Turki Pamerkan Peta Era Ottoman dalam Penaklukkan Eropa

Pameran peta era Ottoman
Pameran peta era Ottoman
Peta era Ottoman dijadikan pemandu dalam penaklukkan Eropa.

Koleksi peta era Ottoman yang menampilkan wilayah Eropa Tenggara atau disebut juga Thrace dipajang dalam sebuah pameran yang berlangsung di Provinsi Edirne, Turki. Peta era Ottoman itu pun menjadi daya tarik bagi sejarawan dan pengunjung lokal maupun pengunjung asing. 

Pameran bertajuk Bird eye view of Edirne itu berlangsung bdi Museum Kota Edirne. Pameran itu terlaksana juga berkat kontribusi arkeolog dan sejarawan Turki, Altay Bayatli yang telah mengumpulkan peta bersejarah yang terdapat di arsip negara termasuk yang berasal dari masa pemerintahan Ottoman. 
“Peta-peta itu dibuat atas perintah khusus Sultan Abdulhamid II, yang memiliki arti sangat penting karena menampilkan hampir setiap bagian Thrace daerah di mana Provinsi Edirne modern berada pernah menjadi ibukota era Ottoman,” kata Bayatli seperti dilansir Daily Sabah pada Sabtu (22/6) 

Wilayah Thrace yang bersejarah kini terbagi antara Turki, Bulgaria, dan Yunani yang dihubungkan di bagian utara oleh Pegunungan Balkan dan Selatan oleh Marmara dan Laut Aegea sedangkan di Timur oleh Laut Hitam. 

Peta-peta itu dibuat dengan digambar tangan sekitar 1894 dan 1895 peluru seorang guru seni di sekolah menengah militer Ottoman yakni Mayor Selami Muhammet bin Ali. Sementara itu pameran yang telah dikunjungi para akademisi, sejarawan dan sejumlah kota di Turki hingga pengunjung dari Inggris rencananya akan dibuka selama sepekan ke depan

No comments: