Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 6: Gambaran Siksaan Neraka Bagi Orang Kafir

Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 6: Gambaran Siksaan Neraka Bagi Orang Kafir
Pada Surat Al-Mulk ayat 6 dijelaskan ancaman neraka bagi orang-orang yang mendustakan Allah dan Rasul-Nya. Foto/ist
Selain menerangkan kekuasaan Allah dalam menciptakan langit, Surat Al-Mulk (الۡمُلۡكُ) juga berisi peringatan kepada orang-orang kafir yang mendustakan Allah dan Rasul-Nya.

Berikut gambaran siksa neraka yang akan dialami orang-orang yang ingkar kepada Tuhannya. Allah berfirman dalam Surat Al-Mulk ayat 6:

وَلِلَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا بِرَبِّهِمۡ عَذَابُ جَهَنَّمَ‌ؕ وَبِئۡسَ الۡمَصِيۡرُ

Wa lilladziina kafaruu bi rabbihim 'azaabu jahannama wa bi'sal mashiir.

Artinya: "Dan orang-orang yang ingkar kepada Tuhannya akan mendapat azab Jahanam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali." (Surat Al-Mulk Ayat 6)

Tafsir
Sudah menjadi ketetapan (sunatullah) bahwa setiap orang yang menyekutukan dan mengingkari Allah dan mendustakan para Rasul akan dimasukkan ke dalam neraka. Itulah seburuk-buruk tempat kembali.

Dalam tafsir ringkas Kemenag dijelaskan, orang-orang yang ingkar itu merasakan penderitaan dan siksaan amat pedih dan menyengsarakan. Berikut sikap neraka kepada orang-orang kafir yang dimasukkan ke dalamnya, yaitu:

1. Ketika orang-orang kafir dilemparkan ke dalamnya, terdengarlah suara gemuruh yang sangat dahsyat sebagai tanda kemarahannya.
2. Neraka itu menggelegak laksana periuk besar merebus orang-orang kafir dengan airnya yang mendidih.
3. Neraka itu seakan-akan hampir pecah waktu orang-orang kafir dilemparkan ke dalamnya.
4. Neraka itu sangat ganas dan marah kepada setiap orang yang berada di dalamnya.
5. Setiap kali rombongan orang kafir dimasukkan ke dalamnya, penjaga-penjaga neraka itu mencerca mereka: "Belum pernahkah seorang Rasul datang kepada kamu. Kenapa kamu tidak mengikuti seruan para rasul yang disampaikan kepadamu?"
6. Penduduk neraka mengakui bahwa telah datang Rasul-rasul kepada mereka, akan tetapi mereka mendustakannya. Bahkan menuduh bahwa para Rasul itulah yang berada dalam kesesatan.

Demikian tafsir Surat Al-Mulk ayat 6 yang dapat kita jadikan pelajaran. Bagi umat muslim dianjurkan membaca Surat Al-Mulk setiap malam. Surat Tabaarak (Maha Suci) ini memiliki keutamaan dapat memberi syafa'at bagi pembacanya, penghalang dari siksa kubur dan menjadi sebab seseorang dikeluarkan dari neraka.

Wallahu A'lam
(rhs)Rusman H Siregar

No comments: