Haji Tempo Dulu: Menyingkap Dokumentasi Kereta Api Hejaz di Israel

 Haji Tempo Dulu: Menyingkap Dokumentasi Kereta Api Hejaz di Israel

Konstruksi di Kereta Api Hejaz, 1907. Foto: Karl Lorenz Auler; dari Koleksi Fotografi Nasional Keluarga Pritzker di Perpustakaan Nasional Israel. Foto/Ilustrasi: nli/Perpustakaan Nasional Israel
Satu foto hitam putih menunjukkan gerbong kereta melintasi jembatan bata rendah melengkung di tengah gurun, melintas entah dari mana antara pasir dan langit. Di tempat lain, barisan pekerja berdiri di samping rel yang baru saja dipasang. Gambar ketiga diambil dari dalam kereta yang bergerak, bayangannya jatuh ke tanah. Rel melengkung ke kejauhan di bawah kehadiran batu gurun yang sangat besar.

Blog nli.org menyebut foto-foto misterius ini adalah bagian dari album unik yang disimpan di arsip Perpustakaan Nasional Israel.

Album ini mencakup 60 foto yang diambil pada tahun 1907 oleh Karl Lorenz Auler, dengan teks tulisan tangan yang menyertainya, dari Kereta Api Hejaz yang terkenal.

div>

Membentang antara Damaskus dan wilayah Hijaz di Jazirah Arab, situs kota suci Makkah dan Madinah, dan dengan jalur cabang ke Haifa, rel kereta api dibangun oleh Kekaisaran Ottoman antara tahun 1900 dan 1908 untuk menghubungkan wilayah yang sangat jauh ini. Foto-foto Auler adalah bukti penting dari pembangunan yang sedang berlangsung.

Tapi apa yang dilakukan Auler, seorang jenderal militer Prusia, yang memeriksa Kereta Api Hejaz untuk sultan Ottoman? Dan bagaimana album itu berakhir di sini di Perpustakaan Nasional?

Ziarah tahunan ke Makkah, yang dikenal sebagai haji, adalah salah satu ritual terpenting dalam Islam, sebuah perjalanan spiritual transformatif dan transendental yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang sehat jasmani dan mampu secara finansial setidaknya sekali selama hidupnya.

Ketika Nabi Muhammad melakukan haji pertama dan satu-satunya pada tahun 630 M, beliau melakukan perjalanan dengan kafilah dan berjalan kaki melintasi padang pasir dari ibu kota Islam pertama di kota Madinah, yang jaraknya hanya lebih dari 400 kilometer.

Akan tetapi ketika kerajaan Islam berkembang pesat selama abad berikutnya, perjalanan seperti itu menjadi lebih lama dan lebih berbahaya. Penyakit dan kelelahan adalah hal biasa dan bandit akan secara teratur menyerang saat para jemaah haji melewati padang pasir.

Untuk meminimalkan bahaya ini, selama Abad Pertengahan sebagian besar jemaah haji bergabung dengan karavan unta terorganisir yang menempuh rute yang telah ditentukan.

Kafilah dari kota Kufah di Irak selatan, dari Kairo, dan dari Damaskus adalah yang paling penting.

Pengenalan kapal uap pada pertengahan abad ke-19 meringankan kerasnya perjalanan, terutama bagi jemaah haji dari India, yang saat itu berada di bawah kekuasaan kolonial Inggris, dan mengarah ke timur.

Di sisi lain, mobilitas jemaah haji yang besar ini secara langsung berkontribusi pada munculnya pandemi global. Kolera, asli India, dibawa ke Makkah oleh seorang peziarah haji pada tahun 1863, dan dari sana menyebar ke seluruh dunia.
>

Kala itu, dengan waspada, kekuatan kolonial Eropa memberlakukan rezim karantina yang ketat pada mereka yang tiba dan, terutama, meninggalkan Makkah.

Melewati karantina ini, dan menghadapi kolonialisme Eropa secara lebih umum, merupakan pendorong utama di balik pembangunan Kereta Api Hijaz.

Dalam beberapa dekade menjelang pengumuman Kaisar Ottoman Abdulhamid II, pada tanggal 1 Mei 1900, tentang niatnya untuk membangun garis tersebut, Ottoman telah kehilangan hampir semua wilayah mereka yang sebelumnya luas di Eropa selatan.

Kepentingan Prancis, Inggris, dan Rusia berlomba-lomba untuk memecah kekaisaran lebih jauh, dan untuk memperluas kekuasaan mereka ke jantungnya di Timur Tengah.

Pada saat yang sama, Negara Utsmaniyah sangat berutang budi kepada pemodal Eropa, dan harus bergantung pada kreditor Eropa untuk mendanai upaya infrastruktur dan modernisasi mereka, termasuk pembangunan rel kereta api lain untuk menghubungkan kekaisaran yang luas.


Dalam semua hal ini, Kereta Api Hejaz harus berbeda. Meskipun jalur tersebut memiliki keuntungan ekonomi yang kecil—memang, hanya berfungsi secara teratur selama musim haji—jalur tersebut memiliki banyak tujuan politik dan agama.

Proyek ini sepenuhnya dibiayai oleh umat Islam, dan sumbangan untuk "tujuan suci" dikumpulkan di seluruh dunia. Fakta yang dipublikasikan secara luas ini, serta konstruksinya sendiri, memoles kekuatan Abdulhamid II dan citra pan-Islamnya sebagai satu-satunya penguasa Muslim independen yang menghadapi kepentingan Eropa.

Selain meringankan beban haji itu sendiri, garis tersebut juga akan memastikan bahwa militer Utsmaniyah dapat dengan cepat mengerahkan pasukan dan perbekalan untuk melindungi pelayaran di Laut Merah dan untuk mempertahankan diri dari ekspansi kolonial dan bergerak menuju otonomi oleh para pemimpin lokal, terutama di Makkah.

Sementara rel kereta api dirancang untuk menunjukkan kepemimpinan Ottoman, para insinyur dan penasihat Jerman sangat terlibat dalam perencanaan dan konstruksi rel kereta api.

Peran ini dibangun di atas hubungan kerja sama militer dan ekonomi selama puluhan tahun; untuk sejumlah alasan, Abdulhamid melihat Jerman sebagai mitra Eropa pilihan kekaisaran.



Karl Auler

Dalam konteks inilah Karl Auler menjadi terhubung dengan proyek tersebut. Auler, lahir pada tahun 1854, adalah seorang jenderal infanteri Prusia yang, seperti banyak perwira lainnya, menjabat sebagai penasihat militer Ottoman antara tahun 1901 dan 1908.

Diangkat ke pangkat mayor jenderal oleh Abdulhamid, "Auler Pascha," sebagaimana dia dikenal , dikirim pada tahun 1904 untuk mensurvei kemajuan rel kereta api, dan untuk mempelajari geografi dan etnografi lokal.

Auler berfokus pada dua bentangan garis: antara Damaskus dan Ma'an di selatan Yordania, termasuk jalur cabang ke Haifa, dan dari Ma'an ke Al-'Ula di Arabia, 300 kilometer utara Medina.

Laporan Auler, yang tetap menjadi salah satu sumber terpenting di Kereta Api Hijaz, membahas topografi rute tersebut; flora dan fauna lokal, termasuk rayap yang menggerogoti bantalan kayu trek; tantangan dalam menyediakan air dan bahan bakar yang cukup; dan reaksi (mungkin stereotip) penduduk setempat terhadap pembangunan rel kereta api (dalam terjemahan Peter Christiansen):

“Kejelasan yang mereka ungkapkan tentang kegembiraan mereka akan tetap tak terlupakan bagi saya. Ketika para pria tak henti-hentinya mengucapkan salam dalam paduan suara yang bulat, 'Semoga Tuhan memberikan kemenangan kepada Sultan kami!' diiringi tepukan tangan yang ritmis sementara para wanita, dengan getaran tinggi khas mereka, menghasilkan suara cooing yang kuat seperti merpati di tingkat tertinggi."

Laporan Auler, yang diterbitkan pada tahun 1906 dan 1908 di jurnal berpengaruh Petermanns Geographische Mitteilungen, diilustrasikan dengan foto-foto yang dia ambil sendiri di sepanjang rute tersebut.

Album dalam koleksi Perpustakaan Nasional, tampaknya, berisi cetakan dari perjalanan tahun 1907 yang, karena alasan apa pun, dianggapnya tidak layak untuk diterbitkan.
Sementara subjek dari dua set foto sebagian besar tumpang tindih, album ini menyertakan lebih banyak potret — orang Badui lokal, pekerja, pejabat, dan lainnya — memberikan gambaran sekilas yang menarik tentang individu dan kehidupan sehari-hari.



Bagaimana foto-foto itu sampai ke Perpustakaan Nasional Israel?

Meskipun kita tidak tahu apa yang dilakukan Auler dengan foto-foto itu setelah kembali ke Jerman pada tahun 1908—dia bertugas di Perang Dunia Pertama dan kemudian pensiun ke kota Ulm—entah bagaimana mereka berhasil sampai ke Gotthold Weil (1882-1960), sebuah catatan Sarjana Islam Jerman-Yahudi, khususnya Turki dan Arab, dan mantan direktur Perpustakaan Nasional Israel.

Weil mengajar di Berlin dan Frankfurt sebelum berimigrasi ke Palestina pada tahun 1934, dan meskipun Auler tampaknya tidak disebutkan dalam arsip pribadi Weil, yang sekarang disimpan di perpustakaan, kedua Turkofil Jerman itu memiliki banyak kesamaan. Album satu-satunya ini bahkan mungkin diberikan oleh Auler kepada Weil sebagai hadiah pribadi. Dia menyumbangkannya ke koleksi perpustakaan pada tahun 1936.
(mhy)Miftah H. Yusufpati

No comments: