Kisah Cinta Luar Biasa Seorang Muslimah yang Mengkhawatirkan Rasulullah SAW Saat Perang Uhud

Kisah Cinta Luar Biasa Seorang Muslimah yang Mengkhawatirkan Rasulullah SAW Saat Perang Uhud
Banyak sahabat yang mencintai Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, begitu juga dengan kalangan kaum muslimah. Foto ilustrasi/ist
Dalam sejarah, banyak terjadi peperangan saat dakwah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Salah satunya, yakni peristiwa perang Uhud . Dalam perang ini, kaum muslimin banyak mengalami penderitaan dan kesusahan. Bahkan banyak di antara mereka yang mati syahid. Kabar ini telah sampai ke Kota Madinah, sehingga kaum perempuan muslimah juga mengetahui berita kekalahan ini.

Mereka sangat mengkhawatirkan keselamatan Rasulullah, mereka terpaksa keluar dari rumah masing-masing untuk menanyakan kabar tentang Nabi Shalallahu alaihi wa sallam . Kecintaannya pada Rasulullah membuat kaum muslimah ini sangat mengkhawatirkannya.
Salah satu kisahnya diceritakan dalam kitab "Fadhail A'mal' yang ditulis Maulana Muhammad Zakariyya Al Khandalawi rah. Diceritakan, ada seorang perempuan yang mendatangi sekumpulan orang-orang yang membicarakan musibah tersebut.

Dia bertanya, "Bagaimanakah keadaan Rasulullah?"

Seorang dari mereka menyahut, "Ayahmu telah meninggal dunia."

Dia berkata, "Inna lillahi wa inna ilaihi raaji'uun."

Kemudian perempuan itu kembali menanyakan keselamatan Rasulullah, dan ada lagi seorang yang berkata, "Suamimu telah mati syahid."

Ada yang berkata, "Saudaramu telah mati syahid."

Juga ada yang berkata, "Anakmu telah mati syahid."

Namun dia tetap bertanya, "Bagaiamana keadaan Rasulullah?"

Orang-orang menjawab, "Rasulullah dalam keadaan bai-baik saja, sebentar lagi beliau akan pulang."

Tetapi perempuan itu belum merasa puas, dia bertanya lagi, "Di manakah Rasulullah?"

Lalu orang-orang berkata, "Beliau berada di kerumunan orang-orang itu."

Maka dia segera berlari ke tempat itu, dan akhirnya ia dapat melihat Rasulullah dengan penuh kegembiraan.

Dia berkata, "Ya Rasulullah, penderitaan saya menjadi ringan setelah saya melihatmu."

Dalam riwayat lain dia mengatakan, "Ya Rasulullah, demi ibu bapak yang telah kami korbankan, jika saya melihatmu dalam keadaan hidup dan selamat, maka saya tidak akan peduli terhadap musibah apapun."

Hikmah kisah

Kisah tadi menunjukkan, begitulah kecintaan para sahabat terhadap Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Hal itu terjadi dikarenakan sikap terpuji Rasulullah yang selalu senantiasa diperlihatkan kepada sahabat sahabatnya. Maka sudah sepatutnya kita sebagai umat dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam untuk berusaha mencontah apa yang telah diperbuat oleh junjungan kita Nabi mulia Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dan juga para sahabatnya.

Wallahu A'lam
(wid) Widaningsih

No comments: