Tiga Macam Nikmat Untuk Kaum Nabi Musa

 Maghaer Shuaib Tempat Nabi Musa Pernah Tinggal

Maghaer Shuaib Tempat Nabi Musa Pernah Tinggal

Foto: Arab News
Alquran menceritakan bahwa kaum Nabi Musa mendapat tiga macam nikmat.
Alquran menceritakan bahwa kaum Nabi Musa yaitu Bani Israil mendapat tiga macam nikmat dari Allah SWT. Namun, sebagaimana diketahui kisahnya, pada akhirnya Bani Israil malah berbuat kesesatan. Terkait tiga macam nikmat dari Allah SWT ini dijelaskan dalam Surah Taha Ayat 80 dan tafsirnya.

يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ قَدْ اَنْجَيْنٰكُمْ مِّنْ عَدُوِّكُمْ وَوٰعَدْنٰكُمْ جَانِبَ الطُّوْرِ الْاَيْمَنَ وَنَزَّلْنَا عَلَيْكُمُ الْمَنَّ وَالسَّلْوٰى

Wahai Bani Israil, sungguh Kami telah menyelamatkanmu dari musuhmu, mengadakan perjanjian denganmu (untuk bermunajat) di sebelah kanan gunung itu (gunung Sinai), dan menurunkan kepadamu manna dan salwa. (QS Taha: 80)

Ayat ini mengandung arti, Allah SWT mengingatkan betapa besar nikmat-Nya kepada Bani Israil, Allah berfirman, "Wahai Bani Israil! Sungguh, Kami telah menyelamatkan kamu dari musuhmu, yaitu Firaun dan tentaranya, dan Kami telah mengadakan perjanjian dengan kamu melalui Nabi Musa untuk bermunajat dan berada di tempat yang telah ditetapkan, yaitu di sebelah kanan gunung Sinai, dan Kami telah menurunkan kepada kamu mann dan salwa sebagai bahan makanan untuk kelangsungan hidupmu."

Ayat ini dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama menerangkan bahwa Allah telah mengaruniakan kepada Bani Israil tiga macam nikmat. Pertama, mereka diselamatkan-Nya dari kekejaman musuhnya yaitu Firaun dan kaumnya. Ketika Firaun menimpakan kepada Bani Israil siksaan yang seberat-beratnya, mereka menyembelih anak laki-laki, dan membiarkan hidup anak-anak perempuan, dan ketika Allah menenggelamkan Firaun dan tentaranya.

"Dan (ingatlah) ketika Kami menyelamatkan kamu dari (Firaun dan) pengikut-pengikut Firaun. Mereka menimpakan siksaan yang sangat berat kepadamu. Mereka menyembelih anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan pada yang demikian itu merupakan cobaan yang besar dari Tuhanmu. Dan (ingatlah) ketika Kami membelah laut untukmu, sehingga kamu dapat Kami selamatkan dan Kami tenggelamkan (Firaun dan) pengikut-pengikut Firaun, sedang kamu menyaksikan." (QS Al-Baqarah: 49-50).

Nikmat kedua, Musa berbicara langsung dengan Tuhannya di sebelah kanan gunung Sinai dan Allah menurunkan Taurat kepadanya yang merinci dengan jelas syariat-Nya.

Ketiga, mereka dianugerahi Mann yaitu makanan seperti madu, rasanya manis sekali, warnanya putih seperti es, dan Salwa yaitu burung sebangsa puyuh yang enak dagingnya, ketika mereka tersesat di padang luas. Makanan ini tersedia dari fajar sampai matahari terbit. Rol

No comments: