5 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Dunia (Bag.I)

Ilmuwan muslim memiliki pengaruh besar dalam perkembangan dunia sains atau ilmu pengetahuan. Berbagai penemuan dari bidang kedokteran, bedah, matematika, fisika hingga astrologi ditemukan oleh ilmuwan Muslim.
Diambil dari berbagai sumber, berikut ini 2 dari 5 ilmuwan muslim berpengaruh di dunia.
Al-Farabi
Sosok Al Farabi dikenal sebagai imuwan di bidang filosofi yang memisahkannya dari paham teologi. Pria dengan nama lengkap Abu Nasr Muhammad Al Farabi lahir pada 870 dan wafat pada tahun 950 Masehi.
Al Farabi menyelesaikan karier pendidikannya di Farab dan Bukhara, lalu kemudian pindah ke Baghdad untuk pendidikan yang lebih tinggi. Hal itu terjadi saat ia memperoleh gelar master di bidang bahasa dan juga menguasai beberapa cabang pengetahuan lainnya serta teknologi.
Dilansir Famous Scientist, selain di bidang filosofi, Al Farabi juga memiliki kontribusi dan jasa besar di bidang sains, filsafat, logika, sosiologi, pengobatan, matematika, dan musik. Hanya saja yang menjadi bidang fokusnya adalah filsafat, logika, dan sosiologi yang juga dikenal sebagai ensiklopedis.
Al Battani
Al Battani memiliki perhitungan hari dalam setahun dan juga dikenal sebagai ahli astronomi. Ia mampu menemukan perhitungan hari dalam setahun yakni 365 hari, 5 jam, 45 menit dan 24 detik dengan berdasarkan perhitungan waktu Bumi mengelilingi matahari.
Hasil perhitungan tersebut mampu menyamai perhitungan menggunakan peralatan canggih.
Selain itu ia juga mampu memperhitungkan datangnya musim-musim tertentu melalui perhitungan yang ia miliki. Al Battani dilahirkan di kota Battan dekat Harran dengan nama lengkap Abu Abdullah Muhammad ibn Jabir Sinan Al Battani. Ia lahir pada tahun 850 M dan wafat pada 929 M. (okz)

No comments: