Arab Pegon, Huruf Nusantara yang Hampir Musnah

 Arab Pegon Nusantara

Sejarah penulisan Arab Pegon (Arab Jawi) di Nusantara sudah ada sejak tahun 1300 M, seiring masuknya Islam menggantikan animisme, Hindu dan Budha, kini masih digunakan di pesantren bahkan di Tanah Melayu

DI NUSANTARA, banyak ditemukan berbagai karya ulama terdahulu dalam berbagai bidang. Contohnya seperti Suluk Sunan Bonang (Head Book Van Bonang) yang dipercaya sebagai karya Sunan Bonang, Hikayat Hang Tuah, Hikayat Raja-Raja Pasai, Risalah Tasawuf Hamzah Fansuri, karya Kiai Rifai Kalisasak, karya Kiai Shaleh Darat, dan lain-lain.

Uniknya, karya-karya ulama Nusantara tersebut kebanyakan ditulis dengan aksara Arab Pegon, baik karya asli atau terjemahan dari kitab-kitab yang berliteratur Arab. Huruf Pegon berasal dari lafal Jawa pego, yang mempunyai arti menyimpang.

Hal ini dikarenakan memang huruf Pegon ini menyimpang dari literatur Arab dan juga menyimpang dari literatur Jawa. Arab Pegon ini disebut pula Arab Pego atau Arab Jawi, yaitu, tulisan yang menggunakan huruf Arab atau huruf hijaiyah, akan tetapi dalam praktik bahasanya menggunakan bahasa Jawa atau bahasa daerah lainnya yang sesuai dengan selera orang yang ingin menggunakannya.

Di pesantren-pesantren Salafiyah di Jawa sudah mentradisi pengunaan huruf Arab Pegon ini dalam memahami teks-teks Arab dan kitab kuning. Akan tetapi, untuk kalangan yang lebih luas, huruf Arab Pegon dikenal dengan istilah huruf Arab Melayu karena ternyata huruf Arab berbahasa Indonesia ini telah digunakan secara luas di kawasan Melayu mulai dari Terengganu (Malaysia), Aceh, Riau, Sumatera, Jawa (Indonesia), Brunei, hingga Thailand bagian Selatan.

Maka tidak mengherankan, jika kita membeli produk-produk makanan di kawasan dunia Melayu (Malaysia, Thailand Selatan, Brunei, dan beberapa wilayah di Indonesia) dapat dipastikan terdapat tulisan Arab Pegon dalam kemasannya walaupun dengan bahasa yang berbeda. Bahasa tersebut disesuaikan dengan tempat atau negara yang mengeluarkan produk-produk tersebut.

Huruf Arab Pegon ini mempunyai keunikan tersendiri. Jika dilihat dari kejauhan, tulisannya seperti tulisan Arab pada biasanya. Namun, kalau dicermati sebenarnya, susunannya atau rangkaian huruf-hurufnya bukan susunan bahasa Arab.

Orang Arab asli tidak akan bisa membaca tulisan Arab Pegon. Seandainya mereka bisa membacanya, niscaya tidak sejelas dengan bacaan orang Jawa atau Melayu asli.

Membedakan huruf Arab Pegon dangan Arab asli sangat mudah. Penulisan Arab Pegon menggunakan semua aksara Arab Hijaiyah, dilengkapi dengan konsonan abjad Indonesia yang ditulis dengan aksara Arab yang telah dimodifikasi.

Modifikasi huruf Arab ini dikenal sebagai huruf jati Arab Melayu, berwujud aksara Arab serapan yang tak lazim. Misalnya untuk konsonan ‘p’, diambil huruf fa’ dengan tiga titik di atasnya dan sebagainya. Selain itu, huruf Arab Pegon meniadakan syakal (tanda baca) layaknya huruf Arab gundul.

Kepedulian Pemerintah

Sejarah penulisan Arab Pegon di Nusantara diperkirakan ada sejak tahun 1300 M/1400 M seiring dengan masuknya agama Islam menggantikan kepercayaan Animisme, Hindu, Budha. Mengenai siapa yang menemukan huruf Arab Pegon ada beberapa pendapat. Menurut suatu catatan, ia digagas oleh RM. Rahmat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunan Ampel di Pesantren Ampel Dentha Surabaya.

Sedangkan menurut pendapat lain, penggagas huruf Arab Pegon adalah Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati Cirebon. Ada juga yang mengatakan bahwa huruf Arab Pegon ini ditemukan oleh Imam Nawawi Al-Bantani. Ada juga yang berpendapat sudah ada sebelum tokoh-tokoh tersebut.

Sayangnya, huruf Arab Pegon kini tak lagi dikenal di masyarakat secara luas. Padahal menurut sejarahnya, huruf Arab Pegon ini telah digunakan secara luas oleh para mubaligh, sastrawan, pedaganag hingga politikus di kawasan dunia Melayu.

Pergeseran huruf Arab Pegon menjadi huruf Latin dan  Rumawi dimuali saat Kemal Attaturk menggulingkan kekuasaan khalifah Ustmani terakhir, Sutan Hamid II pada tahun 1024. Kemal memerintahkan mengganti tulisan Arab dengan Latin dan Rumawi, sehingga dunia Melayu juga banyak mengikutinya.

Peran penjajah juga mempunyai pengaruh dalam menggrogoti berkurangnya pemahaman tentang huruf Arab Pegon. Dalam menjalankan pemerintahannya, penjajah menggunakan huruf Latin dalam urusan negara dan kemasyarakatan. Ini yang mengakibatkan huruf Arab Pegon terisolir di dunia pesantren.

Namun pihak pesantern tidak tinggal diam. Untuk mempertahankan huruf tersebut, para ulama mengeluarkan fatwa yang menolak menggunakan produk-produk penjajah, termasuk tulisan mereka. Mereka  menggunakan Pegon sebagai simbol perlawanan, juga sebagai bahasa sandi untuk mengelabuhi penjajah pada saat berkomunikasi dengan sesama anggota pesantren dan juga beberapa pahlawan Nasional yang berasal dari golongan santri.

Huruf Pegon semakin tersingkir dengan adanya kongres bahasa yang diadakan di Singapura pada tahuun 1950 yang memperkuat kedudukan huruf  Latin dan Rumawi. Salah satu keputusan dalam kongres tersebut menghasilkan pembentukan dewan Bahasa dan Pustaka Malaysia yang mempelopori penggunaan abjad Latin. Saat itu hampir semua penerbit Koran, majalah, buku terpaksa mengganti huruf Arab Pegon dengan huruf Latin.

Namun kini kesadaran untuk menghidupkan kembali bahasa Arab Pegon mulai muncul kembali. Banyak pihak yang berharap penggunaan huruf tersebut dijadikan sebagai bahan kajian yang serius. Diantara yang melakukanknya itu adalah  lasika Media Malaysia yang menggait Pusat Pengajian Bidang Terpadu (CIAS), Universitas Kyoto Jepang untuk menerbitkan kembali sebuah majalah dengan menggunakan bahasa Arab Pegon.

Ini memang penting dilakukan agar masyarakat Melayu tidak kehilangan akar bahasanya yang bernuansa Islam. Banyak sekali ilmu-ilmu ulama terdahulu yang bertuliskan Arab Pegon. Untuk memahami karya tersebut tentunya harus memahami bahasa Arab Pegon.

Semoga pihak pengambil kebijakan di negara-negara Melayu memperhatikan masalah ini dengan serius supaya huruf Arab Pegon tidak hilang ditelan bumi.*/Bahrul Ulum

Rep: Admin Hidcom
Editor: -

No comments: