Cara Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam Tertawa

Akhlak budi pekerti Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam tampak ketika menghadapi guyonan. Beliau sendiri menyukai candaan, selama tidak mengundang kebohongan atau berlebih-lebihan.
Al- Hufy mengutip kata-kata Nabi, “Tidak baik orang yang tidak gembira dan tidak membuat gembira.”
Ya, kegembiraan lebih menarik hati ketimbang bermuka masam dan bengis.Bila batas-batas melakukan humor adalah tanpa menyebutkan dusta, respons terhadapnya juga tidak boleh keterlaluan.
Cara Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam tertawa, misalnya, hanyalah senyuman atau kadang kala sampai sebersit kelihatan giginya. Namun, tidak pernah beliau terbahak-bahak. Yang ada, beliau kerap menutupi mulut dengan tangannya ketika tertawa.
Lebih dari dua dasawarsa beliau berjuang menyebarkan Islam kepada manusia. Penerimaan mereka terhadap Islam antara lain setelah menyaksikan atau merasakan sendiri betapa mulianya akhlak Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.
Sebagaimana agama Islam yang diperuntukkan universal kepada seluruh bangsa manusia dan jin, budi pekerti beliau juga dapat diteladani siapa saja.Bagi orang Muslim, hal itu memang telah menjadi cerminan keimanannya terhadap Alquran dan Sunah

No comments: