Kebangkitan Islam di Turkmenistan
Sementara, sembilan persen dari populasi adalah Ortodoks Timur dan dua persen sisanya diidentifikasi sebagai penganut agama lain. Meski negara dengan mayoritas Muslim, berdasarkan konstitusi negara, Turkmenistan adalah negara sekuler yang menjamin pemisahan agama dari negara dan politiknya.
Konstitusi juga memberikan kebebasan beragama dan hak individu untuk memilih agama mereka, mengekspresikan keyakinan agama mereka, dan berpartisipasi dalam perayaan dan upacara keagamaan. Selama sejarah Turkmenistan di bawah Uni Soviet (1925-1991), mempraktikkan Islam sangat dibatasi untuk penduduk Turkmenistan.
Sebagian besar masjid dan sekolah agama ditutup. Para pejabat Soviet membakar buku-buku berbahasa Arab dan tidak mengizinkan Muslim memegang jabatan politik.
Karena pembatasan, Islam sebagian besar dihapus dari kehidupan publik. Pada 1970-an, sebagian besar pembatasan praktik keagamaan agak dilonggarkan, namun batas-batasnya masih terasa dan terlihat.
Misalnya, bulan suci Ramadhan dan hari besar keagamaan lainnya diizinkan untuk dirayakan secara terbuka. Sementara beberapa masjid dibuka kembali, sekolah agama, sejumlah besar masjid, dan organisasi keagamaan masih dibatasi.
Pada tahun-tahun setelah pembubaran Uni Soviet, presiden pertama Turkmenistan, Saparmurat Niyazov, menggantikan propaganda Soviet dengan identitas Turkmenistan yang nasionalistik, yang memiliki beberapa nilai yang sama dengan Islam. Perayaan dan ritual keagamaan telah diizinkan berlangsung dan telah dijadikan hari libur umum di negara ini. Masjid juga dibuka kembali.
Menurut Undang-Undang Turkmenistan 1991 tentang Kebebasan Hati Nurani dan Organisasi Keagamaan, semua kelompok agama diharuskan mendaftar ke Kementerian Kehakiman. Proses pendaftarannya lama dan melelahkan. Kegiatan keagamaan yang tidak terdaftar menjadi pelanggaran berdasarkan Pasal 205 KUHP.
Selain itu, hanya organisasi keagamaan yang terdaftar yang dapat membawa buku-buku agama dari luar negeri. Hal ini praktis melarang impor buku-buku agama apa pun oleh seorang warga negara. Mufti, ulama Islam, ditunjuk oleh pemerintah, yang secara efektif memungkinkan Ashgabat untuk mengontrol narasi agama.
Turkmenistan telah berulang kali ditetapkan sebagai Negara Perhatian Khusus (CPC) oleh Departemen Luar Negeri AS sejak 2014 karena terlibat atau menoleransi pelanggaran berat kebebasan beragama. Pada 15 November 2021, Menteri Luar Negeri AS kembali menunjuk Turkmenistan sebagai BPK, tetapi juga sekali lagi melepaskan sanksi karena kepentingan nasional penting Amerika Serikat yang tidak ditentukan.
Islam masuk di pemerintahan
Presiden baru juga menandatangani dekrit pada 23 April, dengan tujuan mengampuni 514 tahanan untuk menghormati Gadyr gijesi yang suci (dikenal sebagai Laylatul Qadr dalam Islam). Pada 3 Mei, Serdar menyetujui proposal dari kepala lima wilayah negara untuk pembangunan masjid baru.
Dan kemudian Berdimuhamedov melakukan perjalanan luar negeri pertamanya ke luar negeri sebagai presiden, bepergian ke Arab Saudi dengan tujuan melakukan umroh ke Makkah pada 1 Juni. Semua isyarat ini dibuat dalam 74 hari pertama masa kepresidenannya.
Keponakan ayah Berdimuhamedov, mantan presiden Gurbanguly Berdimuhamedov, seperti Shamyrat Rejepov, dan lainnya (yang mengendalikan industri besar di negara itu) mulai membagikan postingan keagamaan di akun Instagram publik mereka secara teratur setelah Serdar mengambil alih kekuasaan.
Beberapa orang mengklaim meningkatnya inklusi agama oleh kelas politik berasal dari meningkatnya popularitas Islam di kalangan masyarakat Turkmenistan yang lebih luas dan Serdar menggunakannya untuk keuntungannya dengan menggunakan agama sebagai alat meningkatkan popularitasnya sendiri. Meskipun Turkmenistan telah mengidentifikasikan diri dengan Islam selama berabad-abad, praktik dan pertunjukan agama di depan umum tidak begitu terlihat, karena budaya Turkmenistan selalu menjadi perhatian utama.
https://thediplomat.com/2022/06/the-revival-of-islam-in-turkmenistan/
No comments:
Post a Comment