8 Peristiwa Besar Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Rajab

8 Peristiwa Besar Sejarah Islam yang Terjadi di Bulan Rajab
Salah satu peristiwa sejarah Islam di bulan Rajab adalah peristiwa Isra Mikraj Nabi Muhammad Shallallau alaihi wa sallam. Foto ilustrasi/ist
Dalam kalender hijriyah, Rajab adalah bulan ke tujuh dalam kalender Islam dan merupakan salah satu bulan dari empat bulan yang dimuliakan (bulan haram) oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Di bulan ini pun, terjadi beberapa peristiwa besar dalam sejarah Islam . Berikut peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi di bulan Rajab ini, yakni:

1. Isra Mikraj

Isra Mikraj merupakan peristiwa penting yakni perjalanan agung yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjid Al Haram di Makkah menuju Masjid Al Aqsha di Palestina, kemudian naik ke langit ke tujuh dan menghadap Allah yang terjadi pada tanggal 27 Rajab pada masa kenabian Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
Peristiwa inilah yang menjadi awal mula syariat shalat lima waktu diturunkan bagi umat muslim, yang awalnya jumlah shalat yang Allah wajibkan sebanyak 50 rakaat, tapi oleh para Nabi yang lain, Rasulullah SAW dianjurkan untuk meminta keringanan kepada Allah SWT.

Kemudian Allah SWT mengabulkan permintaan Rasulullah dan hanya mewajibkan 5 waktu shalat yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya.

2. Perubahan Arah Kiblat

Yang dimaksud dengan perubahan arah kiblat yaitu perubahan arah kiblat dari Baitul Maqdis (Masjid Al Aqsha) ke Ka’bah di Makkah, peristiwa ini terjadi pada pertengahan bulan Rajab, setelah Rasulullah hijrah ke Madinah. Adapun hikmah dari perpindahan arah kiblat adalah untuk menguji keimanan umat Islan dalam beribadah kepada Allah SWT.

3. Hijrah Pertama Umat Islam

Dalam sejarah umat Islam, didapati kaum muslim pertama kali berhijrah ke Habasyah (Ethiopia) di bulan Rajab tahun ke lima kenabian.

Pada bulan Rajab tahun kelima Hijriyah, Rasulullah SAW memerintahkan pengikutnya untuk berhijrah ke Habasyah yang diperintahkan oleh seorang raja yang bijaksana bernama Najasyi. Hijrah tersebut dilakukan untuk mnyelamatkan umat Islam dari gangguan kaum kafir Makkah yang sangat memusuhi mereka.

4. Kemenangan Perang Tabuk

Dalam Perang Tabuk, kaum muslimin menempuh perjalanan yang jauh dari Madinah menuju Syam. Perang ini berlangsung singkat, lantaran Bangsa Romawi gentar dengan pasukan Islam yang berjumlah 30 ribu orang. Dengan izin Allah, pada bulan Rajab kaum Muslimin mampu memenangkan Perang Tabuk yang terjadi pada tahun 9 Hijriyah.

5. Kemenangan Melawan Kafilah Dagang Quraisy

Pada bulan Rajab juga terjadi peperangan kecil antara umat Islam yang dipimpin oleh Abdullah bin Jahsy, melawan kelompok gang Kaum Quraisy.

6. Pembebasan Kota Damaskus

Pada bulan Rajab, tepatnya tahun 14 H atau 635 M pasukan umat Islam di bawah komando panglima Abu Ubaidah bin Al Jarrah dan Khalid bin Walid, berhasil menaklukkan kota Damaskus dan menguasainya.

Sebelumnya Kota Damaskus yang tua dan bersejarah itu dikuasai oleh balatentara Romawi, setahun setelah terjadinya pembebasab Kota Damaskus terjado peperangan Yarmuk di bawah Komando Khalid bin Walid yang terjadi pada hari Senin di bulan Rajab tahun 15 H.

7. Pembebasan Kota Hirrah Iraq

Pembebasan dilakukan oleh Khalid bin Walid, sebagaimana yang dijelaskan Ibnu Katsir dalam Bidayah wa an Nihayah.

8. Pembebasan baitul Maqdis

Pada 27 rajab 583 H atau 2 Oktober 1187 M, panglima perang umat Islam Shalahuddin Al Ayyubi, bersama pasukan umat Islam mengepung Kota Yerussalem untuk membebaskan Baitul Maqdis yang sudah 88 tahun lamanya dikuasai oleh tentara salib. Sedangkan sejak saat itu, Azan dan Shalat Jumat pun mulai dikumandangkan dan dilaksanakan kembali di Masjid Al Aqsha.

Wallahu A'lam
(wid) Widaningsih

No comments: