Hikmah Nuzulul Quran: Alquran Wujud Cinta-Nya kepada Manusia

Ilustrasi Membaca Alquran
Ilustrasi Membaca Alquran
Allah SWT menurunkan Alquran untuk petunjuk umat manusia.



Alquran diturunkan sebagai wujud kasih sayang Allah SWT kepada umat manusia. Karena Allah menginginkan Alquran dijadikan sebagai panduan umat manusia untuk mendapatkan jalan kebenaran.


Hal ini diungkapkan KH Wahyudin, saat mengisi tausiyah pada peringatan Nuzulul Quran, yang dilaksanakan di kampus Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Semarang, Rabu ( 22/5) malam.



“Alquran adalah panduan bagi semua umat manusia supaya manusia tahu jalan yang benar dan memperoleh kebaikan serta menghindari yang dilarang dan supaya mereka terhindar dari keburukan,” kata dia.  


Kiai Wahyudin juga menjelaskan, kitab suci umat Muslim tersebut terdiri dari tiga aspek yang masing-masing meliputi aspek tauhid, risalah, serta aspek hari yang dijanjikan setelah kematian umat manusia.   


Alquran mengajarkan kepada umat tentang nilai- nilai dan tuntunan hidup, agar senantiasa dijauhkan dari segala hal yang tidak dikehendaki oleh Allah SWT. 


“Maka berpegang teguhlah pada Alquran, karena tidak ada pilihan panduan hidup lain yang lebih baik dari nilai- nilai yang ada dalam Alquran” kata dia.


Lebih lanjut, Kiai Wahyudin menyampaikan contoh orang-orang yang bersih hatinya sebagaimana nilai- nilai yang telah dicontohkan dalam Alquran. Seperti Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Ibrahim yang berputra Nabi Ishaq, dan Nabi Ismail, serta keluarga Imron yang dimuliakan oleh Allah.  


Alquran adalah mukjizat terbesar yang diturunkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW dan sebagai panduan terbaik agar tidak tersesat dalam menjalani kehidupan.


Bahkan Alquran sangat unik dan juga teruji kebenararannya, seperti yang telah di tunjukkan Rasulullah bersama para sahabatnya. Dia mencontohkan surah al-Baqarah ayat ke-23: 


“Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Alquran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Alquran itu dan ajaklah penolong- penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar'


"Ini menunjukkan Allah mempersilahkan semua mahluk yang meragukan kebenaran Alquran untuk membuat satu surat saja, yang bisa menyelamatkan umat daribkeburukan seperti halnya Alquran," kata dia.// n bowo pribadi

No comments: