Perkakas Batu Zaman Purba Ditemukan di India

detail berita
(Foto: Popular-archaeology)
Para ilmuwan menyelidiki sebuah situs di Gurun Thar, bagian timur laut India. Mereka menemukan artefak batu yang menunjukkan adanya kemungkinan manusia modern sekira 95.000 tahun lalu.

Dilansir Stonepages, (17/7/2013), temuan artefak berupa perkakas yang terbuat dari batu ini telah dianalisis oleh peneliti. Temuan ini melahirkan dugaan bahwa manusia Afrika bergerak menuju ke Asia Selatan dan memunculkan pertanyaan yang lebih besar, spesies apakah makhluk hidup masa lampau tersebut?

Tim ilmuwan internasional yang dipimpin oleh peneliti James Blinkhorn dengan University of Bordeaux di Perancis menggali parit di lokasi bernama Katoati. Di situs tersebut, tim menemukan delapan strata sedimen.

Selain itu, tim arkeolog juga menemukan batu artefak yang dikumpulkan di sebagian besar lapisan. Temuan artefak ini membawa arkeolog ke masa 95.000 tahun silam. Hasil lain yang signifikan menunjukkan bahwa artefak melahirkan karakteristik yang sangat mirip dengan yang ditemukan di wilayah Arab dan Sahara.

Artefak Afrika pernah ditemukan dan dipercaya merupakan peninggalan era Zaman Batu Pertengahan (antara 280.000 hingga sekira 50.000 - 25.000 tahun lalu). Era tersebut menunjukkan jenis dan jangka waktu yang terkait dengan manusia modern serta Homo sapiens kuno.

Blinkhorn mengungkapkan bahwa kehadiran teknologi Palaeolitik Tengah di Gurun Thar India muncul sekira 60.000 tahun yang lalu. Peneliti juga meyakini teknologi atau produksi perkakas batu itu muncul karena kedatangan Homo sapiens di Asia Selatan. (fmh)

No comments: