Kisah Imam Syafi’i Berdebat dengan Muridnya

 Kisah Imam Syafi’i Berdebat dengan Muridnya


Al kisah Imam Syafi’i pernah berdebat dengan muridnya, Yunus bin Abdul A’la, karena berbeda pendapat dengannya dalam suatu masalah

Dalam suatu kisah, Yunus bin Abdul A’la, salah seorang murid Imam Syafi’i, pernah berbeda pendapat dengan gurunya dalam suatu permasalahan. Masing-masing berusaha untuk membela pendapatnya dengan berbagai hujjah dan dalil, sampai akhirnya Yunus marah, lalu pergi meninggalkan Imam Syafi’i menuju rumahnya.

Yunus terus marah kepada Imam Syafi’i sampai waktu malam datang. Tiba-tiba Yunus dikagetkan dengan suara seseorang mengetuk pintu rumahnya. Lalu beliau bertanya :

“Siapa yang di depan pintu ?”

Orang tersebut menjawab : “Muhammad bin Idris”.

Setelah mendengar jawaban itu, Yunus sempat berfikir tentang seluruh orang yang bernama Muhammad bin Idris (nama asli Imam Syafi’i). Dan ternyata tidak ada yang bernama dengan nama itu kecuali Syafi’i.

Tatkala dia membuka pintu, ternyata benar yang datang gurunya, Imam Syafi’i. Maka Imam Syafi’i berucap beberapa kalimat :

“Wahai Yunus! kita bersatu dalam ratusan masalah, lalu kita akan berpisah karena satu masalah saja?” Wahai Yunus! Janganlah kamu berusaha untuk senantiasa menang dalam seluruh masalah. Kita berdua menghidupkan kesamaan hati, itu lebih utama dari kesamaan sikap. Wahai Yunus! janganlah kamu robohkan jembatan yang telah kamu bangun dan kamu lewati, khawatir suatu hari kamu akan membutuhkannya kembali. Bencilah kesalahan, tapi jangan membenci pelakunya. Bencilah kemaksiatan dengan segenap hatimu, namun kasihanilah dan sayangi pelakunya. Kritisi suatu pendapat, tapi tetap hormatilah/muliakanlah orang yang menyatakannya. Karena tugasmu adalah membasmi penyakit, bukan membinasakan orang yang sakit,” kata Imam Syafi’i dalam pesan nya.*/Dialihbahasakan Abdullah Al-Jirani, tulisan diambil dari akun IG nya

Rep: Admin Hidcom
Editor: Bambang S

No comments: