Arkeolog Klaim Temukan Lokasi Gunung Tursina yang Disebut dalam Alkitab dan Alquran



 Para ahli percaya bahwa mereka akhirnya menemukan Gunung Sinai atau Tursina, salah satu situs tersuci yang disebutkan dalam Alkitab dan Alquran. Lokasi itu ditemukan jauh dari tempat yang diduga sebelumnya.

Sebuah organisasi arkeolog alkitabiah, The Doubting Thomas Research Foundation, mengklaim telah menemukan gunung yang sebenarnya di mana, menurut Perjanjian Lama, Nabi Musa memimpin bangsa Israel dan menerima 10 Perintah dari Tuhan.

Dalam agama Islam, gunung ini juga disebutkan sebagai tempat dimana Nabi Musa menerima wahyu Allah SWT.

Namun, yayasan riset itu mengklaim bahwa Gunung Sinai, salah satu tempat paling suci dalam agama Yahudi, Kristen dan Islam, adalah Jabal Maqla, sebuah gunung yang terletak di pegunungan Jabal al-Lawz di barat laut Arab Saudi.

“Salah satu alasan utama para sarjana tertentu mengklaim bahwa Eksodus adalah mitos adalah karena sedikit atau tidak ada bukti tentang apa yang catatan Alkitab telah ditemukan di Gunung Sinai tradisional di Semenanjung Sinai Mesir,” kata Presiden The Doubting Thomas Research Foundation, Ryan Mauro sebagaimana dilansir The Sun.

“Tetapi bagaimana jika para sarjana ini benar-benar mencari di tempat yang salah?” dia mencatat.

"Pindah ke semenanjung Arab dan Anda menemukan bukti yang sangat meyakinkan yang cocok dengan catatan Alkitab."



Jabal Maqla memiliki puncak-puncak yang hitam, seolah-olah hangus oleh matahari atau api, dan terletak di dekat Pantai Nuweiba, di mana para ilmuwan telah menemukan jalur tanah di bawah air.

Jalur bawah air ini diklaim sebagai tempat di mana Tuhan akan membelah perairan untuk Musa dan orang Israel saat mereka melarikan diri dari kejaran orang Mesir yang dipimpin Firaun.

Sebuah jalur darat yang jelas ditemukan di bawah Laut Merah


Dalam perjalanan dari pantai ke Gunung Sinai terlihat sebuah landmark, yang kemungkinan adalah batu besar yang terbelah dengan tanda-tanda erosi air, meskipun berada di tengah-tengah gurun.

Ini dikatakan sebagai batu yang dibelah oleh Musa

Dalam Perjanjian Lama, Musa membelah batu dan menyemburkan air


“Kami percaya landmark yang berbeda ini bisa menjadi batu yang Tuhan perintahkan kepada Musa untuk dipukul yang airnya kemudian menyembur keluar dari secara ajaib menyediakan untuk penduduk Israel,” kata Mauro.

Para ahli juga menemukan situs yang tampak seperti altar di dekat kaki gunung, mirip dengan altar yang konon dibangun Musa di kaki Gunung Sinai dari batu yang belum dipotong.

Tempat yang sepertinya adalah altar Musa


Di dekatnya juga terdapat kuburan, yang menurut teori Mauro adalah situs di mana para penyembah anak lembu emas dihukum oleh Musa karena penyembahan berhala.

“Di dekat gunung, kami memiliki situs ini yang dipenuhi dengan penggambaran orang-orang yang menyembah banteng dan sapi,” kata Mauro kepada The Sun.

“Dan yang benar-benar penting adalah petroglif ini terisolasi di area ini. Bukannya mereka diukir di seluruh gunung. ” 

Ini diidentifikasi sebagai tempat penyembahan dengan gambar anak sapi di sampingnya
GELORA

No comments: