Sosok Al-Jahiz

 Ilmuwan Muslim.

Ilmuwan Muslim.

Foto: Metaexistence.org
Al-Jahiz, seorang teolog dan cendekiawan Muslim yang produktif menulis.
Ketika Eropa hanya setinggi lutut di Abad Pertengahan, kemajuan ilmiah yang penting sedang dibuat di dunia Arab. Al-Jahiz, seorang teolog dan cendekiawan Muslim, termasuk di antara para intelektual yang gagasan dan penemuannya berabad-abad lebih maju dari zamannya.

Abū Utsman Amr ibn Baḥr al-Kinānī al-Baṣrī, yang populer disebut sebagai Al-Jahiz, lahir pada 776 di Basra, Irak. Dia adalah seorang sarjana, penulis, ahli zoologi, dan teolog, contoh sempurna bagaimana ilmuwan Arab mencari kebenaran di alam.

Meskipun kita tidak tahu banyak tentang kehidupan awalnya, diakui bahwa ia tidak dilahirkan dalam keluarga istimewa, tetapi diterima di kalangan sosial dan akademis dengan kecerdasan dan ide-idenya.

Al Jahiz secara luas dipuji karena menjadi seorang pemikir yang produktif dan penulis yang lucu dan menghibur, berhasil menghidupi dirinya sendiri tanpa mengambil posisi di pengadilan. Sebaliknya, al-Jahiz mencari nafkah dengan menulis 200 buku sepanjang hidupnya. Sejauh ini, para ahli hanya dapat memulihkan 30 publikasinya.

Di antara karya-karyanya yang paling terkenal adalah Kitāb al-ḥayawān (Kitab Hewan) perintis, tidak diragukan lagi karya al-Jahiz yang paling terkenal. Ini terdiri dari tujuh volume yang diisi dengan detail tentang perilaku dan habitat hewan.

  Ini sangat progresif karena ditulis pada abad kesembilan dan menampilkan ide-ide modern tentang rantai makanan dan evolusi, biologi, dan keberadaan homoseksualitas di alam. Namun, "The Book of Animals" jauh lebih dari sekadar perjanjian ensiklopedis. Ini juga sangat puitis, dan meskipun ilmiah, masih menghormati ide-ide dan teologi Islam.

Al-Jahiz menulis bahwa "Hewan terlibat dalam perjuangan untuk eksistensi; untuk sumber daya, untuk menghindari dimakan dan berkembang biak." Dan dia juga memandang bahwa "Faktor lingkungan mempengaruhi organisme untuk mengembangkan karakteristik baru untuk memastikan kelangsungan hidup, sehingga berubah menjadi spesies baru. Hewan yang bertahan hidup untuk berkembang biak dapat mewariskan karakteristik sukses mereka kepada keturunannya."

Deskripsinya tentang apa yang kemudian didefinisikan sebagai seleksi alam sangat jelas dan menunjukkan pemahamannya yang berkembang tentang bagaimana hewan berevolusi dan berkembang. Al-Jahiz cukup berpikiran maju untuk menulis bahwa alam selalu berubah. Satu milenium kemudian, Charles Darwin menyajikan informasi serupa dan dirayakan sebagai pemimpin dan pelopor gerakan evolusioner. 

Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa abad kesembilan Afro-Irak dengan akar Ethiopia telah membahas dan menerbitkan buku-buku tentang ide-ide tersebut. Ketika membaca karya Al-Jahiz, mudah untuk melupakan bahwa dia hidup 1.200 tahun yang lalu, terutama karena dunia Barat membutuhkan beberapa abad lagi untuk keluar dari genggaman erat Gereja dan mulai menjelajahi dunia ilmiah dalam kapasitas apa pun.

"The Book of Animals" ditulis untuk membantu pembaca menemukan pelipur lara di lingkungan dan kepercayaan mereka. Namun, ini juga jauh lebih dari sekadar buku tentang binatang, dan sulit untuk melebih-lebihkan seberapa berirama dan puitis prosa tertulisnya.

"Buku itu diam selama Anda membutuhkan keheningan, fasih kapan pun Anda ingin wacana. Dia adalah teman yang tidak pernah menipu atau menyanjungmu, dan dia adalah teman yang tidak bosan denganmu," kata al-Jahiz merenung.

Belas kasih dan kesabaran yang diperlihatkan dalam sentimen-sentimen ini menunjukkan apa yang dia harapkan untuk dicapai melalui pekerjaannya; mendidik dan menginspirasi orang-orang di sekitarnya untuk hidup selaras dengan alam. 

Al-Jahiz menggunakan genre tulisan 'Adab' (Sastra), yang ia kembangkan secara instrumental. Itu diisi dengan anekdot eksplisit dan lelucon provokatif. Lucu, memalukan, dan erotis, tetapi tidak pernah menyimpang dari nilai-nilai Islam yang dianutnya. Kegembiraan yang dia jalin ke dalam karyanya menyegarkan dan menggambarkan budaya Arab yang kaya yang tidak disadari oleh banyak orang luar.

Sayangnya, sebagian besar hewan yang didokumentasikan dalam karya ini telah terancam punah. Gambar dua dimensinya yang berwarna-warni adalah portal ke dunia kelimpahan alam. Gambar-gambarnya, meskipun tidak terlalu realistis, adalah contoh yang sangat baik dari gaya artistik saat itu. Untungnya, berkat klasifikasi dan kaligrafinya yang sempurna, yang mengacu pada nama hewan, pembaca tidak perlu menebak-nebak apakah mereka sedang melihat salamander atau buaya.

Pada abad ke-18 dan ke-19, naturalis Jerman Alexander Von Humboldt berbicara tentang subjektivitas alam. Dia adalah pelopor untuk era ilmiah holistik baru di Eropa dan Amerika Serikat dan dianggap sebagai mentor dan inspirasi Darwin. Al-Jahiz mencerminkan beberapa sentimen Humboldt dengan menjalin keterampilan menulis kreatif dengan pengamatan futuristiknya tentang dunia alam.

Sepanjang kehidupan profesionalnya, Al-Jahiz adalah seorang Muslim yang taat, dan karyanya secara konsisten bernuansa religius. Nilai-nilai Islam dan kemajuan ilmiah dapat hidup berdampingan dan bahkan berkembang karena Al-Qur'an menganjurkan pencarian dan perolehan pengetahuan secara eksplisit. Pola pikir ini tidak konsisten dalam komunitas Eropa pada saat itu.

Selain sebagai ilmuwan dan sastrawan, al-Jahiz juga bersemangat tentang asal-usulnya. Akar Afrika Timurnya mendorongnya untuk menyelidiki sejarah kegelapannya dengan harapan mengajar orang Afrika Hitam lainnya tentang peran penting yang dimainkan nenek moyang mereka dalam pengembangan peradaban.

"Book of the Glory of the Black Race”"-nya adalah catatan bagus tentang upaya sejarah orang-orang Afrika. Dia menyebut orang Afrika Hitam sebagai "pria asli" dan bagaimana dia dapat ditemukan di seluruh dunia.

"Orang Etiopia, Berber, Koptik, Nubia, Zaghawa, Moor, orang-orang Sind, Hindu, Qamar, Dabila, Cina, dan yang di luar mereka, pulau-pulau di lautan penuh dengan orang kulit hitam, hingga Hindustan dan Cina," demikian kata Al-Jahiz.

Sejarah dan budaya Islam dan Timur Tengah kuno tidak mendapat pengakuan yang layak mereka terima. Fakta bahwa prestasi al-Jahiz merupakan pionir dalam sastra, sains, dan kebanggaan rasial, telah sepenuhnya diabaikan di ruang kelas dan buku pelajaran selama berabad-abad. 

Kemudian dialihkan dengan para sarjana Eropa ratusan tahun kemudian, yang menunjukkan kehadiran Eurosentrisme yang melekat dalam sistem pendidikan Barat. Mungkin, jika orang diajari lebih banyak tentang budaya Arab dan Islam, akan ada lebih sedikit islamofobia dan lebih banyak minat, kasih sayang, dan penghargaan. 

Al-Jahiz wafat pada tahun 868, setelah melewati kehidupan yang penuh inspirasi bagi orang lain. Dia telah menemukan rahasia alam, dan membuat pembaca tertawa terbahak-bahak ketika mereka membaca tulisan kasar "sastra"-nya. Dia adalah pemikir revolusioner dengan hasrat dan cinta untuk Bumi dan semua makhluk di dalamnya.

Rol

No comments: