9 Pedang Peninggalan Nabi Muhammad SAW

9 Pedang Peninggalan Nabi Muhammad SAW
Pedang Zulfikar, salah satu pedang Nabi Muhammad SAW. Foto/Ilustrasi: Ist
Pedang peninggalan Nabi Muhammad SAW secara umum berbentuk Hanafiyya atau pedang yang dibuat oleh suku Bani Hanifah. Pedang buatan Bani Hanafiah terkenal bagus dan halus pembuatannya.

Imam at-Tirmidzi dalam kitab "Syamail Muhammad SAW" dijelaskan, terdapat sembilan jenis pedang Rasulullah SAW yang digunakan untuk menegakkan ajaran tauhid.

1. al-Matsur atau Matsur al-Fijar. Ini adalah pedang yang dimiliki Rasulullah sebelum beliau menerima wahyu pertama di Mekkah. Asalnya kepunyaan ayah beliau Abdullah.

Rasullulah hijrah dengan membawa pedang ini sampai diberikannya kepada keponakannya Ali bin Abi Thalib. Sekarang pedang ini terdapat di Museum Topkapi, Istanbul, Turki.

2. Dzulfika r. Pedang ini didapatkan Rasulullah sebagai harta rampasan saat Perang Badar. Senjata ini berbentuk pedang dengan dua mata pedang yang tajam.

3., pedang al-Battar. Dinamakan demikian karena terpahatkan nama Nabi Daud, Sulaiman, Musa, Zakaria, Yahya, Isa, dan Muhammad.

4. Hatf. Ini merupakan pedang yang didapatkan oleh Rasulullah sebagai harta rampasan perang dari Bani Qaynuqa.

5. Qul'i atau Qul'ay. Qul'i berarti tin atau timah putih. Pedang ini merupakan salah satu dari tiga pedang yang didapat dari harta rampasan perang Bani Qaynuqa. Kakek Nabi menemukan Qul'i ketika membuka mata air zamzam.

6. yaitu al-Qadib. Pedang ini untuk pertahanan dan persahabatan ketika bepergian, tetapi tidak pernah digunakan untuk berperang.

7. pedang al-Mikhdam. Pedang ini diberikan oleh Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib, dan dari Ali diberikan kepada anaknya, Zainal Abidin. Itulah mengapa di pedang tersebut terpahat nama Zayn al-Din al-Abidin.

8. pedang al-'Adhab. Pedang ini merupakan pemberian seorang sahabat kepada Rasulullah SAW sebelum Perang Badar. Beliau menggunakan pedang ini pada Perang Uhud.

9. adalah ar-Rasub. Pedang ini memiliki ukuran panjang 140 cm, mempunyai bulatan emas yang di dalamnya terdapat ukiran Arab bertuliskan Ja'far al-Shadiq.

(mhy)Miftah H. Yusufpati

No comments: