Tirmiz, Kota Kelahiran Imam At-Tirmidzi

Di era Dinasti Abbasiyah dan Samanid, kota ini menghasilkan sarjana terkenal seperti perawi hadits Imam Al-Tirmidzi
Di era Dinasti Abbasiyah dan Samanid, kota Tirmiz banyak menghasilkan ulama terkenal, salah satunya perawi hadits Imam At-Tirmidzi

KOTA kuno ini hanyalah salah satu lokasi di Jalur Sutra yang legendaris. Dari sini karavan unta mengikuti di padang pasir sering sampai tujuh hari untuk sampai ke Kota Termez (Tirmiz).

Namun saat ini, dimungkinkan untuk mengatasi jarak dengan menaiki kereta api hanya dalam beberapa jam. Kota yang dikenal jantu agama Budha di Asia Tengah ini kaya akan berbagai gerai ritel, toko-toko yang mempesona dan juga bazar besar dengan aroma rempah-rempah, kain yang indah dan masakan yang paling lezat.

Menurut legenda, pendiri Termez adalah raja pertama Baktria – Zoroaster. Nama pertama Termez, di mana ia memasuki sejarah dunia, adalah Taramastha atau Taramata, yang diterjemahkan ke Baktria adalah “sungai.”

Pada zaman dahulu ada penyeberangan penting di sungai Amu Darya. Tanggal berdirinya kota Old Termez, terletak beberapa kilometer sebelah timur kota modern tidak diketahui. Bahkan Achaemenid Iran memenangkan kursi ini di abad VI SM, sudah disebut kota kuno Termez.

Letaknya yang strategis menjadikan Termez sebagai pusat politik, militer, dan ekonomi orde pertama, di persimpangan jaringan komersial antarbenua yang terintegrasi di Jalur Sutra yang menghubungkan Samarkand dan stepa Eurasia dengan Kabul dan anak benua India, serta seperti Mediterania dan Timur Tengah dengan Kashgar dan China.

Di era Kekaisaran Kushan di sekitar Termez mulai dibangun kompleks biara Buddha Kara Tepe (Bukit Hitam). Kompleks ini terletak di tiga puncak bukit tanah liat yang landai dan terdiri dari sejumlah besar biara, masing-masing ditujukan untuk 3-5 Biksu.

Ada area persegi di tengah yang akan dibangun untuk rumah peninggalan. Biara itu dikelilingi oleh tembok berpagar dan bangunan luar.

Dekorasi vihara terdiri dari plesteran merah putih, lukisan hias, lukisan pemandangan dan patung. Semua ini datang kepada kami hanya dalam potongan-potongan kecil. Di dalam gua-gua tersebut ditemukan ruangan-ruangan berdinding yang dapat berfungsi sebagai tempat pemakaman. Tetapi kepada siapa dan kapan – tidak diketahui. Para arkeolog membuktikan bahwa beberapa ruang masih belum terdeteksi oleh para ahli.

Saat ini kompleks Buddha Kara Tepe terletak di tepi Sungai Amu-Darya di perbatasan Uzbekistan dan Afghanistan.

Kegemilangan Islam

Pada 705 kota ini ditaklukkan oleh Kekhalifahan Umayyah. Di era Dinasti Abbasiyah dan Samanid, kota ini menghasilkan sarjana terkenal seperti perawi hadits Imam Al-Tirmidzi.

Ketika Termez melewati tangan kerajaan Ghaznavid, Seljuk, Karakhanid, dan Khorezmshah dari abad ke-9 hingga ke-13, ia menikmati keunggulan sebagai pusat budaya dan perdagangan, dan memiliki tembok benteng yang membentang sepanjang 16 kilometer (10 mil), dengan sembilan gerbang.

Pada 1220 setelah pengepungan dua hari, kota itu dihancurkan oleh pasukan Jenghis Khan. Menurut satu catatan, “semua orang, baik pria maupun wanita, diusir ke dataran, dan semua dibunuh.

Ibnu Batutah menemukan kota yang direkonstruksi pada awal abad ke-14. Saat itu, gedung-gedung bagus dan dilalui oleh kanal-kanal. Kota yang berlimpah dalam anggur dan quince dari rasa yang indah, serta dalam daging-daging dan susu, kata Ibnu Battuta (1325–1354).

Termez yang dipulihkan oleh Kekaisaran Timurid Tamerlane, yang memegang wilayah itu sampai dianeksasi oleh Keamiran Bukhara abad ke-16. Pada paruh kedua abad ke-18 kota itu kembali ditinggalkan, dan reruntuhan Termez yang dibangun kembali diletakkan di luar desa terdekat Salavat dan Pattakesar (Pattagissar).

Pada Januari 1893, Bukhara memberikan tanah desa Pattakesar kepada Kekaisaran Rusia untuk membangun benteng, garnisun, dan pelabuhan sungai di perbatasan. Pada tahun 1928 sebagai bagian dari Uni Soviet, Pattakesar berganti nama dan mengambil nama kuno Kota Termez.

Selama tahun-tahun pemerintahan Soviet, industri dibangun dan Institut Pedagogis dan teater dibuka. Setelah Perang Dunia Kedua, Divisi Senapan Motor ke-108, bekas Divisi Senapan ke-360, bermarkas di kota ini.

Selama Perang Soviet–Afghanistan (1979–1989), Termez adalah pangkalan militer yang penting; lebih dari 100.000 tentara Soviet berbasis di sana. Sebuah lapangan terbang militer dan Jembatan Persahabatan Afghanistan-Uzbekistan, sebuah jembatan gabungan dibangun di atas Amu Darya.

Uzbekistan Merdeka

Pada tahun 1992 Institut Pedagogis ditingkatkan menjadi Universitas Negeri Termez. Pada tahun 2001, Jerman mulai mengoperasikan pangkalan di Termez.

Lapangan terbang militer adalah basis dukungan utama bagi pasukan Jerman dan Belanda yang beroperasi dengan ISAF untuk transit barang ke Afghanistan. Pada Juli 2009, diputuskan untuk mendirikan “persimpangan kereta api regional Termez” yang akan menjadi salah satu tempat utama dalam rencana transit pasokan NATO yang tidak mematikan ke Afghanistan.

Pada Juni 2015, Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif, mengumumkan pembangunan Jalan Raya Gwadar–Termez, yang akan menghubungkan Uzbekistan melalui jaringan jalan ke Laut Arab di Pelabuhan Gwadar di Pakistan.

Imam At Tarmizi

Kota Tirmiz di Uzbekistan terletak di tepi utara Sungai Jaihun. Dikenal dengan banyak melahirkan tokoh yang memberikan kontribusi besar bagi Islam.

Di antara yang paling terkenal adalah Imam Abu Isa at-Tirmidzi. Nama lengkapnya adalah Muhammad ibn Isa ibn Saurah ibn Musa ibn ad-Dhahhak at-Tirmidzi, lahir di kota Tirmiz pada tahun 209H.

Ia dibesarkan di kota Termez dengan didikan keluarganya dan pendidikan guru-gurunya sebelum memulai perjalanan mencari ilmu pada usia sekitar 30 tahun. Untuk menuntut ilmu, beliau melakukan perjalanan jauh ke Khurasan, Bukhara, Ray, Basrah, Kufah, Wasit, Bagdad, Makkah dan Madinah.

Imam Tirmidzi/At-Tirmidzi, ejaan alternatif At-Turmudzi) adalah seorang ahli hadits. Beliau pernah belajar hadits dari Imam Bukhari.

Imam At Tirmizi meninggal pada malam Senin 13 Rajab 279H di Tirmiz pada usia 70 tahun

Beliau menyusun kitab Sunan at-Tirmidzi dan Al-Ilal. Beliau mengatakan bahwa ia sudah pernah menunjukkan kitab Sunannya kepada ulama-ulama Hijaz, Iraq, dan Khurasan, dan mereka semuanya setuju dengan isi kitab itu. Karyanya yang mashyur yaitu Kitab Al-Jami’ yang merupakan salah satu dari Kutubus Sittah (enam kitab pokok bidang hadits) dan ensiklopedia hadits terkenal.

Kitab Al Jami’ selesai pada 270H. Judul aslinya cukup panjang yaitu: al-Jami’ al-Mukhtasar min Sunan Rasulillah wa Ma’rifat as-Sahih wa al-Ma’lul wama’ Alaihi al-‘Amal.

Al-Hafiz Abu Ismail al-Harawi al-Ansari berkata: “Bagi saya kitab Abu Isa at-Tirmizi lebih bermanfaat daripada kitab al-Bukhari dan Muslim karena keduanya tidak dapat digunakan kecuali oleh orang yang benar-benar ahli dan ahli. tinggi ilmunya, sedangkan kitabnya diceramahi dan dijelaskan haditsnya, sehingga dapat digunakan oleh semua fuqaha dan ahli hadits.”

Hadits yang tercatat di dalamnya berjumlah sekitar 4.215 hadits diriwayatkan dari 221 syekh. Ada banyak ulama yang membaca Sunan at-Tirmizi. Syarahnya Melayu terbesar dikarang oleh Syekh Muhammad Idris al-Marbawi dengan judul: Bahr al-Mazi.

Imam At Tirmizi meninggal pada malam Senin 13 Rajab 279H di Tirmiz pada usia 70 tahun. Namun buku Syeikh Mesir Abdulfattoh Baraka, At-Tirmizi berumur panjang dan meninggal pada usia 115 tahun di Termez pada tahun 932.

Beliau dimakamkan di benteng abad pertengahan Termez. Seiring waktu, di atas kuburan didirikan sebuah makam yang menjadi tempat ziarah yang populer.

Pada akhir 50-an abad XX dilakukan pekerjaan restorasi dan penelitian terperinci, dan pada tahun 80-an dekorasi makam utama dipulihkan. Pada tahun 1990, UNESCO merayakan ulang tahun ke-1000 Imam At Tirmidzi dan terbatas pada rekonstruksi objek ini.*

Rep: Ahmad
Editor: -

No comments: