Menelusuri Warisan Ottoman di Bosnia-Herzegovina

 Jembatan batu yang dikenal sebagai Stara Cuprija atau Jembatan Batu Tua di Konjic, Bosnia-Herzegovina. Menelusuri Warisan Ottoman di Bosnia-Herzegovina

Jembatan batu yang dikenal sebagai Stara Cuprija atau Jembatan Batu Tua di Konjic, Bosnia-Herzegovina. Menelusuri Warisan Ottoman di Bosnia-Herzegovina

Foto: Daily Sabah/Ozge Sengelen
Sebuah jembatan batu menjadi pengingat jejak Ottoman di Bosnia-Herzegovina.
Konjic, sebuah desa kecil yang tidak berubah sejak periode Ottoman menyambut Anda dengan jembatan batu di atas Sungai Neretva. Dengan berjalan kaki, Anda dapat dengan cepat menjelajahi permukiman kecil ini, jembatan, dan sekitarnya.
Jembatan batu yang dikenal sebagai Stara Cuprija atau Jembatan Batu Tua, rusak selama Perang Dunia II. Belakangan, dengan pemugaran yang dilakukan sesuai dengan desain aslinya, jembatan itu terlihat seperti sekarang ini.

Selain jembatan, Anda juga dapat pergi sedikit lebih jauh ke selatan untuk mengunjungi bunker nuklir Tito di mana Anda dapat menemukan ‘D-0 ARK Underground’, tempat seni kontemporer. Melanjutkan ke selatan, Anda dapat mengalihkan perjalanan untuk mengunjungi Blagay Lodge, yang juga merupakan situs warisan Ottoman.

Situs ini menawarkan semua kondisi bagi orang-orang untuk bertemu dengan diri mereka sendiri. Blagay Tekkesi, juga dikenal sebagai "Alperenler Tekkesi," terletak di kota Blagay di Bosnia-Herzegovina, 15 kilometer dari Mostar – tekke adalah istilah untuk biara para darwis Islam.

Blagay Tekkesi terletak di tempat kelahiran Sungai Buna, anak sungai Neretva, yang juga lewat di bawah Jembatan Mostar. Tekke, yang dibangun di sebelah gua tempat mata air Sungai Buna, pada abad ke-15, juga memainkan peran yang sangat penting dalam konversi orang Bosnia ke Islam.

Dikatakan bahwa Evliya elebi, seorang penjelajah Ottoman abad ke-17, juga mengunjungi tekke ketika orang-orang tinggal di dalamnya dan menambahkan kekuatan spiritual ke wilayah itu selama bertahun-tahun. Hari ini, di tekke, yang dikunjungi ratusan wisatawan setiap tahun, asyura dimasak dan dibagikan dalam kuali besar selama bulan Asyura, hari raya Islam dengan manisan dengan nama yang sama.

Sebuah jembatan batu menjadi pengingat jejak Ottoman di Bosnia-Herzegovina.

Saat kita memasuki bulan Asyura sekarang, kemungkinan Asyura sudah mulai dimasak dan didistribusikan di Blagay. Pada saat yang sama, program khusus diadakan setiap tahun pada Jumat kedua bulan Mei dan pada malam tanggal 28 Mei untuk memperingati Sultan Ottoman Mehmed II.

Ada juga makam milik Sarı Saltuk dan eyh Açıkbaş di tekke kayu tiga lantai, yang terdiri dari ruang sholat, wisma, pemandian, dapur, halaman dalam dan ruang wudhu. Sementara para darwis melanjutkan hidup mereka di satu bagian pondok, mereka yang telah meninggal dimakamkan di bagian lain.

Tekke Blagaj adalah salah satu alasan terbaik untuk mengunjungi Bosnia-Herzegovina. Setelah mengunjungi tekke, Anda harus memperpanjang perjalanan setengah jam dan mampir ke desa Pocitelj, yang juga membawa jejak Kekaisaran Ottoman. Desa yang menampung bangunan bersejarah dari masa Kekaisaran Ottoman ini menyerupai pemukiman Anatolia. Itu juga ada dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Blagaj memiliki sebuah kastil yang dinamai berdasarkan desa, yang dibangun untuk tujuan pertahanan melawan Ottoman sebelum desa itu berada di bawah kekuasaan Ottoman. Ketika desa perbatasan diambil oleh Ottoman, kastilnya diperbesar, dan sebuah kota batu pertahanan dibangun di dekat kastil. 

Dari kastil, Anda dapat mengamati pemandangan Sungai Neretva yang menakjubkan dan desa yang terbuat dari struktur batu. Pocitelj mengalami kerusakan parah akibat perang yang melanda Bosnia antara 1992-1995 dan kemudian dibangun kembali. Desa menunggu mereka yang ingin menyaksikan jejak Kekaisaran Ottoman sekarang.

Faktanya, Bosnia-Herzegovina adalah negara suram yang masih membawa jejak masa lalu di pundaknya. Meskipun telah terkenal dengan Jembatan Mostar dan ibu kota Sarajevo, ada banyak tempat di mana Anda dapat mengikuti jejak masa lalu dan masih menunggu untuk ditemukan di negara ini. Bosnia-Herzegovina dijamin akan memukau pengunjung dengan struktur multikulturalnya, situs bersejarahnya, orang-orangnya yang ramah, dan alamnya yang rimbun.Rol

No comments: