Dari manakah asal bahtera NOAH?


Termasuk dalam salah satu mitos ttg bahtera nuh adalah bahwa tidak ada yang tahu, kayu gofir itu kayu apa. Para ahli hanya menduga bahwa itu adalah kayu pinus, atau cypress (semacam cemara), atau cedar.
Yuk kita selidiki (studi literatur)
Kitab Kejadian 6:14 Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu GOFIR; bahtera itu harus kaubuat berpetak-petak dan harus kaututup dengan pakal dari luar dan dari dalam.
Kayu gofir” hanya disebut satu kali di dalam Alkitab (Kej. 6:14). Beberapa ahli berpendapat bahwa istilah ini merupakan bacaan pengganti untuk kata Ibrani KOPHER, yang berarti ter atau sejenis DAMAR lainnya.
DAMAR (Wikipedia) = http://id.wikipedia.org/wiki/Damar_(pohon)
Pohon damar (Agathis dammara (Lamb.) Rich.) adalah sejenis pohon anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang merupakan tumbuhan ASLI INDONESIA. Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, hingga ke Filipina (Palawan dan Samar). Di Jawa, tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getah atau hars-nya. Damar tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1.200 m dpl[2]. Namun di JAWA, tumbuhan ini terutama ditanam di PEGUNUNGAN
Manfaat KAYU DAMAR
Kayu damar termasuk kayu yang mudah digergaji dan dikerjakan, apabila
diserut menimbulkan permukaan yang licin dan mengkilap. Kayu damar dapat
divernis dan setelah didempul dapat dipelitur sampai mengkilap. Kayu damar banyak digunakan sebagai bahan bangunan dibawah atap, perabot rumah tangga, BANGUNAN KAPAL (TIANG LAYAR), panel, barang bubutan (SUMBER : http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/25072/4/Chapter%20II.pdf)
Manfaat getah DAMAR
Getah tersebut biasa digunakan untuk cat, vernis spiritus, plastik, bahan sizing, pelapis tekstil, bahan WATER PROOFING (bahan anti air, sangat diperlukan untuk kapal)
KESIMPULAN :
1. Damar adalah kayu asli Indonesia
2. Bahtera Nuh dibuat di atas gunung, dimana bahan utamanya adalah damar yg tumbuh di gunung, ini bisa kita temui hanya di JAWA, bukan lokasi lain di indonesia
3. Damar sejak dahulu digunakan untuk pembuatan kapal layar
4. Getah damar biasa digunakan untuk melapisi kayu untuk keprluaan water proofing, sangat berguna untuk pembuatan kapal
5. GOFIR adalah DAMAR
Salaam
Damar (pohon) – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
id.wikipedia.org
Pohon damar (Agathis dammara (Lamb.) Rich.) adalah sejenis pohon anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, hingga ke Filipina (Palawan dan Samar). Di Jawa, tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getah atau hars-nya. Getah da…

No comments: