Syaqran al-Maroko dan Perempuan Cantik

 

Allah Swt menolong yang wajah Syaqran berubah sangat buruk dalam sekejab menyebabkan perempuan cantik membenci

SYAQRAN adalah seorang ahli ibadah yang paling tampan pada zamannya. la guru Dzu Nun al-Mishri. Wafat di Mesir tahun 245 H.

Seorang perempuan cantik jatuh hati pada Syaqran. la dengan malu-malu mengungkapkan perasaannya kepada seorang nenek.

Nenek itu berkata dengan meyakinkan, “Aku akan menyatukan kalian berdua. Nenek itu mengungkapkan rencananya.

Kala itu Syaqran lewat di jalan tidak jauh dari rumah perempuan cantik itu. Perempuan itu segera menghampiri dan menyapanya, lalu berkata:

“Anak laki-lakiku sedang bepergian dan ia mengirim surat untukku. Saudara perempuannya sangat ingin mendengarkan isi surat itu. Sekiranya engkau mau singgah pada kami untuk membacakan suratnya di dekat pintu ini, sungguh engkau telah berbuat baik pada kami.”

Syaqran pun singgah, dan ia duduk di dekat pintu rumah itu. Perempuan itu berkata, “Silakan masuk saja, supaya engkau menutupi kami dari pandangan orang.

Ketika Syaqran masuk, perempuan itu segera mengunci pintu, menampakkan kecantikan wajahnya dan merapat di samping Syaqran.

Syaqran memalingkan wajahnya. Perempuan itu berkata, Aku sangat merindukanmu”.

“Di mana air, aku mau berwudhu dulu,” tukas Syaqran.

Perempuan itu membawakan air. Setelah berwudhu, Syaqran berdoa: “Ya Allah engkau telah ciptakan aku sesuai kehendak-Mu, dan sekarang aku sangat takut dengan fitnah ini. Aku mohon Engkau hindarkan keburukan perempuan itu dariku dan ubahlah paras muukaku.

Seketika wajah Syaqran berubah sangat buruk. Ketika meliriknya, perempuan itu membenci dan berteriak:   “Keluar! Keluar!!”

Syarqan langsung keluar dan memuji Allah yang telah menyelamatkan nya.  Dan baru saja ia keluar, Allah langsung mengubah wajahnya.* (Tuhfat al-Ahbâb wa Bughyat al-Thullâb, karya al-Sakhawî)

No comments: