Belajar dari Kisah-Kisah Para Nabi dalam Alquran

Ilustrasi kapal yang ditumpangi Nabi Nuh AS dan pengikutnya
Ilustrasi kapal yang ditumpangi Nabi Nuh AS dan pengikutnya
Hikmah dari membaca Alquran dengan mencermati kisah-kisah para nabi Allah membuat seorang Muslim kuat menhadapi berbagai cobaan hidup.
onislam.net melansir bahwa kisah Nabi Nuh AS menjadi salah satu pelajaran penting dan berharga. Nabi Nuh berdakwa untuk bangsanya selama 950 tahun, namun hanya sebagian kecil  pengikut yang mau mendengarkan dan percaya terhadap apa yang dikatakannya.
Allah memerintahkan Nuh untuk membuat sebuah kapal yang besar, hanya beberapa pengikut Nuh membuat kapal tersebut. Nuh meminta semua penduduk untuk membuatnya dan membawa kapal tersebut menuju puncak gunung.
Namun apa yang terjadi? Tak satupun penduduk yang bukan pengikutnya mau mendengarkan apa yang diperintahkan Nuh.
Nuh berkata akan ada badai datang, penduduk justru menyebut Nuh sudah gila. Bahkan anak dan istrinya sendiri tidak mau mendengarkan apa yang dikatakan Nuh. Hingga hanya Nuh dan para pengikutnya dan beberapa hewan ternak sudah berada di atas gunung di dalam kapal yang dibuat sendiri.
Kemudian Allah SWT mendatangkan air dalam jumlah besar, mengahancurkan tanpa ampun, meluluhlantakkan bumi. Hanya beberapa yang mau mendengarkan dakwah Nabi Nuh AS.
Kisah Nabi Nuh AS tadi membawa sebuah pemahaman bagi umat Muslim bahwa ada kuasa Allah SWT atas seluruh kehidupan manusia di bumi yang telah diciptakan-Nya. Serta hikmah bahwa menjadi seorang pemimpin haruslah adil, meski orang-orang terdekatnya berupaya mempengaruhi, namun seorang pemimpin harus tegas mempertahankan keyakinannya.

Reporter : c 30 Redaktur : Indah Wulandari

No comments: