Mariam Al Astrulabi, Astronom Muslim Wanita Penemu Astrola

 Ilustrasi Astrolab. Mariam Al Astrulabi, Astronom Muslim Wanita Penemu Astrolab

Ilustrasi Astrolab. Mariam Al Astrulabi, Astronom Muslim Wanita Penemu Astrolab

Foto: Mgrol120
Astrolab pada dasarnya adalah model astronomi alam semesta kuno seukuran tangan.
Mariam Al Astrulabi adalah seorang wanita Muslim Suriah, yang astrolabnya memicu awal perkembangan di bidang astronotika dan navigasi luar angkasa. Orang dapat secara logis menyatakan bahwa teleskop Hubble tidak akan ada jika bukan karena penemuan teleskop Galileo pada 1609.

Melalui penemuannya, Galileo, yang terkenal, mampu melihat bulan, mengamati supernova, melihat fase-fase Venus dan cincin Saturnus dan temukan bintik matahari. Seiring berjalannya waktu, para astrolab mampu mengembangkan banyak versi astrolab dengan Mariam Al Asturlabi salah satu pelopor bidang ini.

Mariam lahir pada tahun 950 M di Aleppo, Suriah. Dia dikreditkan untuk mengembangkan astrolab 'kompleks' pertama. Penemuannya yang mirip dengan alat navigasi GPS untuk bintang-bintang.

Astrolab pada dasarnya adalah model astronomi alam semesta kuno seukuran tangan. Alat ini sangat berguna selama zaman Islam dan banyak digunakan untuk perdagangan sebagai alat navigasi laut.

Ibn Al Nadim, "Al Nasab" seorang bibliografi kunci Abad Pertengahan Islam, menulis bahwa ada 1.000 aplikasi astrolab yang berbeda pada saat itu. Keragaman instrumen ini, oleh karena itu, melayani tujuan astronomi dan astrologi

Astrolab Keagamaan

Pengembangan astrolab sangat penting bagi umat Islam. Aplikasi religi dari astrolab membantu umat Islam mengetahui waktu sholat.

Selain itu, kiblat dan penggunaan astrolab lainnya untuk membuat kalender lunar saat ini, membantu umat Islam untuk menentukan kapan harus memulai atau berbuka puasa selama Ramadhan dan kapan haji.

Sayf Aldawla, pendiri Eimart Aleppo, mensponsori studi ilmiah Mariam. Dukungan Khalifah memungkinkan Mariam mengabdikan dirinya untuk astrolab dan melakukan perjalanan ke Baghdad untuk belajar lebih banyak dari para master abad ke-10.

Menurut Ibn Al Nadim, ayah Mariam, Kusayar Al Ijliyy, juga seorang astronom dan astrolab. Dia biasa menjual astrolab kepada pelaut dan astronom lainnya sehingga menghasilkan nama keluarga Astrulabi yang berarti astrolab dalam bahasa Arab.

Mariam dan ayahnya adalah murid dari salah satu astrolaber terkenal di Baghdad bernama Muḥammad ibn Abd Allāh Nasṭūlus - "Basṭūlus", yang dikenal karena membuat salah satu astrolab tertua yang masih ada, sejak tahun 927/928.

Setelah bertahun-tahun diabaikan, Mariam akhirnya dihormati secara internasional pada 1990 sebagai astrolabis dengan menamai sabuk utama asteroid 7060, Al 'Ijliya. Dia juga disebutkan dalam 1001 penemuan organisasi warisan budaya dan sains Inggris pemenang penghargaan yang membantu melibatkan lebih dari 450 juta orang di seluruh dunia untuk keajaiban alam semesta dan kapasitas inventif kita.

Pengembangan astrolab setelah Mariam Al Astrulabi

Ibn Al Nadim mencatat bahwa fitur penting dari astrolab muncul pada abad ke-11 di al-Andalus ketika para astronom Muslim merancang lempeng universal tunggal, yang mencakup tanda untuk sistem koordinat ekuatorial dan ekliptika. Modifikasi ini berarti bahwa astrolabe tidak lagi membutuhkan wadah/pelat untuk garis lintang yang berbeda dan menghilangkan kebutuhan untuk menghitung ulang nilai pada setiap penggunaan.

Teknologi ini belum dikenal di luar dunia Islam di Al-Andalus pada saat itu. Namun, para cendekiawan Muslim menyempurnakan teknologi ini di Suriah sekitar abad keempat belas.

Dilansir The New Arab, Kepala Astrofisika di National Research Institute of Astronomy & Geophysics di Mesir Profesor Somaya Saad menjelaskan dalam mempelajari tentang peran Islam dalam astrofisika. "Muslim menggunakan versi primitif dari astrolab dengan pelat. Alat itu adalah model planetarium dua dimensi yang menunjukkan seperti apa langit di tempat tertentu pada satu waktu tertentu," katanya.

Saad menambahkan: "Langit digambar di muka astrolab sehingga mudah untuk menemukan posisi langit di atasnya; itu digunakan dalam navigasi, untuk menentukan sudut elevasi benda langit terhadap cakrawala pengamat di mana saja, untuk menghitung waktu dan jarak dari khatulistiwa."

Fatoumata Kébé adalah seorang astrofisikawan Prancis yang berspesialisasi dalam memecahkan masalah puing-puing luar angkasa. Dia adalah pendiri dan direktur Ephemerides, sebuah program yang menyediakan akses ke astronomi bagi kaum muda yang kurang beruntung. Kébé menyatakan pergi ke luar angkasa adalah hak istimewa, dan wanita tidak sepenuhnya diterima di klub elite ini.Rol

No comments: