Identitas si Botak yang Bakal Merusak Kakbah Jelang Hari Kiamat

Inilah Identitas si Botak yang Bakal Merusak Kakbah Jelang Hari Kiamat
Kakbah akan dihancurkan menjelang kiamat. Pelakunya, Dzu as-Suwaiqatain. Foto/Ilustrasi: Ist
Kakbah akan dihancurkan menjelang kiamat . Ibnu Katsir dalam bukunya berjudul "Dahsyatnya Hari Kiamat" menyampaikan sejumlah hadis tentang perusakan Kakbah tersebut yang dilakukan oleh Dzu as-Suwaiqatain.

Kelak, pada akhir zaman akan muncul angin lembut yang mencabut nyawa setiap manusia yang masih memiliki keimanan meski hanya seberat biji sawi. Setelah peristiwa itu tidak ada lagi yang tersisa di muka bumi ini selain orang kafir dan manusia-manusia jahat yang tidak lagi menyebut nama Allah.

Saat itu Baitullah sudah tidak ada yang merawatnya dan tidak seorangpun yang menjadikannya sebagai tempat beribadah. Hingga suatu hari, datanglah seorang laki-laki botak dari Habasyah yang bernama Dzu Suwaiqatain.

Ia menghancurkan Kakbah, merusak perhiasannya, melepas kiswahnya dan mencopoti batunya satu persatu dengan sekop dan cangkul. Setelah penghancuran itu, Baitullah tidak akan pernah dimakmurkan lagi untuk selama-lamanya.

Rasulullah SAW juga bersabda: “Akan dibaiat seorang pria di lokasi antara Rukun (Yamani) dan Maqam (Ibrahim). Baitullah ini tidak akan dinodai kesuciannya kecuali oleh penduduknya sendiri. Jika penduduknya telah dinodai kesuciannya, maka tidak perlu ditanya lagi tentang kehancuran bangsa Arab. Kemudian akan datang orang-orang Habasyah (Ethiopia) menghancurkannya, dimana tidak akan ada lagi yang membangunnya sesudah itu. Merekalah orang-orang yang akan mengeluarkan harta yang tersimpan di dalam Ka’bah.” (HR Ahmad)

Rasulullah SAW bersabda:

يُخَرِّبُ الْكَعْبَةَ ذُو السُّوَيْقَتَيْنِ مِنَ الْحَبَشَةِ، وَيَسْلُبُهَا حِلْيَتَهَا، وَيُجَرِّدُهَا مِنْ كُسْوَتِهَا، وَلَكَأَنِّى أَنْظُرُ إِلَيْهِ أُصَيْلِعَ أُفَيْدِعَ يَضْرِبُ عَلَيْهَا بِمِسْحَاتِهِ وَمِعْوَلِهِ.

“Kakbah dihancurkan oleh Dzu as-Suwaiqatain dari Habasyah (Ethiopia), perhiasannya dirampas, dan lepaskan kain penutupnya. Seakan-akan aku melihat kepalanya botak dan bengkok tulang-tulang persendiannya. Ia menghantam Ka'bah dengan cangkul dan sekopnya.” (HR Imam Ahmad)

Sebagaimana juga telah ditegaskan dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam bersabda:

يُخَرِّبُ الْكَعْبَةَ ذُو السُّوَيْقَتَيْنِ مِنَ الْحَبَشَةِ

“Kakbah itu akan dihancurkan oleh Dzus-Suwaiqatain dari Habasyah atau Ethiopia.” (HR Bukhari dan Muslim).

Rasulullah SAW bersabda: “Biarkanlah orang orang Habasyah (Ethiopia) sebagaimana mereka membiarkan kalian. Sesungguhnya, hanya Dzu as Suwaiqatain dari Habasyah yang akan mengeluarkan harta simpanan Kakbah'.” (HR Abu Dawud)

Nabi Muhammad SAW bersabda: 'Seakan akan aku lihat ia hitam dan berkaki bengkok sedang merobohkan Kakbah satu demi satu balok batunya'.” (HR Ahmad)

Selanjunya Imam Ahmad juga meriwayatkan dari Jabir bahwa Umar bin Khattab mengabarkan kepadanya dirinya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Penduduk Mekkah akan keluar lalu hanya sedikit yang bisa melewatinya atau menyeberanginya kemudian tempat itu penuh dan mulai dibangun. Setelah itu, mereka keluar dari sana tanpa kembali untuk selama lamanya'.” (HR Ahmad)

(mhy)Miftah H. Yusufpati

No comments: