Masa Prasejarah Arab Saudi, Penemuan Arkeologi di AlUla dan Khayba

Kota AlUla di Arab Saudi. Menelusuri Masa Prasejarah Arab Saudi, Penemuan Arkeologi di AlUla dan Khayba

Kota AlUla di Arab Saudi. Menelusuri Masa Prasejarah Arab Saudi, Penemuan Arkeologi di AlUla dan Khayba

Foto: AN Photo/Zaid Khashogji
Situs tersebut berusia Neolitik akhir sekitar 7.000 tahun.
Bagi orang Badui di Arab Saudi, struktur misterius dari usia yang tidak pasti dan asal yang tidak diketahui yang tersebar di bentang alam yang keras dan dramatis di barat laut Arab Saudi selalu merupakan karya "orang tua".

Bagi para arkeolog yang baru saja menyelesaikan proyek empat tahun untuk membuat katalog semua arkeologi yang terlihat di Kabupaten AlUla dan lapangan vulkanik Harrat Khaybar di dekatnya, puluhan ribu struktur yang mereka temukan, sebagian besar berusia antara 4.000 dan 7.000 tahun, adalah kuncinya. Untuk memikirkan kembali secara radikal prasejarah Jazirah Arab.

“Banyak fokus arkeologi di wilayah ini di masa lalu berada di Bulan Sabit Subur, mengalir melalui Yordania, Israel dan naik ke Suriah dan sekitarnya, dan sedikit perhatian arkeologi telah diberikan pada bahan awal Arab Saudi ini,” kata arkeolog Hugh Thomas, peneliti senior di University of Western Australia.

“Tetapi saat kami melakukan lebih banyak penelitian, kami menyadari bahwa ada lebih banyak hal di sini daripada komunitas kecil, mandiri, yang hidup tanpa banyak dan tidak melakukan banyak hal di daerah gersang.”

Thomas adalah salah satu direktur proyek Arkeologi Udara di Kerajaan Arab Saudi, yang didirikan pada 2018 oleh Komisi Kerajaan untuk AlUla, sebagai bagian dari program Identifikasi dan Dokumentasi Aset Warisan Tak Bergerak dari program AlUla. Tahun berikutnya proyek ini diperluas untuk mencakup wilayah tetangga yang kaya akan warisan, Khaybar.

Area inti AlUla seluas 3.300 meter persegi disurvei secara terpisah oleh Oxford Archaeology yang berbasis di Inggris. Bekerja dengan staf dan mahasiswa Universitas King Saud di Riyadh, mereka mengidentifikasi lebih dari 16.000 situs arkeologi.

Awalnya berangkat untuk mensurvei pedalaman AlUla, area seluas lebih dari 22.500 kilometer persegi, Thomas dan rekan-rekannya menghadapi tugas berat, yang mereka pecah menjadi tiga tahap. Tahap pertama berlangsung lebih dari satu tahun, dengan anggota tim meneliti Google Earth dan citra satelit lainnya dengan susah payah dan menyematkan setiap struktur yang mereka lihat.

Pada akhirnya, mereka telah mengidentifikasi 13 ribu situs di AlUla dan 130 ribu yang luar biasa di daerah Khaybar, yang berasal dari Zaman Batu hingga abad ke-20. Mereka mencatat semua yang mereka lihat, termasuk beberapa sisa rel kereta api Hijaz, yang dibangun oleh Ottoman sebelum Perang Dunia I, tetapi sebagian besar situs tersebut berasal dari zaman prasejarah.Rol

No comments: