Saat ini, banyak sumber yang menyebutkan bahwa kopi yang sudah menjadi kebutuhan menyenangkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan namanya dipadukan dengan kata " Turki " di banyak negara, berasal dari India . Merupakan jenis pohon yang tingginya mencapai 6-8 meter (19-26 kaki) dan menghasilkan buah berupa biji.

Para ahli percaya bahwa hanya 1 kilogram kopi kering diperoleh dari 15-20 kilogram kopi segar. Karena karakteristik ini, kopi awalnya digunakan bukan sebagai minuman melainkan sebagai makanan, dan kopi menyebar dari India hingga Yaman sekitar abad ke-15. Hal ini juga baru diakui di dunia Islam, setelah Yaman , Arab, dan Mesir , pada abad ke-16.

Sejalan dengan hal tersebut, ada pepatah dalam bahasa Turki yang berbunyi “kopi berasal dari Yaman”.

Dengan demikian, masyarakat Turki baru mengenal kopi pada pertengahan abad ke-16. Misalnya, pengelana epik Ottoman Evliya Çelebi menyebutkan dalam "Travelogue" -nya tentang kehadiran 300 depot kopi dan sekitar 500 pengrajin kedai kopi di Istanbul saat itu.

Kenapa dari Yaman?

Awalnya dibudidayakan di Yaman dan digunakan di wilayah tersebut dalam jangka waktu yang lama, kopi kemudian digunakan secara luas di seluruh Jazirah Arab, yang mengarah pada pembukaan kedai kopi pertama di Makkah pada tahun 1511.

Daily Sabah melansir karena minuman beralkohol dilarang dalam Islam, penyebaran kopi, minuman panas dan harum, di negara-negara Muslim menjadi lebih mudah.

Dibukanya kedai kopi pertama di samping masjid yang sering dikunjungi jamaah masjid seringkali menjadikan kedai kopi tersebut sebagai tempat berkumpulnya para penganut tarekat sufi yang sama.

Selain itu, aspek nikmat dari kopi tidak dapat diabaikan, karena kopi memfasilitasi interaksi yang menyenangkan di antara orang-orang, sehingga mengarah pada saling pengertian dan keakraban.

Disebut Moka

Penyebaran kopi sebagai salah satu elemen berkumpul dan bersantai dimulai di sini. Orang Eropa, karena ziarah umat Islam ke Makkah, juga menyebut bentuk lain dari kopi pahit yang mereka minum di wilayah itu sebagai "moka".

Pepatah Turki lainnya berbunyi, “Seteguk kopi memiliki kenangan seribu tahun.” Sebagai suguhan yang berkesan dan penuh perhatian, kopi dengan cepat menyebarkan pengaruhnya ke seluruh dunia.

Di sisi lain, penyebaran kopi di wilayah Ottoman juga berlangsung cepat namun terkadang menimbulkan permasalahan. Masuknya mereka ke Istanbul, ibu kotanya, hanya terjadi pada pertengahan abad ke-16 melalui lembaga gubernur jenderal Habesh, Özdemir Pasha. Pengenalan ini menimbulkan kehebohan di ibu kota Ottoman, dan kedai kopi pertama dibuka pada tahun 1554.

Kehadiran kafein dalam kopi, karena sifatnya yang menenangkan, telah menimbulkan banyak perdebatan di kalangan ulama Islam. Dengan tersebarnya kopi di wilayah Ottoman, khususnya di Istanbul, dan dibukanya kedai kopi di setiap lingkungan Istanbul pada masa pemerintahan Sultan Suleiman Agung, mufti agung saat itu, Ebussuud Efendi, mengeluarkan fatwa yang berbunyi: “Ini adalah minuman orang-orang sesat yang tidak mengenal perintah Allah.”

Oleh karena itu, beliau mengeluarkan larangan pertama atas nama agama, menyatakan haram.

Sejak itu dengan rasa yang begitu nikmat, kopi dikonsumsi secara sembunyi-sembunyi. Semakin banyak juga kedai kopi yang buka di seluruh Anatolia. Menjelang akhir abad ke-16, mufti besar lainnya pada masa itu, Bostanzade Mehmet Efendi , menyatakan: “Kopi bukanlah minuman yang memabukkan, melainkan bermanfaat bagi kesehatan dan kedai kopi tidak dilarang.”

Pasca deklarasi tersebut, masyarakat mulai bisa meneguk kopi dengan nyaman. Namun, karena campur tangan mufti agung yang sesekali terjadi, relaksasi ini tidak dapat terwujud sepenuhnya dan pada akhirnya, berbagai peristiwa terjadi.

Larangan konsumsi kopi yang paling lama dan pasti di tempat umum terjadi pada masa pemerintahan Sultan Ottoman Murad IV. Lantaran memperoleh fatwa tegas dari mufti agung saat itu, Ahizede Hüseyin Efendi, penguasa menutup semua kedai kopi dan kedai minuman di negara tersebut pada tahun 1633 dan menghukum mereka yang mengonsumsi minuman tersebut.

Perdagangan Kopi

Pada periode ini, seluruh kopi yang dikonsumsi di wilayah Ottoman didatangkan dari Yaman, yang lagi-lagi merupakan wilayah Ottoman. Karena produksi ini tidak cukup untuk memenuhi konsumsi masyarakat Ottoman, produksi kopi juga dimulai di tempat lain, seperti Thailand.

Meningkatnya konsumsi kopi di wilayah Ottoman dan penyebaran kopi di Eropa, di mana orang-orang Eropa belajar tentang kopi dari Turki, menyebabkan peningkatan produksi di seluruh dunia, sehingga berkontribusi terhadap perdagangan yang menguntungkan.

Sejak akhir abad ke-17 dan seterusnya, dengan partisipasi orang Eropa dalam konsumsi, produksi kopi dimulai di Suriname pada tahun 1718, Brasil pada tahun 1727, Jamaika pada tahun 1730, Kuba pada tahun 1748, Puerto Riko pada tahun 1755, Kosta Rika pada tahun 1779, Venezuela pada tahun 1784 dan Meksiko pada tahun 1790.

Produk perkebunan kopi di Timur Jauh dan Amerika Latin, yang harganya lebih murah dibandingkan kopi Yaman, mendominasi pasar.

Sebagai kopi termahal, “Kopi Luwak” diperoleh dari kotoran mamalia omnivora bernama “Paradoxurus” yang hidup di Sumatera dan pulau-pulau sekitarnya di Indonesia. Biji kopi mengalami fermentasi dengan enzim di perut hewan dan dikeluarkan utuh melalui kotoran hewan.

Seratus gram varietas kopi ini, yang hewannya diberi makan biji terbaik dari pohon kopi, dijual seharga $75.

Minuman Setan

Selanjutnya, mulai tahun 1615 dengan masuknya kopi yang dibawa oleh para pedagang Venesia, dunia Kristen memberlakukan larangan agama seperti halnya Ottoman. Kopi dianggap sebagai minuman "setan" dan Vatikan terkadang melakukan intervensi untuk mencegah konsumsinya.

Hanya saja, Paus Klemens VIII dan kemudian Paus Vinsensius III, menentang pembatasan kopi dan mengizinkan umat Kristiani untuk meminumnya.

Awalnya, kopi diselundupkan ke Eropa melalui Italia pada abad ke-17 oleh pedagang Venesia dan didistribusikan dari sana. Namun, orang-orang Eropa mulai mengenal kopi terutama setelah Pengepungan Kedua Wina.

Orang Eropa tidak cepat beradaptasi dengan kopi. Pertama, dokter melarang konsumsinya karena dianggap mengandung zat berbahaya. Para pemimpin agama dan gereja pun menyetujui pandangan tersebut.

Hadiah untuk Mata-Mata

Dalam majalah "Hürriyet-Tarih" edisi 1 Desember 2004, penulis Zeynep Dramali menggambarkan pemanfaatan penuh kopi oleh tentara Ottoman setelah kekalahan Pengepungan Kedua Wina sebagai berikut:

"Koltschitzky Polandia, yang mengembara sebagai seorang mata-mata di kamp Turki, menyebarkan berbagai rumor dan menjalin kontak dengan pasukan Kristen di luar Wina, menerima sekarung kopi sebagai hadiah atas jasanya."

“Koltschitzky membuka kedai kopi pertama di Wina yang diberi nama 'Botol Biru', dengan kopi Ottoman yang diberikan kepadanya, namun bisnisnya tidak bagus pada awalnya.

Masyarakat Wina tidak menyukai rasa kopi karena rasanya pahit dan warnanya tidak menarik. Koltschitzky membuat orang Austria menyukai minuman baru ini dengan menggunakan gula dan menyajikannya dengan croissant. Setelah kematiannya, patung dirinya didirikan dengan mengenakan pakaian Turki."

Cappucino Utsmaniyah

Keberhasilan bangsa Eropa dalam Pengepungan Kedua Wina sebagian besar disebabkan oleh khotbah pendeta Marco di Aviano.
Dia menganggap kopi terlalu keras dan pahit, jadi dia menambahkan susu dan gula. Untuk menghormati Marco di Aviano, yang dianggap sebagai penyelamat Wina, orang-orang Eropa mulai menyebut kopi ini dengan nama "capuchin", ordo yang berafiliasi dengan Marco, dan mereka mulai menyebutnya kopi susu dan berbusa manis sebagai "cappucino."

Seiring berjalannya waktu, kopi yang awalnya dikenal dan terkenal sebagai kopi Turki, perlahan-lahan mempertahankan dominasinya dalam berbagai rasa dan bentuk selama 300 tahun.

Saat ini, kopi, yang dianggap sebagai kebutuhan sosial yang diciptakan oleh dunia modern, mempunyai tempat yang dominan. Di antara penjual kopi terpenting adalah pembuat kopi Austria Julius Meinl, yang menyajikan kopi kepada 3.000 orang setiap hari di 30.000 perusahaan di 70 negara dan ratusan kota.

Porsi Turki

Dalam masyarakat Turki, menyajikan kopi kepada seseorang selalu bersifat seremonial. Dalam budaya rumah dan kafe Ottoman kuno, pemanggangan kopi (sangrai tunggal atau ganda) dan pembuatan bir memegang tempat yang penting.

Untuk dikonsumsi oleh penggila, kopi diseduh dengan api kecil selama 10-15 menit. Belakangan, minuman manis mulai disajikan sebelum atau sesudah kopi kental, dan praktik ini masih lazim hingga saat ini.

Selain kopi, minuman manis, hidangan Turki, dan suguhan istimewa juga tetap disajikan. Di beberapa daerah, aroma kopi diperkaya dengan penambahan cengkeh, amber dan melati. Khususnya di masyarakat Turki, ketika meminang seorang gadis, sudah menjadi tradisi bagi gadis rumah untuk menyiapkan dan menyajikan kopi untuk para tamu.

(mhy)
Miftah H. Yusufpati

No comments: