Pegunungan Makkah Menghijau, Tanda Kiamat?

 

Pegunungan di wilayah Mekkah Arab Saudi telah berubah warna menjadi hijau subur setelah hujan lebat yang turun di kerajaan Arab Saudi dalam beberapa pekan terakhir, kutip The New Arab.

Dalam video yang dibagikan di media sosial, wilayah pegunungan yang mengelilingi kota suci terlihat tertutup tanaman dan tumbuh-tumbuhan berwarna hijau, jauh dari sifat kering dan gersang sebagaimana biasanya.

Pemandangan pegunungan yang tidak biasa ini menarik perhatian akun Twitter resmi wilayah Mekkah, yang kemudian mengunggah video tersebut, mengumpulkan ribuan follower di media sosial.

Saudi Press Agency (SPA) membagikan rekaman video pegunungan ini. Dikatakan bahwa fenonema ini baru pertama kali dan belum pernah terjadi sebelumya. “Pegunungan Makkah Al-Mukarramah diselimuti warna hijau,” tulis SPA.

Royal Commission for the Makkah City and the Holy Sites (RCMC) melalui akun Twitter memberi pujian tentang keindahan Pegunungan Makkah Al-Mukarramah ini.

“Tuhan memperindah Mekkah dengan pegunungan, dataran, dan lembahnya; Yang membawa warisan sejarah, budaya dan wisata yang membuat kita menunjukkan kepada dunia keindahan Makkah Al-Mukarramah.”

Citra satelit Terra milik National Aeronautics and Space Administration Agency (NASA) berhasil merekam kondisi tak biasa kawasan gurun di beberapa wilayah Arab Saudi barat yang kini ‘hijau’.

Sejak Desember 2022, beberapa bagian Riyadh telah mengalami curah hujan (hujan, hujan es, dan salju akibat kondensasi uap air) dengan laju yang hampir konstan untuk periode yang lebih lama daripada tahun-tahun sebelumnya pada sudut yang tidak biasa melintasi Mesir dan utara.

Situasi tersebut mengakibatkan ketidakstabilan atmosfer yang berulang di Arab Saudi barat dan hujan lebat yang terus menerus dan tidak biasa menyebabkan daerah gurun di Makkah dan Madinah mulai berubah menjadi hijau.

Gambar yang menakjubkan juga ditangkap oleh satelit Sentinel-2 di bawah Program Copernicus, Uni Eropa (EU).

Warga Saudi menanggapi dengan gambar dan video mereka sendiri tentang tanaman hijau yang begitu mengesankan, dimana pemandangan seperti ini juga terjadi di daerah lain, termasuk wilayah Laith, Taif dan Jeddah.

Banyak yang mengungkapkan kekaguman mereka dan keinginan mereka untuk melestarikan alam baru ini. “Alhamdulillah dan terima kasih kepada Yang Mahakuasa bisa mengabadikan [tanaman hijau] sebagai berkah bagi kami,” kata salah satu pengguna Twitter.

Namun tak sedikit mengaitkannya dengan tanda-tanda hari kiaamat. “Masya Allah … Ini adalah tanda mendekatnya hari Qiyamah. Semoga Allah SWT melindungi kita semua. Ameen Ya Rabb Alamin 😭❤️ , ‘ kata @habib rasyid 🤲🏼☝🏼.

Banyak warganet mengaikan kondisi ini dengan sebuah hadis yang artinya, “Tidak akan tiba hari Kiamat hingga tanah Arab kembali hijau penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai.” ( HR Muslim ).*

Rep: Ahmad
Editor: -

No comments: