Seperti Ini Jamban ‘Crazy Rich’ Al-Quds 2.700 Tahun Silam

 

Arkeolog Israel menemukan sebuah toilet di kota Al-Quds (Yerusalem) era lebih dari 2.700 tahun silam, ketika kamar mandi pribadi di kota suci itu merupakan fasilitas mewah, kata Otoritas Kepurbakalaan Israel hari Selasa (5/10/2021).

Dilansir Associated Press, pihak berwenang Israel itu mengatakan toilet dari batu kapur yang dipahat secara halus tersebut ditemukan dalam sebuah ruangan kecil persegi empat, yang merupakan bagian dari sebuah bangunan rumah besar yang menghadap ke kawasan yang sekarang dikenal sebagai Kota Tua Al-Quds. Kakus itu didesain agar pemakainya nyaman, dilengkapi dengan sebuah septic tank dalam yang digali di bawahnya.

“Ruangan jamban pribadi sangat langka di zaman kuno seperti itu, dan sampai saat ini ditemukan beberapa buah saja,” kata Yaakov Billig, direktur penggalian arkeologi.

“Hanya orang kaya yang bisa memiliki kakus,” ujarnya, seraya menambahkan bahwa seorang pemuka agama Yahudi ternama pernah berkata bahwa agar menjadi kaya raya orang hendaknya memiliki “sebuah jamban di samping mejanya.”

Otoritas Kepurbakalaan itu mengatakan bahwa tulang belulang hewan dan gerabah yang ditemukan di dalam septic tank bisa memberikan gambaran seperti apa diet dan bagaimana gaya hidup orang masa itu, beserta penyakit yang mereka derita.

Di lokasi di mana jamban ditemukan, arkeolog juga mendapati tiang pilar dan kapital terbuat dari batu dari era yang sama, dan ada bukti bahwa dulu di sana terdapat taman dengan kebun buah-buahan dan tanaman air, yang mengindikasikan bahwa orang yang tinggal di sana terbilang kaya raya.*

Rep: Ama Farah
Editor: Dija

No comments: