Kaisar Heraklius, Pionir Perang Salib Seorang Muslim?

Kaisar Heraklius
Kaisar Heraklius adalah satu-satunya Kaisar Romawi yang namanya tidak saja disebut langsung dalam hadis dan diisyaratkan dalam Al-Qur’an, melainkan juga seorang jenderal yang kiprahnya mendapat tempat cukup signifikan dalam catatan sejarah para ulama tarikh.

Dia merupakan Kaisar Bizantium terbaik dengan wilayah imperium yang membentang dari ujung Afrika hingga Syam. Dia seorang panglima, cendikiawan Ahli Kitab; seorang raja yang bijak; juga merupakan pionir Perang Salib. Heraklius merupakan salah satu tokoh yang melambangkan kedigdayaan peradaban Barat dan simbol religius di kalangan umat Nasrani.

Namun di balik reputasinya yang cemerlang, ada misteri yang menyelimutinya. Dalam perjalanan hidupnya, Kaisar Heraklius meyakini kebenaran Nabi Muhammad SAW. Dia pernah mengatakan bakal membasuh kaki Rasulullah bila suatu waktu bertemu. Apakah itu berarti dia menjadi seorang Muslim?

Rasulullah SAW sendiri memang pernah mengajak Heraklius masuk Islam melalui surat. Surat itu dibawa oleh Dihyah bin Khalifah Al-Khabi, isinya sebagai berikut:

“Dari Muhammad hamba Allah dan Rasul-Nya kepada Heraklius penguasa Romawi. Keselamatan bagi mereka yang mengikuti petunjukNva. Selanjutnya, aku mengajakmu untuk masuk Islam. Masuklah Islam, niscaya engkau akan selamat dan Allah akan memberikan kepadamu dua pahala. Jika engkau berpaling, maka engkau akan menanggung semua dosa kaum Arisiyyin.”

Setelah itu Rasulullah mengutip Q.s. Ali Imran ayat 64 berkata:
“Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah, kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain Tuhan selain Allah. “Jika mereka berpaling, maka katakanlah pada mereka, “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).”

Bagaimana jawaban Kaisar Heraklius? Apakah ia kemudian masuk Islam? Jawabannya ada di video di sini

Rep: Bambang S
Editor: -

No comments: