Menapaki Jejak Baitul Maqdis dari Kisah Namrud dan Nabi Ibrahim

Raja Namru, para sejarawan berselisih pendapat tentang raja yang satu ini. Siapakah dia? Di manakah kerajaannya? Apa kaitannya dengan Baitul Maqdis?

MENURUT salah seorang periwayat hadits, Namrud adalah raja besar pada zamannya. “Raja-raja besar yang memerintah dari timur hingga barat di dunia ini ada empat. Dua beriman dan dua kafir. Dua raja yang beriman adalah Sulaiman bin Dawud dan Dzul Qarnain. Adapun dua raja yang tidak beriman adalah Namrud dan Nebukadnezar,” kata Mujahid.

Tentang di mana letak kerajaan Namrud, sebagian besar sejarawan meyakini bahwa Namrud adalah raja di Babilonia. Letaknya di antara Sungai Tigris dan Eufrat, atau di wilayah Mesopotamia, kira-kira berada di wilayah Irak pada masa sekarang.

Namun ada pula sejarawan yang berpendapat letak kerajaan Namrud di kaki Gunung Hermon, di Dataran Tinggi Golan bagian utara (sekarang berada di wilayah Israel). Lokasi ini memang strategis untuk mengawasi wilayah Syam (atau Levant dalam bahasa Prancis), yakni Suriah, Yordania, ‘Israel’, hingga Palestina.

Bahkan, menurut laporan Atlas Obscura, bekas benteng Raja Namrud masih berdiri sampai sekarang.  Lalu siapakah sosok Namrud?

Mahladi

No comments: