Fatima Sheikh, Guru Muslimah Pertama di India yang Dilupakan

 Ilustrasi Muslimah. Fatima Sheikh, Guru Muslimah Pertama di India yang Dilupakan.

Ilustrasi Muslimah. Fatima Sheikh, Guru Muslimah Pertama di India yang Dilupakan.

Foto: Pixabay
Fatima mengajar di sekolah khusus perempuan pada tahun 1840-an.
Pada 9 Januari lalu, Google menghormati Fatima Sheikh, seorang reformis dan pendidik dengan sebuah doodle di berandanya pada ulang tahun kelahirannya yang ke-191. Tokoh ini dikenang secara luas sebagai guru wanita Muslim pertama di India. 

Dilansir dari Turkish Radio and Television (TRT World), Selasa (11/1/2022), Fatima mengajar di sekolah khusus perempuan pada tahun 1840-an. Ia tetap melakukan kegiatannya itu meskipun ditentang keras oleh kaum feodal dan konservatif yang mengikuti sistem kasta yang kaku. Ditambah lagi, saat itu adalah masa ketika hanya orang-orang istimewa yang memiliki akses ke sekolah.

Tetapi jasanya sebagian besar telah dilupakan masyarakat kini, bahkan ada perdebatan seputar tanggal pasti kelahirannya. Orang-orang kembali tertarik pada kisahnya di tengah kekhawatiran pemerintah nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi secara sistematis merongrong minoritas, terutama Muslim.

“Kami tidak melihat partisi atau peristiwa yang mengarah ke sana dengan tingkat netralitas apa pun. Saya pikir ada keinginan untuk menjelekkan (Muhammad Ali) Jinnah dan apa yang terjadi dalam 25 tahun sebelum 1947,” kata Kepala Amnesty International India Aakar Patel kepada TRT World.

“Karena itu, ada keengganan untuk mencoba dan memahami seperti apa kehidupan Muslim sebelum pemisahan," tambahnya.

India dan Pakistan mendeklarasikan kemerdekaan dari kekuasaan Inggris pada Agustus 1947. Jinnah membayangkan Pakistan sebagai negara yang sebagian besar penduduknya Muslim. Sementara jutaan Muslim bermigrasi ke Pakistan, banyak yang tetap tinggal dengan harapan membuat masa depan di India sekuler. Saat ini, lebih dari 14 persen dari 1,2 miliar penduduk India adalah Muslim.

Para ahli mengatakan para pemimpin nasionalis Hindu berusaha menghapus kontribusi minoritas, terutama Muslim seperti Fatima Sheikh, dari sejarah India. "Muslim telah terpinggirkan dengan cara yang hanya sebagian termasuk menghapus mereka dari buku-buku sejarah. Jika Anda melihat representasi politik Muslim di India, itu berada di titik terendah,” kata Patel.

Tak satu pun dari 28 negara bagian India diperintah oleh seorang menteri utama Muslim.  Tidak ada satu pun menteri Muslim di 15 negara bagian. Dan tidak ada Muslim di antara 303 anggota parlemen Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di majelis rendah yang dikenal sebagai Lok Sabha.

Ketika orang-orang yang berpikiran sama bergandengan tangan

Warisan Fatima Sheikh terkait erat dengan warisan Savitribai dan Jotirao Phule, pasangan suami-istri, yang memulai sekolah pertama untuk anak perempuan di India pada 1848 di negara bagian Maharashtra yang terpadat kedua. Phule adalah Sudra, kasta yang lebih rendah, dan menghadapi perlawanan keras untuk pekerjaan mereka, yang termasuk advokasi untuk pendidikan perempuan dan menantang cengkeraman kasta atas Brahmana Hindu.

Pada pertengahan abad ke-19 dan bahkan sampai jauh kemudian, sudah menjadi hal biasa bagi para Brahmana untuk melarang orang dari komunitas lain untuk mendapatkan pendidikan. Masyarakat secara kaku dibagi berdasarkan kasta, komunitas, dan gender.

Bahkan keluarga Jotirao Phule sendiri menentangnya ketika dia bersikeras agar istrinya, Savitribai, belajar membaca dan menulis. Ketika Phule dipaksa keluar dari rumah, Fatima dan saudara laki-lakinya Usman Sheikh yang memberi mereka perlindungan di rumah mereka di kota Pune.

Di rumah Syekh itulah sekolah khusus perempuan pertama, Perpustakaan Pribumi, dibuka. “Di sini, Savitribai Phule dan Fatima Sheikh mengajar komunitas Dalit yang terpinggirkan dan wanita Muslim serta anak-anak yang ditolak pendidikannya berdasarkan kelas, agama, atau jenis kelamin,” kata Google.

Bagi Fatima Sheikh dan Savitribai, yang menghadiri sekolah misionaris untuk menjadi guru terlatih, tidak mudah meyakinkan orang tua untuk mendaftarkan putri mereka.Sheikh menghabiskan waktu berjam-jam pergi dari pintu ke pintu untuk meyakinkan tetangganya. Itu pasti saat-saat yang sulit.

“Meskipun pria dan wanita kasta atas melemparkan lumpur dan kotoran sapi ke arahnya dan melewati segala macam pelecehan saat dia berjalan di jalanan, Fatima Sheikh mengejar tujuannya,” tulis Ankita Apurva di Live Wire.

Islam mendorong mendidik baik pria maupun wanita tetapi beberapa keluarga Muslim melarang anak perempuan pergi ke sekolah. Pembagian kelas berarti bahwa orang-orang seperti Syekh yang berasal dari keluarga petani, menghadapi rintangan mereka sendiri.

Di antara banyak pengagum Sheikh adalah Mahino Fatima, seorang ahli saraf India. Mahino mengatakan dia berasal dari keluarga penenun kain, yang secara historis ditolak aksesnya ke pendidikan. “Bagaimana saya bisa menjadi ilmuwan jika saya tidak bersekolah di sekolah dasar?  Dia mengemukakan gagasan bahwa kita juga bisa mempelajari kurikulum yang dibaca laki-laki. Gagasan bahwa anak perempuan dan laki-laki dapat memiliki pendidikan yang sama merupakan langkah maju yang besar,” katanya kepada TRT World.

Sheikh mengajar di berbagai sekolah bahwa Phule berlari selama bertahun-tahun. Akhirnya usahanya membuahkan hasil dan gadis-gadis dari kasta dan latar belakang yang berbeda yang tidak akan bersosialisasi, duduk di bawah satu atap untuk mengambil pelajaran mereka.

Perpustakaan Adat juga berbeda dalam arti tidak fokus pada teks-teks agama yang diajarkan kebanyakan sekolah pada masa itu. Phule dan Sheikh menekankan agar anak perempuan mendapatkan pendidikan di bidang matematika, sains, dan studi sosial.

Dalam waktu empat tahun setelah Savitribai memulai sekolah, pendaftaran anak perempuan sepuluh kali lebih tinggi daripada jumlah anak laki-laki yang belajar di sekolah negeri mana pun di daerah tersebut. Dampak kerja sama Fatima dengan Phules melampaui pendidikan. Itu adalah salah satu contoh paling awal ketika seorang Muslim bergandengan tangan dengan seseorang dari kasta Hindu yang lebih rendah untuk tujuan bersama.

Prestasinya sebagian diakui beberapa tahun yang lalu ketika Biro Negara Bagian Maharashtra memasukkan bio singkatnya ke dalam buku teks bahasa Urdu. Namun sayangnya, banyak aspek kehidupannya tetap diselimuti misteri. Misalnya, tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi pada Syekh setelah tahun 1956.

Seperti yang ditulis oleh jurnalis Dilip Mandal: “Fatima Sheikh terus berjuang mendapatkan tempat yang layak dalam sejarah.”  

https://www.trtworld.com/magazine/the-forgotten-legacy-of-fatima-sheikh-india-s-first-muslim-teacher-53535

No comments: